#

Senin, 20 Juli 2015

3 Bisnis Online ini Tanpa Modal Uang

Pemasukan saya ketika menjadi seorang mahasiswa per bulan menembus angka Rp 6 juta-an. Namun, keuntungan bersihnya sekitar Rp 1,2 juta. Memang, tidak terlalu besar, tetapi itu fantastis dan lebih dari cukup bagi seorang mahasiswa pemula yang menjalankan bisnis tanpa mengeluarkan modal sedikitpun (kecuali pulsa internet) dan tenaga banyak. Sebetulnya  ini merupakan bisnis termudah dan saya kira memang cocok bagi pemula yang baru mau belajar bisnis.  Saya masih kalah dengan beberapa teman saya yang sama-sama terjun dalam bisnis online. Salah satu teman sekaligus sahabat saya selama kuliah “Alan” sapaan akrab, pernah berbagi pengalaman pada pertemuan komunitas MEC kampus bahwa keuntungan per bulan dari bisnis online yang dijalankannya menembus angka Rp 2-3 juta perbulan dan itu dia gunakan untuk membiayai hidup selama ngekost.

Pertanyaannya apa yang kami lakukan saat itu ? Saya tidak akan menjawabnya terlebih dahulu, sebab ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh anda secara online tanpa modal uang ( yang selanjutnya disebut duit). Saya harap anda tidak terdikte mengikuti jenis bisnis online yang saya lakukan karena semuanya tergantung pada passion atau jenis bisnis online apa yang membuat anda nyaman menjalankannya. Beberapa jenis bisnis online yang saya rekomendasikan karena mudah dan nyaris tanpa mengeluarkan biaya dan hanya bermodal koneksi internet dari HP anda, diantaranya :
1.    Dropshipping
bisnis online tanpa modal uang

2.    Affiliate (Afiliasi)
3.    Penulis artikel

“Syarat utama berbisnis online salah satunya adalah anda harus memiliki rekening di bank, jika belum maka ini saatnnya anda belajar membuka rekening di bank”

Ketiga bisnis online tersebut sebetulnya tergolong jenis pekerjaan ringan dan mobile (dapat dilakukan ketika anda berada dimana saja). Namun, banyak orang yang sering menyebutnya dengan bisnis online. Pertama saya ingin menjelaskan mengenai dropshipping yang mana adalah sebuah sistem bisnis online dimana anda menjadi perantara yang menjualkan produk orang tanpa harus memiliki stok barang. Sistem Dropshipping ini hampir sama dengan affiliate namuna sejauh yang saya ketahui perbedaannya terletak pada ada tidaknya transaksi finansial langsung dengan pelanggan. Ilustrasi kedua sistem bisnis online tersebut dapat dilihat pada Gambar 1 dan Gambar 2.
Cara Kerja Sistem Bisnis Dropshipping
Gambar 1
Pada sistem dropshipping biasanya anda tidak diwajibkan mendaftar. Hanya saja untuk beberapa kasus, akhir-akhir ini pedagang/penjual mengharuskan calon dropshipper mendaftar dahulu agar mudah pendataan dan pemberian harga dropshipper (potongan harga). Prinsip kerjanya sederhana anda tinggal menawarkan produk pedagang ke pelanggan, lalu pelanggan tertarik dan memesannya kepada anda dengan mentransfer uang ke rekening anda sesuai harga produk yang sudah anda mark up (lihat catatan 1) tersebut + ongkos kirim. Kemudian, anda mengontak pedagang bahwa terdapat orderan produk dari pelanggan bernama A dengan alamat x mohon berapa harga + ongkos kirimnya untuk dropshipper. Setelah pedagang membalas bahwa produk masih ada stoknya dan memberikan total biaya, maka anda langsung mentransfer ke rekening pedagang. Setelah itu, barang akan dikirim pedagang ke pelanggan  anda dengan atas nama pengirim anda. Baca artikel "Tutorial Bisnis Dropshipping Online"

"Catatan 1 : 
  • Mark up sederhananya adalah menaikkan harga agar mendapat selisih untung. Namun pada sistem dropshipping biasanya pedagang sudah memberikan selisih harga buat anda. Misal harga jual produk Rp 100.000, namun pedagang menjual ke anda karena dropshipper seharga Rp 80.000 sehingga nanti anda jual lagi ke pelanggan seharga Rp 100.000 agar pelanggan  membeli sesuai harga produk sebenarnya.
  • Sebelum menyuruh pelanggan mentransfer ke rekening anda, pastikan terlebih dahulu dengan mengontak pedagang bahwa produk yang dipesan pelanggan masih ready stock (ada  stok)."
Sistem afiliasi biasanya berkaitan dengan komisi yang diberikan sesuai dengan jumlah pelanggan yang membeli yang anda datangkan. Prinsip kerjanya seperti berikut ini :
  1. Pertama, anda mendaftar menjadi member affiliate salah satu pedagang (merchant) yang menyediakan affiliate.
  2. Jika sudah terdaftar, anda biasanya akan mendapatkan link-link produk yang harus anda gunakan untuk promosi ke banyak orang di dunia maya. Caranya anda, bisa memasang link tersebut dalam bentuk banner pada blog/website, link tulisan dan lain lain disebar melalui media sosial seperti facebook dsb.
  3. Jika ada orang yang mengklik maka dia akan dibawa ke website pedagang (merchant) sesuai jenis link produk yang diklik dan secara otomatis dia akan terekam sebagai pelanggan dari anda selaku affiliate. Jika pelanggan jadi membeli produk maka anda akan diberikan komisi sesuai ketentuan yang telah diberitahu sebelumnya.
Singkat kata, sistem affiliate umumnya lebih mudah dibanding dropshipping karena anda tidak perlu bertransaksi finansial secara langsung dengan pelanggan. Sederhananya, pada sistem afiliasi ini, anda hanya bertugas mencari pembeli di dunia maya dengan menyebarkan link affiliate anda, itu saja. Sistem affiliate ini berbeda dengan MLM (Mulit Level Marketing) yang mencari downline untuk memperoleh pendapatan. Sistem affiliate benar-benar pure anda mendapatkan pendapatan dari komisi penjualan barang-barang milik pedagang.

Terakhir adalah jasa penulisan artikel, yang satu ini memang membutuhkan keahlian menulis. Jika anda tidak pandai menulis tidak disarankan memilih jenis pekerjaan online ini. Beberapa pemilik blog dan website sukses di dunia maya sangat berupaya menjaga traffic pengunjung blog atau websitenya. Hal itu dilakukan untuk menjaga atau meningkatkan page rank website atau blog tersebut agar mereka bisa memperoleh penghasilan bisnis dari google adsense atau advertiser “iklan” (biasanya). Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan rutin mem-publish artikel, namun banyak pemilik blog atau website tersebut yang tidak selalu punya waktu untuk menulis artikel. Oleh karena itu, jasa penulisan artikel mulai ramai dibicarakan dan sejauh ini bahkan bukan lagi perorangan yang menawarkan jasa penulisan artikel namun sudah berbentuk organisasi. Persaingan memang cukup ketat, apalagi jika anda pemula dan belum mengetahui cara menulis artikel berstandar SEO. Namun peluang selalu ada, jika memang anda memiliki komitmen untuk mau memulai pekerjaan atau bisnis. Rekomendasi dari teman saya anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel di http:// ads.id.

Baca juga : Pemasaran Online Tanpa Biaya
5 Contoh Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Penulis : Fajar M

Pustaka :
Adi AP, Sanjaya R. 2011. Cari Duit dari Bisnis Afiliasi Lokal. Jakarta (ID): PT Elex Media Komputindo.
Elguyanie G. 2013. Belajar Bisnis di Internet. Yogyakarta (ID): Buku Pintar.

Sumber Gambar :
http://cdn0-a.production.liputan6.
static6.com/medias/673735/big/bisnis-online.jpg
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

5 comments

22 Juli 2015 09.21 Delete comments

wua mantep tuh. ane juga pengen nih afiliasi. hhe

Reply
avatar
30 Oktober 2015 10.46 Delete comments

itu sistem afiliasi enak apa enggak gan, kyaknya kok susah ya ?

Reply
avatar
10 April 2016 10.16 Delete comments

Untuk sistem afiliasi saya pernah coba bergabung di Lazada, untuk sistem afliasi lumayanlah

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon