#

Selasa, 21 Juli 2015

Kemajuan China dan Korea Selatan yang Mengejutkan Dunia

KEMAJUAN CHINA SANG MACAN ASIA BARU

Sepulang dari China Napoleon Bonaparte pernah berkata, “Lihat, China adalah raksasa yang sedang tidur, karena pada saatnya mereka akan terbangun dan seluruh dunia akan terguncang.” Dahulu China dihantui dengan adanya ledakan penduduk yang tentunya menjadi beban negara karena menambah angka pengangguran jika tidak diimbangi dengan lapangan pekerjaan. Hal ini membuat mereka berpikir kreatif dan mencari jalan untuk bertahan hidup di tengah fenomena kehidupan ledakan penduduk.  Persaingan pun menjadi ketat hingga pada akhirnya berbisnis menjadi jalan hidup orang-orang China daripada mencari pekerjaan. Nampaknya, semua terjawab ketika kini China telah menggeser perekonomian Jepang ke bawahnya.

Kemajuan China Berkat Prinsip orang China

Prinsip yang satu ini merupakan hal yang diakui menjadi kekuatan orang-orang China. Prinsip tersebut adalah “kerja keras”. Ini diakui oleh orang-orang China sendiri bahwa mereka selalu memegang teguh  prinsip kerja keras apapun karir yang dijalaninnya (etos kerja).


Tak jauh berbeda dengan China, Korea Selatan tak terlepas dari sejarah keterpurukan di masa lalu yang kini telah bangkit. Perpecahan yang berkepanjangan tak membuat negara tersebut gentar untuk menjadi sebuah negara yang maju. Padahal  sekitar lima puluh tahun lalu (dari 2015) negara ini tergolong miskin dan amat tidak diperhitungkan oleh dunia. Kini wajah Korea Selatan yang baru sebagai sebuah negara yang sejajar dengan Jepang dan China telah mengubah persepsi dunia terhadap mereka.

Infrastruktur dan transportasi di China telah mengalami kemajuan yang pesat. Jika  Indonesia memiliki satu jembatan panjang kebanggaan  yaitu Jembatan Suramadu yang dapat memangkas waktu tempuh Surabaya-Madura, maka di China ada puluhan jumlahnya. Konstruksi jembatan-jembatan tersebut ternyata dibangun secara modern sehingga  dapat dilalui oleh kapal-kapal yang mengangkut bahan baku dan alat-alat berat tanpa mengganggu lalu lintas darat di atasnya. 

Kemajuan China Berkat Komitmen Negeri Tirai Bambu Itu Sendiri

Kemajuan China juga tidak lepas dari dukungan pemerintah yang mendorong rakyatnya agar lebih memilih terjun ke dunia bisnis daripada pekerja professional. Kemajuan suatu negara memang salah satunya juga sangat dipengaruhi oleh jumlah atau pertumbuhan pengusaha. Jumlah pengusaha di Indonesia masih 1.8 % dari populasi penduduknya dan sangat kecil jika dibanding China yang sudah 12 %. (pikiran-rakyat.com).

Satu hal lagi yang patut kita contoh dari kedua negara ini, khususnya China. Adanya kesamaan cita-cita atau keinginan yang dibarengi dengan komitmen antara rakyat dan pemerintah yaitu untuk menjadi sebuah negara maju, maka mereka harus membangun negerinya dengan baik dan jauh dari korupsi. Saya ingat, sekitar 5 tahun lalu seorang pemimpin di China pernah berkata, “Siapkan peti-peti mati dan sediakan satu peti mati untuk saya”. Peti-peti mati tersebut disediakan dengan maksud jika ada yang korupsi maka mereka akan dihukum mati termasuk pemimpinnya. Dalam hati, decak kagum luar biasa terhadap komitmen yang dibangun oleh mereka.
Baca juga : Di Usia yang Sama, Kenapa Indonesia tidak Se-Maju Korea Selatan ?


Penulis : Fajar M
Kritik dan saran diperkenankan, karena penulis masih muda.

Pustaka :
Arifin F. 2014. Rahasia Sukses Bisnis Orang China dan Korea. Yogyakarta (ID) : Araska.
Setyawan w. 2014. Decak Kagun Keamjuan China – Catatan Perjalanan [internet]. [diunduh
2015 Juli 20] Tersedia pada :  www.pkspiyungan.org
[anonym]. Jumlah Pengusaha masih 1,8 Persen dari Populasi [internet]. [diunduh 2015 Juli 20].
Tersedia pada : www.pikiran-rakyat.com


Jika artikel atau karya tulis anda ingin tampil di website www.ekspedisiilmu.web.id ini, silahkan kirim artikel atau karya tulis anda ke alamat e-mail : fajar.sos1@gmail.com

Ketentuan artikel atau karya tulisnya :


  1. Harus bertemakan bisnis, usaha, motivasi, kesuksesan dan apapun yang mirip dengan kata kunci tersebut. 
  2. Artikel dan karya tulis harus asli buatan anda bukan copy paste dari artikel milik orang lain di internet. 
  3. Jangan lupa sertakan foto dan nama lengkap anda serta akun sosial media, agar kami cantumkan nanti di situs ini. Sekian, kami tunggu ya sahabat EksiL.
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

10 comments

22 Juli 2015 04.25 Delete comments

kapan indonesia menyusul nih hadehh hhe

Reply
avatar
22 Juli 2015 04.50 Delete comments

Kapan-kapan nih gan. Asalkan ada blogger yang aktif nulis artikel antikorupsi insallah...pejabat pada tobat & Indo bisa maju hehe. Thanx gan komennya.:noprob:

Reply
avatar
31 Juli 2015 00.50 Delete comments

semoga negara kita seperti mereka dlm hal kemajuan ^^

Reply
avatar
6 September 2015 06.19 Delete comments

Ayo kita sama2 majukan indonesia, Ayo Kerja 70th Indo

Reply
avatar
10 September 2015 00.32 Delete comments

mungkin mereka rajin belajar !!!

Reply
avatar
25 Oktober 2015 19.33 Delete comments

Indonesia kayaknya belum maju gan. Kapan indonesia maju gan :D

Reply
avatar
28 Oktober 2015 13.49 Delete comments

Merdeka Gan, Kita masih kalah saing nih sama negara lain :D

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon