#

Minggu, 23 Agustus 2015

Cara dan Mengapa harus berjualan di Kaskus ?

Kaskus, itu apa ?


Awalnya, saya berpikir bahwa kaskus adalah situs yang digunakan khusus untuk jual beli online seperti tokobagus (nama dahulu, sekarang OLX). Padahal, lebih dari itu kaskus adalah forum komunitas online khas orang-orang Indonesia. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat kala itu (wikipedia.com). Di sini, anda tidak hanya bisa berjualan, tetapi juga bisa mem-posting (publikasikan) artikel yang memuat berita atau informasi menarik.

Alasan Berjualan di Kaskus ?

Kaskus dikunjungi oleh sedikitnya 900 ribu orang dan memilki page view (halaman yang dilihat) sebanyak 15 juta kali per hari, cukup fantastis (wikipedia.co.id). Kemungkinan iklan anda yang akan dilihat netter (orang yang sedang internetan) di Kaskus sangat besar. Alexa rank situs kaskus (www.kaskus.co.id) menempati peringkat 289, bahkan mengalahkan OLX yang berada di peringkat 1.133 (per Agustus 2015). Tampilan OLX lebih bagus dan terkesan lebih profesional dari kaskus, namun berdasarkan peringkat kaskus lebih populer. Semakin bagus peringkat sebuah situs web, semakin besar kemungkinan situs tersebut dikunjungi oleh banyak pengguna internet. Menurut hemat saya, ada beberapa alasan mengapa Kaskus lebih  populer dibanding situs jual beli online lain :
  1. Kaskus membangun komunitas bukan hanya untuk jualan.
  2. Kaskus menumbuhkan budaya pada komunitasnya, sehingga memunculkan ciri khas kaskuser. Contohnya dari segi bahasa yang banyak digunakan user : "momod = moderator", "jualan gan = jualan juragan", "mimin = admin".
  3. Kaskus juga memberikan berita atau info artikel menarik dari user (pengguna kaskus). User biasanya berlomba-lomba membuat artikel (thread) yang menarik agar masuk ke dalam daftar Hot Thread di situs kaskus, sehingga mereka selalu bersemangat membuat thread unik dan menarik.
Saya kira, itulah beberapa alasan mengapa Kaskus cukup populer dan menjadi situs jual beli online paling potensial.  Nah, sekarang sudah ada alasan yang cukup mengapa anda juga perlu berjualan sekaligus berkomunitas di Kaskus. Sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana cara mendaftar sekaligus berjualan di Kaskus ?

Cara Daftar dan Berjualan di Kaskus (per Agustus 2015)

  1. Kunjungi www.kaskus.co.id
  2. Pilih "Join" (jika anda belum pernah mendaftar/memiliki akun) pada pojok kanan atas tampilan web. Jika anda sudah punya akun di Kaskus pilih "Sign In".

  3. Kemudian, pilih "SIGN UP NOW"
  4. Silahkan isi data yang diminta seperti Username (nama untuk id Kaskus anda), Fullname (nama lengkap), e-mail (penting jika anda lupa password id Kaskus anda), Password (sandi rahasia id Kaskus anda untuk Log in), dsb. Ceklis gambar bertanda "Saya bukan robot" dan ikuti petunjuknya.
  5. Setelah itu, anda bisa klik button "SIGN UP"  
  6. Anda akan masuk pada sebuah interface akun Kaskus milik anda.
    A. Klik pada nama Id anda misal Id saya " aganfajar73" untuk melihat profil page dan button lainnya (seperti FJB activities, Live posting, Kaskus store, dsb). Lihat gambar di bawah !
    B. Pilih "Thread" jika ingin mempublikasikan artikel (khusus artikel/thread),
    C. Pilih "Rp Start Selling" jika ingin berjualan (khusus iklan jualan),
  7. Nah, karena bahasan kali ini adalah cara berjualan, maka anda bisa memiih poin C yaitu Start Selling untuk berjualan di Kaskus.
  8. Terlebih dahulu Isi kategori produk/barang yang mau anda jual
  9. Setelah itu, scroll bar ke bawah dan isi data-data yang diminta atau dirasa perlu.
    Title : isi dengan nama barang yang mau agan jual
    Item Condition : pilih kondisi barang yang sesuai
    Discount : (Jika ada)
    Price : isi dengan harga
    Extra attribute : Contoh atribute-nya ada banyak warna, isi "Warna" pada kolom Atribut dan isi nama warna yang melekat dalam produk anda pada kolom Value.
    Description : Uraikan keterangan barang yang mau agan jual sesuai dengan keadaan dan usahakan semenarik mungkin agar calon pembeli tergiur :D
    Upload Image : upload gambar dari komputer agan.
    Tag : isi dengan tag. Kalau agan jual kemeja, isi tag tersebut dengan keyword kemeja.
    Location : Pilih lokasi dimana barang yang agan jual berada
    Subscription : lewat saja
    Verification : tuliskan pada kolom tersedia sesuai gambar yang muncul.
  10. Setelah dirasa lengkap data-data yang dimasukan, Klik "Submit". Selesai...
Nah, sekarang anda telah menaruh iklan produk/barang anda di Kaskus. Lakukan hal serupa jika anda ingin berjualan produk/barang lainnya. Sebagian besar yang aktif berjualan online juga memasarkan produknya di akun sosial media seperti Instagram. Ini merupakan cara efektif untuk memperbanyak jaringan iklan jualan anda. Cara dan teknik jitu berjualan di Instagram dapat dilihat pada artikel saya satu ini : Kenapa Penting dan Tahukan Teknik Jualan di Instagram ? Ingat, anda juga harus mematuhi ketentuan Kaskus dalam menyediakan fasilitas Jual Beli. Anda bisa membacanya atau bertanya di Forum, untuk mengantisipasi iklan jualan anda dihapus. Jangan khawatir, selama anda tidak bertindak aneh-aneh itu tidak akan terjadi. Pastikan anda berjualan secara jujur dan niat baik. Sekian...

Baca juga : Cara Pemasaran Online yang Efektif
Menjual Ebook melalui Website, 3 Hal yang Perlu Dibangun

Fajar Maulaa
Pustaka :
www.kaskus.co.id
id.wikipedia.org/wiki/Kaskus

|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

6 comments

27 Agustus 2015 16.56 Delete comments

Kaskus memang forum yang paling bagus dan terbesar indonesia sob,,,

Reply
avatar
28 Agustus 2015 02.10 Delete comments

emang , kan kaskus udah terkenal

Reply
avatar
6 September 2015 01.14 Delete comments

ok gan makasih infonya :D #bagus gan artikelnya. nice post (y)

Reply
avatar
8 September 2015 06.01 Delete comments

tapi susah bang buat akun baru cari kepercayaan dari member kaskus... Harus bener-bener bener promosinya... :D

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon