#

Minggu, 09 Agustus 2015

Kenapa Penting dan Tahukah Teknik Jualan di Instagram ?

Fakta menarik, tren pengguna instagram yang merangkak naik sempat menjadi perbincangan Habibie Afsyah (Online marketer/businessman muda) pada seminar BTOOL yang diadakan oleh Yubi Bogor di Hotel Salak 2015. Bukan secara kebetulan, tetapi instagram memang telah menjadi tren khususnya di kalangan anak muda pertengahan tahun ini. Posisioning aplikasi yang sebetulnya cocok digunakan bagi mereka yang hobi fotografi, melenceng namun menguntungkan Perusahaan Burbn, Inc selaku founder. Mulai dari 'cabe-cabean', 'terong-terongan' hingga lintas profesi (pesepakbola, penyanyi dsb) berekspansi diri melalui akun instagram. 

Diduga kuat, anak muda memang masih mendominasi karena masa labilnya relevan dengan fitur yang disuguhkan aplikasi ini. Tujuan utama mereka adalah ingin eksis dan dikenal baik dirinya maupun apa yang dilakukannya. Dampaknya, foto-foto di instagram yang seharusnya didominasi nuansa teknik fotografi berubah menjadi foto alay dan narsis (oh no).

Teknik Jualan di Instagram - Mengapa orang main Instagram

Ini dia beberapa alasan mendasar mengapa akhirnya banyak orang yang membuka akun di Instagram (main instagram) :
1. Pengaruh : teman mula banyak yang punya akun Instagram.
2. Tujuan : Ingin eksis.
3. Lagi Nge-hits .
4. Suka foto (tukang foto x).
5. Biar gak kudet (kurang up to date).
penting jualan di instagram, cara jualan dan tips jualan di instagram

Ada juga, ini alasan mengapa mereka lebih memilih Instagram :
1. Tampilan dan cara kerja simple mudah dipahami.
2. Kebetulan taunya Instagram (word of mouth).

Mulailah, apa yang kita sebut 'endorsement' atau 'endorse produk' cukup beralasan dilakukan. Publik figur pun memaksimalkan peluang tersebut dengan mulai membuat akun di instagram. Pengguna, kini banyak yang berlomba-lomba meningkatkan follower dengan berbagai tujuan baik sosial maupun komersil. Instagram pun terus berkembang. Pada awal mulanya yang hanya beberapa pengguna saja, sekarang sudah melebihi 80 juta pengguna dari seluruh dunia (socialmediaexaminer.com).

Penting, Trik, Teknik dan Tips Jualan di Instagram

Nah, kini sepertinya ada alasan kuat mengapa penting jualan di Instagram. Tahukah anda cara jitu, teknik sekaligus tips jualan di Instagram ?? Simak baik-baik :
  1. Ketika hendak membuat akun baru, pastikan nama akun Instagram yang dipilih mudah diingat atau boleh sesuai brand (merk) produk anda. Penting, buat nama akun semenarik mungkin, namun singkat. 
  2. Lengkapi profil anda dengan "tagline" (tahu tagline kan ?), contoh produk untuk memelihara kesehatan : "satu saja, sehat" (kelihatannya kurang penting, namun lihat produk ternama pasti memuat tagline pada iklan. Pasti ada alasan mengapa mereka selalu membuat tagline). Tidak lupa, sertakan nama toko dan brand (merk) produk dan kelebihan produk anda (buat kalimat yang singkat). Tidak boleh ketinggalan, nomor kontak tulis ya, jika ada sertakan juga alamat toko nyata (offline) anda (singkat saja misal Jln.Ciheuleut No.21). Alamat website jika ada, boleh dicantumkan.
  3. Jangan dulu meningkatkan followers sebelum anda mengunggah foto. Mulailah mengunggah foto-foto terbaik anda. 
  4. Ketika mengunggah foto-foto pastikan memberikan deskripsi seperti atribut produk (nama, bahan, manfaat, harga). Satu lagi yang penting, berikan "hashtag" yang berkaitan dengan produk anda setiap kali unggah foto. Tulisan hashtag itu seperti ini, #sepatu olahraga, #olahragawan, #cinta olahraga. Ini berguna agar foto anda bisa dicari sesuai kategori yang dicari pengguna instagram.
  5. Pastikan foto yang anda unggah profesional dan tidak terkesan pasaran atau amatir. Ini penting, karena kesan pertama orang melihat akan merekam segalanya tentang produk anda. Unggahlah foto sekitar 30 buah, sebelum meningkatkan followers.
  6. Setelah itu cari followers. Cara meningkatkan followers : follow followers pesaing anda sebanyak mungkin. Cari saja produsen sejenis dengan usaha anda di Instagram. Ini cukup efektif karena tertarget followersnya. Cara berikutnya, aktif berkomentar (jangan promosi dulu). Kalau bisa, berikan komentar positif dan solutif, baru disisipin kata promosi. Penting, agar anda tidak dianggap sampah tukang promosi.
  7. Unggah foto jangan terlalu sering dalam satu waktu, contoh mengunggah 20 foto dalam satu hari apalagi dalam waktu 30 menit. Ini akan mengganggu beranda followers anda. Setidaknya maksimal 5-7 foto saja dalam sehari di pagi siang dan malam atau di jam-jam orang biasanya istirahat. 
  8. Sesekali unggah foto lokasi toko nyata anda (offline) jika ada, atau event-event yang pernah produk anda ikuti. 
  9. Sesekali unggah juga foto-foto proses prduksi produk anda atau apapun yang menarik yang berkaitan dengan produk anda (behind the scenes). Ini penting agar followers tidak bosan.
  10. Variasikan juga dengan mengunggah video yang berkaitan dengan produk anda.
  11. Endorse produk bisa juga anda lakukan, jika memiliki biaya. Anda bisa meminta artis atau pengguna biasa dengan jumlah followers banyak untuk meng-endorse produk anda. Endorse ini arti sederhananya seperti mempromosikan produk anda oleh orang terkenal (followersnya banyak). 
  12. Rekomendasi Teknik jualan di Instagram karya Rico Huang pemuda berumur 19 tahun (per 2015) dengan karya bukunya "Jago jualan di Instagram" bisa anda dalami, karena ia sukses berjualan dari 0 (nol) di Instagram.
Mungkin, itu beberapa hal penting mengenai alasan, tips dan teknik berjualan di Instagram. Cobalah praktikan dan lihat hasilnya !

Fajar M
Dilarang copy paste tanpa mencantumkan link sumber. 

Pustaka :  
socialmediaexaminer.com
mediabisnisonline.com 
kusnendar.web.id
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

9 comments

24 Agustus 2015 06.51 Delete comments

wah ini yang ane cari cari gan, ane mau buat instagram soalnya, bagus buat panduan ini artikelnya, ditunggu artikel sekanjutnya gan hhee

Reply
avatar
24 Agustus 2015 07.18 Delete comments

mantap gan.. aku juga mau pake instagram tapi males... hehhe

Reply
avatar
1 September 2015 08.17 Delete comments

Tehnik berjualan lewat Instagram adalah salah satu cara yg byk dilakukan oleh pelaku bisnis online saat ini. Nice tips bro..

Reply
avatar
1 September 2015 08.25 Delete comments

bikin ajah gan. biar kekinian gituh he

Reply
avatar
5 September 2015 09.50 Delete comments

wah nambah ilmu nih, makasih infonya gan :D

Reply
avatar
5 September 2015 11.03 Delete comments

Nice info. Makasih, aku kayaknya jg minat pake instagram buat jualan.

Reply
avatar
7 Oktober 2015 08.25 Delete comments

wah bagus nih tips tipsnya

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon