#

Minggu, 16 Agustus 2015

Pengusaha Punya Pola Pikir Seperti Ini

Kadang cara berpikir seorang pengusaha sulit ditebak dan tidak rasional. Sebetulnya, tidak ada pengusaha yang tidak berpikir rasional. Ada kalimat yang mengatakan " jangan menghitung pendapatan pengusaha menggunakan kalkulator karyawan". Kalimat ini menyinggung bahwa pola pikir seorang pengusaha dan seorang karyawan berbeda. Ada banyak gagasan seorang pengusaha yang mungkin menurut karyawan tidak rasional. Ini disebabkan cara berpikir mereka berbeda. Pengusaha sebagian besar berpikir ke depan, melihat potensi atau prospek. Selain itu, mereka juga tergolong orang yang selalu berpikir satu langkah lebih maju daripada seorang karyawan. Namun, apa yang dipikirikan seorang pengusaha hanya 2 yaitu "berkembang dan sederhana".

Artinya, dia selalu berpikir bagaimana untuk berkembang baik dalam hidup maupun bisnis. Oleh karena itu, motivasinya sangat besar untuk membangun dan hidup maju. Namun, motivasi yang besar tersebut selalu dipoles dengan cara berpikir yang sederhana. Dia tidak akan melakukan satu hal yang dia tidak bisa (ahli), tapi bukan berarti dia putus asa. Seorang pengusaha akan berpikir sederhana, yaitu mencari orang yang bisa (ahli) untuk melakukannya ataupun mengajarinya. 

Konsep brilian yang dimiliki seorang pengusaha adalah menggabungkan sumberdaya. Dia, tahu batas kemampuannya. Kemudian, dia mencari partner yang ahli atau berguna di bidangnya masing-masing. Para pengusaha kadang muncul dari sosok yang tidak peduli untuk mempelajari setiap bidang studi. Mereka, hanya pandai menemukan jati diri dan mempelajari beberapa ilmu yang dibutuhkan saja. Apakah ini kekurangan ?

Jelas, sebaliknya ini adalah kelebihan mereka. Umumnya orang biasa bekerja berdasarkan minat yang sebetulnya ia sendiri belum menemukan minatnya. Maksudnya, minat dia hanya sebatas kata, namun setelah ia coba terjun ke dalamnya ia baru tahu itu bukanlah minatnya. Pengusaha bukan berarti juga tidak mengalami hal ini, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Hanya saja, mereka bekerja dilandasi rasa ingin tahu dan tujuan yang jelas. Umumnya, mereka juga akan bereksperimen menjajal beberapa bisnis hingga mereka menemukan passion bisnis mereka. Waktu dihabiskan untuk bereksperimen guna mengembangkan bisnis dan hidup. Apakah anda pernah menonton film "Top Secret" pemuda Thailand yang sukses di usia muda ? Dia banyak melakukan eksperimen dari produk cemilan rumput lautnya. Rasa ingin tahunya sangat dahsyat, menjajal beberapa bisnis hingga mengesampingkan sekolahnya demi rasa ingin tahu berbisnis. 

Apa yang ingin saya sampaikan pada artikel ini adalah bagaimana kita mengenal lebih dalam pola pikir seorang pengusaha. Berikut ini saya ringkas, ciri atau contoh pola pikir seorang pengusaha baik yang
sudah dibahas maupun belum berdasarkan hemat saya :
  1. Memikirkan sesuatu ke depan.
  2. Selalu berpikir satu langkah lebih maju dari orang biasa.
  3. Berpikir jangka panjang.
  4. Menilai tindakan sebagai investasi.
  5. Profit adalah prospek bukan hanya uang.
  6. Bekerja dan belajar dilandasi rasa ingin tahu untuk memecahkan problem bukan menginginkan menjadi pintar.
  7. Gagal adalah tanda awal dimulainya hidup sebenarnya.
  8. Waktu amat berharga.
Pola pikir seorang pengusaha ternyata tidak hanya dimiliki oleh seorang pengusaha saja. Karyawan pada level top manajemen umumnya memiliki cara berpikir seorang pegusaha. Namun tentu tidak semua apa yang dipirikan seorang pengusaha sama dengan seorang eksekutif manajer. Contohnya adalah kegagalan, karyawan bisa dipecat tetapi bagi pengusaha itu pengalaman berharga untuk memulai bisnis yang sempurna. Akhir kata, jika anda bukan pengusaha bukan berarti cara berpikir ini tidak penting karena ini merupakan cara berpikir orang sukses.

baca juga : Mengetahui Kekuatan Titik Balik - The Power of KepepetCara Bijak Menghadapi Keadaan Bangkrut

Penulis : Fajar Maulana
Kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk perbaikan artikel ke depan.
Dilarang copy paste untuk tujuan komersil dan kepentingan pribadi tanpa mencantumkan sumber.
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

2 comments

1 September 2015 07.26 Delete comments

mantap gan saya jadi termotivasi ini, artikelnya buat saya merinding wkwkwk

Reply
avatar
1 September 2015 08.27 Delete comments

merinding hantu x gan. thanx gan

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon