#

Minggu, 02 Agustus 2015

Tutorial Berbisnis Online Dropshipping

    Bisnis online dropshipping banyak dipraktekan, baik anak muda maupun orang tua. Mengapa ? karena bisnis online ini cukup familiar dan memiliki metode yang mudah. Lucunya, sebagian besar pelaku jenis bisnis ini tidak tahu bahwa bisnis yang dijalankannya adalah dropshipping. Mereka hanya tahu istilah menjualkan barang penjual via online tanpa nyetok barang dengan memark-up harga barang tsb atau meminta potongan harga. Mekanisme bisnis online dropshipping, sebetulnya tidak sesederhana bisnis afiliasi, hanya saja bisnis afiliasi perlu dibarengi dengan pembuatan blog agar efektif. Bisnis dropship ini tidak perlu dibantu dengan pembuatan blog atau website. Mekanisme dropshipping sederhananya seperti ini :

     Promosikan produk penjual ke teman atau orang lain - > jika ada yang minat beli, kontak penjual dan pesan produk, lalu minta kirimkan ke pelanggan saya dengan atas nama pengirim saya.

Langkah Berbisnis Online Dropshipping

Bila anda masih bingung, langsung saja simak langkah berbisnis online dropshipping sebagai berikut :

1. Anda mencari penjual via online (di internet) yang menawarkan bisnis dropshipping produk mereka. Anda bisa mencarinya di mesin pencari 'google', ketikan saja kata kunci "Penawaran dropshipping". Lihat, biasanya penjual punya syarat dan ketentuan serta potongan harga. Contoh, anda ingin menjadi dropshipper fashion bola di Pemobi Shop.




2. Daftarkan diri anda pada merchant tersebut sebagai dropshipper, setelah terdaftar mintalah 'katalog produk-produk' nya. Katalog produk biasanya berisi foto-foto produk yang dimiliki penjual beserta keterangnya seperti nama, bahan, ukuran dan harga. Biasanya penjual akan menyuruh anda untuk mendownload katalog tersebut di alamat link yang nanti diberikan penjual.

Namun ada juga penjual yang tidak tahu kata katalog dan solusinya mintalah foto-foto produk dan keterangannya bisa dikirim via bbm atau e-mail.

Jika penjual punya facebook atau website, biasanya anda akan disuruh download foto-foto produknya di website atau sosial medianya.

Website Pemobi Shop


3. Setelah anda memiliki foto-foto produk dan keterangannya (nama, bahan, ukuran yang tersedia, harga), saatnya anda cus mencari pembeli (mempromosikannya). Anda bisa mencari pembeli via online (di seluruh Indonesia) dengan mempromosikan produk di situs jual beli dan media sosial. Rekomendasi situs jual beli online gratis yang bisa anda gunakan untuk promosi yaitu :

  • www.kaskus.co.id, 
  • www.olx.com, 
  • www.tokopedia.com, 
  • www.yukbisnis.com, 
  • www.bukalapak.com, 
  • www.jualo.com dan lain-lain.
Sementara promosi di media sosial bisa dengan memanfaatkan akun facebook, twitter, instagram, line, whatsapp, bbm dan sebagainya.

catatan : sebelum mencari pembeli atau mempromosikan produk, anda harus tetapkan dahulu harga jual produk itu. Jangan-jangan anda tidak mengambil untung. Jika tidak ada penawaran harga khusus bagi dropshipper (potongan harga) otomatis anda harus memark-up harga produk. Misalkan, harganya Rp 100.000 per produk dari penjual, anda mark-up Rp 125.000 agar untung Rp 25.000 per satu penjualan produk. Pesan saya, lebih baik anda mencari penjual yang menawarkan harga khusus (potongan) bagi dropshipper agar anda bisa bersaing dan menjual berdasarkan harga pasar (harga penjual).

Mengapa penetapan harga produk penting ? Ini mengingat saat anda menjualkan produk penjual ke konsumen, penjual juga sedang menjual produk yang sama ke konsumen sebab rata-rata penjual melakukan mekanisme seperti itu. Jika anda memark-up harga terlalu tinggi, otomatis konsumen akan memilih harga yang murah dari penjual dibanding dari anda.

4. Daftarlah dengan mencari button "sign up" atau "daftar" pada situs jual beli online gratis tsb. Setelah anda terdaftar, mulailah mem-posting (publikasikan) produk anda di situs jual beli tersebut. Setiap situs jual beli online memang memiliki tampilan antar muka yang berbeda sehingga anda perlu tahu cara mempublikasikan produk anda. Normalnya di kaskus setelah anda log in, kemudian klik sebelah pojok kanan atas nama akun anda, nanti anda pilih Kaskus Store atau FJB, lalu pilih Start Selling, selanjutnya tinggal ikuti saja petunjuknya (seperti kategori produk dll).

Cara membuat dan mempublikasikan jualan anda di Kaskus bisa anda baca di artikel saya "Cara Berjualan di Kaskus". Jika anda kesulitan cara mempublikasikan produk di beberapa situs jual beli online lain, nanti akan saya bantu dengan menerbitkan artikel cara mempublikasikan produk di beberapa situs jual beli online tersebut. Sementara anda, bisa mencari caranya di mbah Google dulu saja atau coba-coba cari sendiri pasti bisa (masa tidak bisa ^_^).

Point penting saat hendak mempublikasikan produk adalah sertakan informasi selengkap mungkin dari yang anda punya. Informasi tersebut seperti nama produk, ukuran tersedia, harga, cara memesan, kontak yang bisa dihubungi serta info tambahan lain (jenis bahan, panjang x lebar ukuran dll).

5. Promosikan (publikasikan) produk anda di beberapa situs jual beli online berbeda. Anda juga perlu memiliki akun media sosial minimal satu seperti akun facebook atau twitter, bila perlu semakin banyak semakin bagus. Akun media sosial juga sangat efektif menjaring pembeli. Jika facebook, buatlah halaman 'fanpage' untuk mempromosikan produk atau sebagai lapak jualan.

6. Konsisten dan tidak putus asa. Jika masih sedikit pembeli atau bahkan belum ada pembeli, jangan frustasi. Konsisten lakukanlah seperti langkah-langkah di atas, dijamin jika anda menerapkan langkah-langkah di atas pasti ada saja pembeli yang akan menghubungi anda. Ini sudah terbukti, karena saya juga berpengalaman berbisnis dropship online.

Lihat Video Tutorial Bisnis Dropshipping Online


 Aplikasi Penunjang Bisnis Online Dropshipping

            Bisnis online sangat beragam, namun sistem dropshipping relatif banyak dipraktekan karena simple. Bagi anda yang baru mencoba pertama kali, mungkin tidak demikian tetapi percayalah ketika
anda sudah menjalankannya selama 6 bulan akan mudah. Syaratnya, anda harus konsisten mau bersusah payah mempromosikan produk di berbagai situs jual beli, forum dan media sosial.

Semakin banyak anda mempublikasikan/promosi produk semakin besar kemungkinan orang melihat produk anda. Satu lagi yang saya lupa, untuk menunjang bisnis dropshipping online anda, ada beberapa aplikasi penunjang yang sebaiknya anda install di smartphone :
  • JNE Express Across Nation, gunanya untuk mengecek ongkos kirim dan tracking (menelusuri) barang apakah sudah sampai tujuan. Anda bisa download di Playstore Hp anda. 
  • BCA Mobile Banking (jika anda pakai Bank BCA), gunananya untuk transfer online jadi tidak usah ke ATM (sangat menyusahkan / repot). Anda bisa download di Playstore HP anda. Catatan : anda harus mengaktifkan dahulu layanan mobile banking ke customer service Bank BCA. Anda juga bisa menggunakan Internet Banking.  
  • BBM, sangat berguna untuk berkomunikasi dengan penjual. Sebagian besar penjual memiliki akun BBM. Download di Playstore HP anda. 
  • Kantor Pos, gunanya sama seperti aplikasi JNE. Terkadang ada pembeli yang meminta dikirim via POS karena alasan daerah terpelosok. Biasanya, penjual juga bersedia mengirim via Kantor Pos. Bisa download di Playstore HP anda.
Saya kira, itulah 4 senjata utama berbisnis dropshipping online anda. Selebihnya, anda bisa menambahkan aplikasi sesuai kebutuhan. Misal, anda butuh sesuatu untuk catatan maka, tinggal cari aplikasi yang memfasilitasi anda untuk mencatat. Playstore saya kira cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan aplikasi anda. Selain langkah berbisnis online dropshipping anda juga perlu tahu  bagaimana menangani pembeli pertama anda.

Bahasan ini akan saya terbitkan pada artikel selanjutnya. Mungkin, itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Modal utama berbisnis adalah konsistensi atau kesungguhan. Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar.

Baca juga :
Cara Mencari dan Menangani Pelanggan Pertama pada Bisnis Dropship
Kelebihan Membuka Toko Online atau Online Shop

Penulis : Fajar M (Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi)
Dilarang copy paste tanpa mencantumkan link sumbernya. Kritik dan saran sangat diperkenankan untuk perbaikan artikel ini ke depan.
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

6 comments

5 Agustus 2015 00.39 Delete comments

baru tau saya gan, mantap nih sangat lengkap izin ane copas di MS word mau belajar secara detail

Reply
avatar
5 Agustus 2015 01.19 Delete comments

Ane awam nih di dunia bisnis online, Blog ini wajib ane follow buat inspirasi belajar

Reply
avatar
5 Agustus 2015 01.24 Delete comments

Mangga gan. nanti difollowback hihi

Reply
avatar
5 Agustus 2015 01.31 Delete comments

okehh. silahkan komandann. Sumbernya dibantu yakk. hehe

Reply
avatar
5 Agustus 2015 01.34 Delete comments

Mau coba ah maen ginian lumayan buat income hehe

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon