#

Minggu, 13 September 2015

Membuka Toko Online atau Online Shop, Apa Kelebihannya ?

71 juta orang Indonesia menggunakan internet dan itu potensi pasar yang dahsyat untuk bisnis khususnya menjual produk anda! Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menyebutkan saat ini (pertengahan 2015) pengguna internet di Indonesia mencapai 71 juta dan akan terus bertambah. Diperkirakan di akhir tahun 2015 ini pengguna akan bertambah menjadi sekitar 80 juta orang.
Bayangkan jika anda menjual produk via online, potensi orang yang bisa melihat produk anda adalah sebanyak 71 juta orang dan itu hanya di Indonesia saja, bayangkan jika anda juga mengekspor produk (target market produk anda juga orang luar negeri), maka berapa ratus juta penduduk Eropa, berapa ratus juta penduduk Asia, berapa ratus juta penduduk Amerika dan berapa ratus juta penduduk Afrika yang juga pengguna internet akan melihat produk anda ? Gimana ? beda sekali dan sangat jauh potensinya jika anda membuka toko umpamanya di sebuah kota Y, Jalan X yang mungkin hanya 5 % dari total penduduk kota tersebut akan melihatnya, melihat apa ? produk ? pertama pasti yang kelihatan toko anda dulu baru terbayang produknya.

Sangat disayangkan jika anda tidak memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dewasa ini. Wajah dunia dapat kita lihat dengan satu detik, satu klik dan satu kali hembusan nafas melalui fasilitas internet (lebay ya tapi itu nyata coba deh praktekan). Baik, sekarang saya akan coba ringkas apa keuntungan anda membuka toko online atau online shop ? yaitu dengan 3 H :
    Membuka toko online
  1. Hemat waktu, percaya ? untuk mengakses toko online anda cuma butuh waktu 10 detik, tidak perlu macet-macetan di jalan, beda jika toko anda adanya di Tanah Abang, berangkat jam 5 pagi ya biar gak macet.
  2. Hemat tenaga,  untuk mengakses toko online anda hanya tinggal menggerakan jari jemari tangan anda saja. Beda kalau pergi ke toko anda di Tanah Abang, berangkat capek pulang capek deh. 
  3. Hemat biaya, membuat toko online seperti website dan optimasinya cuma butuh sekitar Rp 500 ribuan saja sekali seumur hidup + Rp 120 ribu untuk sewa domain per tahun dan paket internet Rp 50 ribu per bulan. Menyewa toko di Tanah Abang butuh berapa juta per bulan ? Bahkan anda bisa mengeluarkan biaya nyaris nol dengan membuat website blog di blogger.com yang 100% gratis, paling butuh paket internet saja. 
Keuntungan utama dari membuka toko online atau online shop adalah dari aspek pasar yakni
"Besar potensi pasar, kecil biaya memasarkan. Cuma butuh paket internet bulanan untuk memasarkan produk"

Jika anda membuka toko online, itu berarti anda juga sedang berbisnis online. Ada juga keuntungan jualan atau bisnis berbasis online, seperti :
  • Riset pasar akurat tanpa biaya. Fasilitas keyword tool dari google adword dapat menunjukkan kepada anda kata kunci apa yang banyak dicari atau diketikan pada mesin pencari google. Lihat gambar berikut !
    Cara melihat kata kunci yang dicari pada mesin pencari googleGambar ini menunjukkan bahwa kata baju batik dicari pengguna internet sebanyak 40.500 kali per bulan di mesin pencari google. Fasilitas ini dapat digunakan secara cuma-cuma.
  • Mudah mengumpulkan data pesaing pasar dan mudah mempelajari strategi pemsaran online pesaing, apalagi jika anda tahu banyak tentang internet marketing.
Saya kira tidak sampai situ, ragam keuntungan membuka toko online dan bisnis online sangat banyak selain contoh-contoh yang telah saya jelaskan. Nah, saya kira sudah ada cukup alasan mengapa anda perlu membuka toko online untuk membuka potensi pasar di dunia maya.

Yuk Mari Mulai Membuat Website Toko Online

Langkah utamanya, anda perlu membuat website bisa gratis melalui blogger.com maupun berbayar dengan sewa domain atau bahkan bisa buka lapak di situs jual beli online seperti kaskus, tokopedia dsb. Namun, ternyata membuat website dan buka lapak online saja kurang sempurna untuk memaksimalkan potensi pasar yang begitu besar di dunia maya. Saya anjurkan anda membaca 4 buku "Panduan Online Shop". Buku-buku ini menjelaskan mengenai facebook marketing, habits jualan online yang perlu anda ketahui, Twitter marketing dan bagaimana youtube menjadi media marketing bisnis. Ini saya namakan lingkaran marketing online atau online marketing circle. Bagi saya pribadi, buku-buku tersebut lebih cocok bagi anda yang ingin membuat atau membisniskan produk anda/produk orang lain (reseller) via internet secara gratis alias modal paket internet saja. 
Membuat website menggunakan blogger dengan domain bawaan blog seperti.....blogspot.com memang gratis, namun itu terkesan kurang profesional dan kurang meyakinkan customer untuk sebuah toko online. Sebelumnya, apakah anda tahu apa itu domain ? singkatnya domain itu alamat url situs seperti www.google.com, benu.blogspot.com, juragan.blogspot.com, www.lazada.com dsb. Nah, jika anda membuat web di blogger.com dengan domain gratis bawaan blogger itu sendiri, maka url situs anda adalah ....blogspot.com. Kata blogspot.com bersifat baku, artinya anda tidak bisa menghilangkan kata tersebut. Berbeda halnya jika anda menyewa (membeli) domain berbayar, anda bisa memodifikasinya menjadi www....com, www....web.id, www.....org.id dan sebagainya, jadi lebih profesional dan orang lebih yakin ketika berada di situs toko online anda.

Sewa domain umumnya sangat murah rata-rata Rp 115.000 - 250.000 per TAHUN atau sekitar 10-30 ribuan per bulan. Anda bisa membeli domain di penyedia jasa domain dan hosting, carilah penyedia jasa tersebut yang profesional, terpercaya dan bagus pelayanannya sehingga ketika anda ingin memasang domain tersebut memperoleh panduan yang jelas dan mudah dipahami. Contohnya www.niagahoster.com, salah satu penyedia jasa domain dan sewa hosting terpercaya. Mulailah mencoba membuka toko online. Anda bisa membuat web melalui blogger, kemudian membeli domainnya di www.niagahoster.com sehingga url ....blogspot.com bisa diganti menjadi www....com yang lebih profesional. Anda juga bisa sekaligus menyewa hosting di sini www.niagahoster.com/hosting. Biaya sewa hosting cukup murah mulai dari Rp 14 ribuan - 65 ribuan per bulan. Anda juga bisa membeli domain dan hosting di Idwebhost Jadi, sudah tahu kan apa yang harus anda lakukan  ? Saya akan membahas mengenai berbisnis online lebih dalam  nanti.


Penulis : Fajar Maulana
Dilarang copy paste tanpa mencantumkan link sumbernya.

Sumber gambar : http://kursustokoonlineku.com/wp-content/uploads/2014/09/jasa-pembuatan-toko-online-blogspot.jpg

Jika artikel atau karya tulis anda ingin tampil di website www.ekspedisiilmu.web.id ini, silahkan kirim artikel atau karya tulis anda ke alamat e-mail : fajar.sos1@gmail.com.

Ketentuan artikel atau karya tulisnya :
  1. Harus bertemakan bisnis, usaha, motivasi, kesuksesan dan apapun yang mirip dengan kata kunci tersebut. 
  2. Artikel dan karya tulis harus asli buatan anda bukan copy paste dari artikel milik orang lain di internet. 
  3. Jangan lupa sertakan foto dan nama lengkap anda serta akun sosial media, agar kami cantumkan nanti di situs ini. Sekian, kami tunggu ya sahabat EksiL.
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

8 comments

15 September 2015 19.46 Delete comments

Di hp ane dg tampilan dekstop bagian bawahnya kurang rapih gan.. yg berlatar abu abu .

Reply
avatar
15 September 2015 20.19 Delete comments

Wah... emang pasar di dunia online yang ada di Indonesia memang sangat menggiurkan... terlebih lagi banyak sekali yang memang memakai internet ini dan umumnya yang memakai itu usia produktif...
Sangat menarik gan artikelnya, ditunggu kunbal dan folbacknya gan :)

Reply
avatar
21 September 2015 10.51 Delete comments

ada keperin ke olshop sih, ya tapi blum ada produknya , hehe

Reply
avatar
26 September 2015 10.49 Delete comments

kalo bikinnya sih gampang gan, mungkin yang susah dari olshop itu nyari kepercayaan masyarakatnya

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon