#

Sabtu, 10 Oktober 2015

3 Kesalahan Memilih Karir

3 Kesalahan Memilih Karir - Kesalahan ini menentukan masa depan anda, dalam konteks diluar campur tangan Yang Maha Kuasa. Seringkali kita melupakan passion atau minat. Lebih dari itu, minat tidak hanya direpresentasikan sebatas ungkapan kata saja. "saya kayanya berminat deh kerja kayak dia". Jelas ini salah besar. Namun itu adalah hal yang wajar bila diucapkan oleh seorang lulusan baru (fresh graduate). 

Konteks atau keadaan memilih karir cukup dilematis. Saya kira, sudah saatnya saya beri tahu 3 kesalahan memilih karir :

  1. Ikut-ikutan, ini sangat sering terjadi khususnya pada lulusan baru (fresh graduate). Sebagian besar lulusan baru kesulitan menggabungkan antara minat dan peluang. Bahkan, yang umum terjadi lulusan baru tidak tahu minatnya di bidang apa, terkesan mengira-ngira. "Saya sukanya di administrasi deh, kerjanya di kantor terus enak".  Ini bukan passion (minat), ini lebih dipengaruhi oleh faktor luar (eksternal) bukan berasal dari dalam diri. Cobala gali, dan hanya anda lah yang bisa menemukan passion anda. Tidak apa jika anda mencoba-coba, asal dengan  alasan yang rasional. Jangan mencoba-coba atas dasar ikutan teman. Boleh, tapi coba perhatikan juga aspek tujuan atau alasan. Jika anda belum mampu mengidentifikasi minat anda, cari alasan atau tujuan anda memilih karir itu. Ini lebih baik dibanding hanya iku-ikuttan teman.
  2. Memilih tipe pekerjaan yang mudah nan nyaman, ini juga umum terjadi di kalangan muda. Saya kira ini lebih kepada ciri khas orang Indonesia. "Mending PNS aja kerjanya gampang dan terjamin". Ucapan ini sering saya dengar loh. Apalagi mindset orang tua kita yang apabila tidak bekerja berarti gak produktif alias nganggur. Selain itu, orang tua kita umumnya melarang kita bekerja di bagian pemasaran atau sales karena kerjanya capek, sering keluar kantor lagi. Pekerjaan yang nyaman nan mudah tidak akan pernah membuat anda sukses. Justru, kesuksesan selalu berbanding lurus dengan kualitas pekerjaannya. Apa yang dikatakan orang tua tidak salah, mereka mengatakan itu mungkin berdasarkan pengalaman. Tugas anda adalah menjelaskan kepada mereka mengenai passion anda.

    Satu yang tidak boleh anda lupakan. Patuh kepada orang tua adalah kewajiban. Namun, banyak berkomunikasi dengan mereka menjadikan nasihatnya berkualitas dan relevan dengan keadaan kita. Jadi, patuhi orang tua dan banyaklah berkomunikasi dengan mereka agar mereka mengerti apa minat kita. 
  3. Cari gaji yang besar (layak), ini merupakan salah satu alasan karyawan sering pindah-pindah kerja. Kadang memang sulit memperoleh gaji besar (naik jabatan) jika tidak ada jenjang karir di perusahaan dimana anda kerja. Anda tidak salah, namun perhatikan bagaimana perilaku karyawan pada umumnya. Sebagian besar karyawan berpindah-pindah kerja dengan alasan mencari gaji yang layak dan kerjanya nyaman. Kerja yang nyaman kayak apa yak ? Jadi bos kali ya. Sebelumnya, jawab dulu pertanyaan ini. Apakah anda sudah merasa berprestasi dan berkontribusi besar bagi perusahaan ? Sebutkan prestasi yang anda jadikan alasan mengapa perusahaan pantas menggaji besar anda ? 

Saya kira itulah 3 kesalahan memilih karir yang perlu anda ketahui. Karir memiliki ruang lingkup yang lusa. Karir tidak hanya tentang naik jabatan atau seputar dunia kerja. Ini yang mungkin tidak anda tahu. Lebih jauh, karir meliputi juga kegiatan wirausaha, pelatihan, aktivitas sosial atau peran bermasyarakat, dsb.

Penulis : Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

4 comments

16 Oktober 2015 20.11 Delete comments

kayaknya, saya yang nomer 2 deh, wkwkwk.. milih enaknya aja

Reply
avatar
16 Oktober 2015 21.15 Delete comments

ane juga nomor 2 gan..!nyantai kayakx jd PNS

Reply
avatar
16 Oktober 2015 21.56 Delete comments

biasanya sih memang yang ke-2, gan :)
masih banyak rakyat Indonesia yang terobsesi jadi PNS~

Reply
avatar
16 Oktober 2015 22.31 Delete comments

jangan sampai saya salah karir nih :0

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon