#

Minggu, 18 Oktober 2015

3 Kisah Sukses Pengusaha Muda yang Sangat Inspiratif

Setidaknya saya ingin berbagi cerita 3 Kisah Sukses Pengusaha Muda yang perlu anda baca. Sukses adalah hak setiap orang. Anda bisa sukses dengan cara anda sendiri. Begitu pula mereka, setiap orang punya jalan suksesnya masing-masing. Baik di bidang yang sama dengan jalan yang berbeda atau di bidang yang berbeda namun konsep berpikirnya serupa.

Ini dia 5 pengusaha muda tersebut :

1. Nicholas Kurniawan

Mungkin, sukses karena latar belakang keluarga yang kaya sangat logis. Namun, Nicholas Kurniawan
membuktikan bahwa semua orang bisa sukses. Ia terlahir dari keluarga yang sederhana. Hutang yang dimiliki oleh keluarganya diakibatkan oleh kondisi ekonomi keluarganya yang buruk. Kedua orang tuanya bahkan sering bertengkar karena masalah keuangan. Ini membuatnya sedih. Lebih jauh, ia sangat sedih ketika keluarganya selalu direndahkan karena hutang yang banyak. Ini yang membuat ia ingin mengubah segalanya.

Nicholas sempat mulai menjajal bisnis seperti Asuransi, MLM, makanan bahkan mainan. Semuanya tidak berhasil. Kegagalannya tidak berlanjut samapi disitu, ia bahkan tidak naik kelas saat kelas 2 SMA. Ia juga sampai harus pindah dari SMA unggulannya tersebut.

Pada ketika itu ia mulai banyak mendekatkan diri kepada Tuhan dan mencoba bisnis kembali. Alhasil
perjuangannya membawa ia pada keberhasilan yang tidak diduga-duga. Dari berjualan ikan hias di FJB (Forum Jual Beli) Kaskus, bisnisnya bisa berkembang bahkan menghasilkan.

Tidak hanya itu, ikan hiasnya bahkan mampu diekspor ke luar negeri. Meskipun tantangan selalu menyertainya, sebagai seorang yang punya mental bisnis ia tidak pantang menyerah. Ia sempat ditipu berulang kali, namun mental untuk suksesnya tidak surut.


Usianya yang baru 20 tahun, mengantarkan dia menjadi seorang exportir ikan hias termuda di Indonesia. Ia pun melebarkan bisnisnya di bidang properti bersama teman-temannya. Omzet bisnisnya kini menembus angka lebih dari 100 juta rupiah per bulan, fantastis ! Kisah sukses pengusaha muda satu ini sangat inspiratif dan menggugah saya sebagai anak Bogor agar belajar dari mental yang ia miliki.

Nicholas pun sempat diliput oleh beberapa media, seperti :

Nicholas Kurniawan Pengusaha Muda
  • Kick Andy
  • NET TV, Pebisnis Muda Inspiratif
  • TDW Show TVRI

Selain itu Nicholas juga memperoleh banyak prestasi seperti :

  • Juara 2 HIPMI New Entrepreneur Awards
  • Juara 1 UGM National Business Case Competition
  • Juara 1 Internal Prasetiya Mulya Business Plan Competition
  • Juara favorit Internal Prasetiya Mulya Marketing Research Project 

Nicholas bahkan sempat mengucapkan terimakasih lewat postingan threadnya di Kaskus pada tanggal 12 Desember 2013 tepat pukul 19.56 WIB. 
(gambar)


2. Yasa Singgih

Usianya sangat muda, setahun lebih muda dari penulis artikel ini (hehe). Yasa Singgih seorang pemuda dari keluarga biasa. Ia lahir pada tanggal 23 April 1995. Ia memutuskan untuk mandiri dengan jalan berbisnis. Keputusan tersebut diawali tatkala ayahnya terkena serangann jantung saat Yasa berusia 15 tahun. 

Ia merupakan pemuda yang cukup aktif. Ia mampu mencari uang sendiri sejak berusia 15 tahun

dengan menjadi MC di berbagai acara Sweet 17 dan musik. Ia juga berjualan lampu hias online, meski bisnisnya gagal karena supplier tidak mampu menyuplai lagi barang.

Yasa Singgih Pengusaha Muda SuksesKemudian ia beralih ke usaha fashion saat usia 16 tahun. Bahkan ia sempat diremehkan orang-orang karena bisnisnya sering gagal. Akhirnya ia mampu membuktikan bahwa ia bisa sukses dengan berbisnis. I berhasil mengembangkan brad Men's Republic. Seperti kisah pengusaha muda sukses lainnya, tantangan akan selalu ada menghampiri. Yasa pernah mengalami kerugian hingga ratusan juta dalam berbisnis, mulai dari usaha kuliner, Event Organize dll.

Kini pun ia punya asset yaitu kompek perumahan dalam bentuk kavling di daerah Bogor. Ia juga menangani bisnis Management Consulting bernama MS Consulting.

Yasa bahkan mampu membiayai kuliahnya di Universitas Bina Nusantara di usianya yang ke-18 tahun. Tentu ia puas karena mampu membayar kuliah dari jeri payahnya. Yasa memiliki tipe kepribadian yang santai dan humoris, hingga ia sering memberikan sharing seputar bisnis dan pengembangan diri atau motivasi.

Yasa pun tidak kalah populer, ia sempat diliput oleh media dan diundang diantaranya di :
  • Redaksi Siang Trans TV
  • 150 Radio Jaringan di Indonesia
  • Tempo Radio dan TV
  • Kompas TV
  • Kementrian Perikanan dan Kelautan RI
  • Sarah Sechan Show di Net TV
Yasa pun punya jargon yang cukup terkenal "Never too young to become a Billionaire"

3. Hamzah Izzullhaq

Pria satu ini punya bakat dan unik. Ia lahir pada tanggal 26 April 1993, yang artinya 1 tahun lebih tua dari saya selaku penulis (hehe lagi). Bakat apa yang ia miliki ? bakatnya sangat unik dan sangat familiar dengan permainan saat saya kecil dahulu. Sejak kecil Hamzah sudah suka jualan mulai dari jualan kelereng, gambaran, petasan hingga jualan koran bahkan tukang parkir dan ojek payung pernah ia lakukan (sempurna). Spertinya ia terlahir sebagai pemuda yang hidup sederhana seperti penulis ini.

Saat pertengan kelas 2 SMA, ketika ia sedang mengikuti seminar komunitas bisnis pelajar bertajuk Community of Motivator and Entrepreneur (COME), ia bertemu dengan mitra bisnisnya. Ia ditawari usaha franchise bimbel Bintang Solusi Mandiri. Hamzah bercerita, " rekannya itu usianya masih sangat muda yaitu 23 tahun, namun bimbelnya sudah sampai 44 cabang".

Hamzah Izzullhaq pengusaha muda suksesAda hal yang sangat mencengangkan, Hamzah meminjam uang 70 juta rupiah kepada ayahnya. Buat apa ? Hamzah diberi prospektus dan laporan keuangan salah satu cabang bimbel Bintang Solusi Mandiri  di Johar Baru, Jakarta Pusat. Kebetulan salah satu cabang bimbel tersebut ingin di-take over dengan harga jual 175 juta rupiah. Namun, Hamzah hanya punya uang 5 juta rupiah. Lantas ia meminjam kepada ayahnya sebesar 70 juta. Kemudian Hamzah melobi kepada rekannya itu, dengan membayar 75 juta rupiah dulu, sementara sisanya 100 juta rupiah akan dibayar secara mencicil.

Bukan kepalang, franchise bimbel tersebut berkembang di tangan Hamzah. Ia selalu memutar kembali keuntungannya agar bisnisnya maju. Hamzah kini sudah punya 3 lisensi franchise bimbel dengan siswa diatas 200 orang setai semesternya. Sukses di bisnis tersebut, Hamzah melirik bisnis kerjainan Sofa Bed di Tangerang.

Hamzah yang hanyalah seorang lulusan SMA tahun 2011 kini menjadi direktur utama di perusahaan miliknya sendiri. (Subhanallah, saya terpukul).



Itulah 3 kisah sukses pengusaha muda yang sangat inspiratif. Kisah mereka bisa kita jadikan motivasi bahwa semangat berbisnis harus melekat pada pemuda-pemuda Indonesia lain. Adanya pengusaha bisa menyumbang banyak kemajuan di bidang ekonomi bagi negara kita ini. Bisnis itu keren ya.

Penulis Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

8 comments

25 Oktober 2015 19.33 Delete comments

mantap gan! semoga kita menjadi penerus mereka. Aamiin

Reply
avatar
25 Oktober 2015 20.27 Delete comments

semoga saja kita semua bisa menjadi orang yang termasuk sukses :)

Reply
avatar
25 Oktober 2015 21.30 Delete comments

sangat inspiratif mas gan, terimakasih banyak :)

Reply
avatar
25 Oktober 2015 21.49 Delete comments

Semoga ane juga sukses gan :D

Reply
avatar
26 Oktober 2015 07.58 Delete comments

kisah sukses pengusaha muda yang sangat inspiratif sekali, memacu saya untuk lebih fokus lagi menggeluti sebuah hobby dan bisnis.

Reply
avatar
26 Oktober 2015 10.46 Delete comments

nice post gan , inspirasi buat usaha nih

sukses selalu

Reply
avatar
3 Desember 2015 10.57 Delete comments

nah memang inilah yang sebaiknya di baca oleh para pemuda indonesia

Reply
avatar
3 September 2016 02.42 Delete comments

Moga moga banyak muda mudi Indonesia seperti mereka amin

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon