#

Minggu, 04 Oktober 2015

6 Hal, Karyawan Paling Dicari Perusahaan Saat Tes Wawancara Kerja

Kita tidak tahu kriteria karyawan seperti apa yang paling dicari perusahaan. Setiap posisi dan perusahaan memiliki sudut penilaian yang berbeda. Umumnya tes wawancara kerja dilakukan sebanyak 2 kali. Ini biasanya terjadi di Bank. Wawancara kerja di Bank dilakukan untuk penyeleksian awal dan penyeleksian akhir (penentuan). Seringkali anda tentu merasa kesulitan memahami tipe karyawan yang dicari perusahaan. Perusahaan bisa dengan  mudah menemukan tipe karyawan yang dicari saat tes wawancara kerja.  Kenapa tahap wawancara kerja penting ?
  1. Tahap wawancara kerja selalu menjadi penentuan akhir seorang karyawan diterima atau tidak bekerja.
  2. Tes wawancara kerja sulit dipelajari karena bukan termasuk ilmu pasti, bersifat kondisional (beda perusahaan dan beda posisi yang dilamar beda sudut penilaian) dan menguji kepribadian secara langsung (face to face).
  3. Tes wawancara kerja juga menguji kemampuan mental anda. Meskipun anda pintar jika tidak punya skill kepercayaan diri akan sangat menyulitkan.
Satu-satunya cara untuk menjamin tes wawancara kerja berjalan lancar adalah dengan belajar PeDe atau Percaya Diri. Tidak hanya mempersiapkan jawaban pertanyaan, lebih dari itu anda perlu melakukan simulasi dan belajar mental jika anda orang yang tidak percaya diri. Sebagian besar pekerjaan selalu melibatkan karyawannya untuk bekerja secara tim. Oleh karena itu, kecerdasan emosional kadang dianggap penting dan dinilai lebih saat tes wawancara kerja.

Namun yang perlu diingat adalah semuanya tergantung pada posisi pekerjaan yang anda lamar. Jika yang dilamar adalah staff accounting, perusahaan tidak akan terlalu mempertimbangkan kecerdasan emosional. Sebaliknya, perusahaan akan lebih tertarik pada pribadi yang teliti dan tenang.

Karyawan yang dicari perusahaan

Apa anda tahu ? Setidaknya ada 5 hal inti dari kriteria karyawan yang dicari perusahaan. Apakah itu ?
  1. Apakah anda "fast learner" dapat belajar cepat (agar bisa bekerja optimal) atau bahkan punya pengalaman.
  2. Loyalitas jangka panjang ? butuh investasi biaya dan waktu saat merekrut karyawan. Jadi perusahaan berharap karyawannnya bisa bekerja selama-lamanya (hingga tidak produktif bekerja)
  3. Punya integritas ? nilai ini sangat penting karena menyangkut kedewasaan anda dalam berfikir, bertindak dan menyikapi hidup. Orang yang punya integritas adalah dia yang bisa menempatkan diri pada setiap kondisi sesuai dengan nilai luhur yang dimilikinya. Integritas biasa dihubungkan dengan kejujuran dan kedewasaan.
  4. Kecerdasan emosional.
  5. Punya daya tahan (bekerja dibawah tekanan)
  6. Pintar (ini poin terakhir karena skill lebih dicari dibanding karyawan yang pintar). Pintar sebetulnya sangat sensitif. Jika kepintaran anda disalahgunakan saat bekerja menjadi fatal. Misal memanipulasi data. Ini saya temukan pada beberapa orang pintar, meskipun tidak semua begitu.
Pewawancara selalu menanyakan prestasi, latar belakang keluarga, pengalaman dan aktivitas anda sebelumnya dan saat ini. Sebetulnya ini dijadikan dasar untuk mengukur 5 hal di atas. Jumlah pencari kerja yang melimpah membuat perusahaan selektif menyeleksi. Saat ini memperoleh pekerjaan cukup sulit, sebetulnya bukan hanya saat ini melainkan juga tahun sebelumnya. Hal seperti ini terjadi di tanah air, sebab tidak banyak yang tertarik terjun langsung ke dunia bisnis.

Ini selalu berdampak pada persaingan kerja yang ketat. Saya kira sudah saatnya pemerintah mendorong pendidikan bisnis pada sistem pendidikan di tanah air. Pekerjaan sulit bahkan dirasakan oleh para lulusan berprestasi. 

Saya kira itulah 5 hal karyawan yang dicari perusahaan saat tes wawancara kerja. Semoga bermanfaat, jika bukan entrepreneur maka jadilah intrapreneur yang hebat di lingkungan industri.

Hati-hati memilih karir :
3 Kesalahan Memilih Karir

penulis : Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

4 comments

5 Oktober 2015 12.28 Delete comments Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
5 Oktober 2015 12.28 Delete comments

Poin yang terakhir ngenak banget ke Ane nih. Cuman agak beda dikit sih, soalnya di situ yang ditulis pinter, kalo ane kan cuma suka manipulasi data doang. hahaha

Reply
avatar
5 Oktober 2015 18.11 Delete comments

wkwk. yg parah sumber Dinas & Bps beda. ane juga prediksi du.

Reply
avatar
5 Oktober 2015 20.35 Delete comments

hahah
Ane data dari perusahaan nggak keluar sama sekali Jar. Akhirnya data made in Pandu semuanya. Data yang ngga cocok atau nggak sesuai sama keinginan, ganti pake data yang dimau.hahahah
#Mahasiswa

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon