#

Sabtu, 17 Oktober 2015

Bagaimana Cara Hidup Sukses di Usia Muda


Bagaimana cara hidup sukses di usia muda merupakan pertanyaan yang umum ditanyakan oleh anak muda termasuk saya. Kenapa umum ditanyakan anak muda ? Karena yang sudah tua kan sudah lewat usia mudanya (joking). Pertanyaan ini mengandung beberapa pengertian. Pertama, cara hidup seperti orang sukses di usia muda. Kedua, cara hidup yang baik di usia muda agar sukses.  Berbicara mengenai kesuksesan sangat kompleks, dalam pengertian kita tidak bisa mengikuti caranya orang-orang sukses hidup begitu saja. Kenapa ? saya yakin setiap orang punya jalan suksesnya masing-masing. Namun, bukan berarti anda tidak usah mengikuti cara hidup orang sukses. Justru ini yang harus anda lakukan, karena dengannya anda akan menemukan jalan sukses anda sendiri. Ini loh yang saya maksud.

Baiklah, saya lebih suka membahasnya dengan poin-poin. Berikut ini poin penting yang bisa anda jadikan bahan renungan agar sukses di usia muda :

1. Mengikuti cara hidup orang sukses sedini mungkin

Ini salah satu cara paling ampuh untuk sukses di usia muda. Namun, bukan berarti anda harus 100% hidup seperti orang sukses tersebut. Misal, waktu adalah uang jadi orang sukses harus pakai jam tangan (terus anda beli jam tangan), ciri orang sukses adalah berpenampilan rapi dan berdasi agar termotivasi dari penampilan (terus anda beli pentofel dan dasi, dipakai pergi ke acara-acara).  Ini salah kaprah, jangan dari segi fisiknya yang anda tiru tapi pelajari ini dari nya :
- Kebiasaannya
- Cara berpikirnya
cara hidup sukses di usia muda harus anda pahami- Caranya berjuang mencapai sesuatu dan bagaimana hasilnya
- Cara ia memotivasi diri

Ada banyak yang bisa anda pelajari dan ada banyak cerita orang-orang sukses dimana-mana. Ada satu poindari 4 poin di atas yang jika tidak anda kuasai tidak mungkin membuat anda melakukan 3 poin lainnya dengan sukses. Poin tersebut adalah cara memotivasi diri, saya sebut ini pintu utama untuk melakukan 3 poin lainnya atau tindakan anda selanjutnya untuk mencapai impian.

Jangan dianggap remeh kekuatan motivasi. Bahkan orang pintar yang tak punya motivasi tidak mungkin bisa sukses. Mengapa ? karena faktanya setiap orang sukses diawali dengan motivasi yang tinggi, keinginan yang kuat untuk mencapai sesuatu. Sebut saja, Achmad Zaky founder Bukalapak.Com (gigih nyari ratusan pedagang yang mau buka lapak di situsnya dulu), Merry Riana (tekad melunasi hutangnya kepada pemerintah Singapura dan mimpi 1 juta dollar), dan sebagainya. Namun fakta uniknya, orang pintar biasanya selalu punya motivasi yaitu motivasi belajar. Tanpa ada motivasi belajar, tidak mungkin dia akan hafalan, giat belajar sebelum ujian. Pasti ada sesuatu yang ia ingin capai, sampai ia mau belajar cukup giat. Ini motivasi juga loh.

motivasi untu sukses di usia muda

Inilah yang membuat orang-orang pintar pada umumnya lebih terbuka peluangnya untuk sukses karena sedari muda mereka punya turunan motivasi sukses yaitu motivasi belajar. Bagi yang punya motivasi belajar, cara bagaimana hidup sukses di usia muda sudah menyatu dalam diri. Mereka sudah tahu bahwa setidaknya mereka sedang berada pada jalur yang benar.

2. Mencoba sesuatu sebagai trial and error

trial and error adalah salah

Selagi muda, anda harus melakukan banyak hal. Namun, apabila anda sudah menemukan passion kegiatan yang anda senangi, maka tinggal fokus di kegiatan itu. Kebanyakan sih, anak muda banyak yang bingung passion-nya dimana. Itulah mengapa saya sarankan coba dan lakukan banyak hal mulai dari kegiatan sosial, bisnis, hobi dan sebagainya hingga anda jatuh pada passion. Saya yakin, mereka yang belum menemukan passion hanya disebabkan ia belum menemukan aktivitas atau hal yang ia minati.

Ia belum menemukan itu karena ia belum banyak melakukan hal-hal lain (kegiatan-kegiatan atau bisnis-bisnis). Maka dari, itu coba daftarkan diri anda menjadi Ketua BEM di kampus, daftarkan diri anda menjadi peserta PKIM, mulailah mencoba bisnis, mulailah mencoba apapun itu yang penting positif sebelum terlambat seperti saya. Saya agak menyesal karena dahulu tidak sangat aktif di kampus, hanya sebatas ikut menjadi anggota DPM setahun. Hanya saja, saya memang punya tujuan yaitu berbisnis online.

Pola pandang trial and error merupakan salah satu cara berpikir pebisnis. Mereka menganggapnya investasi kegiatan (pengalaman). Meski kegagalan harus dibayar dengan kerugian, itu tidak membuat gelisah karena pola pandang trial and error. Bagi mereka itu investasi pengalaman yang berharga. Ini juga harus anda terapkan sedini mungkin. Trial and error merupakan salah satu cara hidup sukses di usia muda. Habiskan jatah error anda selagi muda.

3. Latih kepercayaan diri sangat penting

Ini tidak kalah penting. Kepercayaan diri harus dan wajib anda kuasai selagi muda. Saya selalu memandang bahwa kepercayaan diri lebih banyak membuka ruang agar saya terbuka dengan orang dan mudah berbicara di depan umum. Kepercayaan diri juga penting, dan sangat diperlukan ketika anda mengikuti lomba, mencari investor untuk bisnis anda dan sebagainya. Itulah kadang mengapa banyak orang menganggap percaya diri itu kunci kesuksesan. Ini karena dari situ, terbuka banyak peluang yang mengantarkan kita kepada tindakan-tindakan hebat. Dengan kepercayaan diri, anda akan berani berbicara dan mempengaruhi orang-orang.

Dengan kepercayaan diri anda akan berani mengajukan pertanyaan di seminar. Dengan kepercayaan diri anda nyaman berbicara dengan siapapun baik teman maupun seorang direktur. Latihlah kepercayaan diri dengan cara melibatkan diri pada kegiatan organisasi atau mencoba berani. Saya selalu mengawali latihan kepercayaan diri dengan mengajukan pertanyaan di setiap kuliah maupun seminar. Cobalah.


Bila dibahas, akan sangat panjang. Saya rasa, anda cuma butuh 3 hal di atas saja dahulu. 3 hal di atas sudah mewakili komponen lain dan dengan sendirinya anda akan terarahkan kesana. Hidup sukses itu selalu diawali dengan motivasi. Maka, sekali lagi saya ingatkan motivasi itu amat penting. Semua ini karena terjadi pada saya dahulu.

Ketika SMP sampai SMA, prestasi saya tidak sebaik ketika SD karena lepas bimbingan belajar dari orang tua. Ketika SMP orang tua saya tidak lagi fokus mebimbing saya belajar seperti ketika SD. Ini membuat saya kehilangan motivasi sampai saya tidak pernah memperoleh rangking 5 besar sekalipun selama SMP. bahkan saya tergolong murid yang sering di hukum karena jarang mengerjakan PR Fisika. Jauh berbeda seperti di SD yang pernah bertenggar di peringkat 2.

Pertanyaan bagaimana cara hidup sukses di usia muda merupakan pertanyaan yang jawabannya sederhana.  Kembali pada anda, mau sukses ? banyak kok coretan tentang hidup sukses. Kembali pada anda yang punya motivasi.

baca juga : Kisah sukses 3 pemuda yang mengagumkan

Penulis : Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

7 comments

23 Oktober 2015 08.50 Delete comments

intinya niat dan kerja keras.. buat tabungan dihari tua nanti.. :)

Reply
avatar
23 Oktober 2015 09.30 Delete comments

good job... semoga kita cepet succeess all

Reply
avatar
23 Oktober 2015 10.12 Delete comments

sangat membantu, saya pribadi jadi termotivasi ^_^

Reply
avatar
23 Oktober 2015 10.12 Delete comments

ini gan lagi berusaha sukses dari ngeblog , hhehehe

Reply
avatar
23 Oktober 2015 15.28 Delete comments

pengen banget nih sukses di usia muda semoga tercapai amiin

Reply
avatar
26 Oktober 2015 10.49 Delete comments

nice tips , buat semangat usaha dan kerja nih hehehe

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon