#

Minggu, 25 Oktober 2015

Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik- Belajar dari Baedowy

Ekspedisiilmu.web.id - Sudah hampir 13 tahun Mohammad Baedowy menggeluti bisnis daur ulang sampah plastik. Miliaran rupiah kini bisa ia kantongi dalam setahun. Ia bahkan sudah mengekspor produknya ke China. Ekspedisiilmu kali akan menshare kisah dan teknis daur ulang sampah.

Bisnis Baedowy berawal dari pilihannya untuk berhenti menjadi pegawai karena krisis ekonomi tahun 1998. Ia juga beralasan berwirausaha memungkinan ia mendapatkan kemampuan finansial yang tidak terbatas dan membantu membuka lapangan kerja.

Baedowy dulu bekerja sebagai auditor bank terkemuka yakni Royal Bank of Scotland. Ia sempat mencoba berjualan jangkrik sampai cacing namun gagal. Lantas Baedowy berpikir untuk memilih bisnis yang minim resiko. Ia pun mendapatkan ide ketika melihat para pemulung mengumpulkan sampah.

Bagi Baedowy, bisnis sampah tidak akan basi seperti bisnis makanan juga tidak akan busuk seperti jualan buah atau resiko ternak mati seperti bisnis peternakan. Baedowy, bahkan sempat ikut bersama pemulung menjalankan aktivitas mengumpulkan hingga mencacah dan menjual hasil plastik tersebut. Ia lakukan itu tanpa rasa malu, karena ia sangat tertarik dan yakin.

Berawal dari situlah Baedowy akhirnya menggeluti dunia sampah plastik. Ia sering mengikuti pameran-pamerna dan mempelajari mesin pencacah plastik. Ia membangun bisnis daur ulang sampah plastik dengan modal sekitar 50 juta.

Baedowy pengusaha daur ulang sampah plastikBukan tanpa tantangan, Baedowy bahkan sempat berhenti produksi ketika mesin produksinya rusak. Namun, keluar dari keterpurukan membuatnya bisa membuat mesin pencacah meskipun ia seorang sarjana Ekonomi. Ini berkat dukungan istrinya Ajeng Ririn Sari, Baedowy lantas bangkit. 

Baedowy pun mendapat penghargaan Dji Sam Soe Awards tahun 2009, ia mampu mendesain mesin yang berputar seperti mesin cuci dengan kecepatan tinggi. Porduk Baedowy kini sudah diekspor ke China. Disana produknya digunakan untuk membuat benang polyester.

"Di balik sebuah kesulitan pasti ada kemudahan. Dari situlah, saya kemdian bisa memproduksi sendiri banyak mesin," kata Baedowy.

Mulai dari Aceh hingga Papua, jaringan mitra kerjanya tersebar. Tidak mau sukses sendiri, Baedowy mengakomodasi permintaan masyarakat yang ingin berhasil seperti ia.
"....Ilmu-ilmunya akan saya berikan semua. Mulai dari bangunan, pelatihan kerja, dan untuk hasilnya wajib saya beli. .." ujar Baedowy berjanji dengan lantang.

Bagaimana Teknis Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik ?

Penggilingan sampah adalah bagian terpenting dalam usaha daur ulang plastik. Konsep sederhananya seperti ini :
    Bisnis Daur Ulang Plastik
  1. Pemulung mencari dan mengumpulkan botol plastik, gelas atau lembaran plastik.
  2. Para penggiling sampah mengambil sampah dari pemulung atau kadang mencari sendiri. Sampah plastik kemudian digiling hingga menjadi cacahan plastik.
  3. Cacahan plastik tersebut kemudian dijual ke pabrik-pabrik plastik. Bahan tersebut diolah oleh pabrik untuk dijadikan plastik baru yang siap digunakan.
Sebelum plastik dicacah, digolongkan dulu berdasarkan jenis dan warnanya, nantinya hasil cacahan bisa digunakan sebagai bahan baku benang polyester. Limbah botol plastik minuman jenis PET (polyethylene terephthalate) adalah jenis plastik untuk membuat cacahan tersebut. Ada juga jenis PP (polypropylene) dari sampah plastik gelas minuman yang digunakan untuk membuat tali rafia.

Sebelum memulai anda perlu mengenal jenis sampah yang laku dipasaran diantaranya :
  • Polietilen (PE) yaitu bahan plastik tahan air dan hampir semua jenis cairan. Contoh kabel, botol anti pecah dll.
  • High Density Polyethylene (HDPE), ini hampir mirip dan tahan air (resisten dari zat cair). Contoh, tangki bahan bakar kendaraan, kantong plastik, pipa air dll.
  • Polipropilena (PP), ini meliputi produk yang terbuat dari fiber glass.

Langkah berbisnis daur ulang sampah plastik :
  1. Lokasi, ini faktor utama dan termasuk penting. Lantaran, bau yang mungkin ditimbulkan dari pengumpulan sampah bisa mengganggu masyarakat. Oleh karena itu, disarankan  lokasi yang agak jauh dari pemukiman atau pusat keramaian. Lebih bagus lagi bila punya izin usaha dan persetujuan dari lingkungan sekitar (masyarakat).
  2. Peralatan, seperti mesin-mesin diantaranya pemecah, pemilah, pemotong, pencacah, sistem pencucian (pembersihan) dan mesin pengering. Anda pun perlu menyediakan transportasi pengangkutan sampah seperti mobil bak. Ini berguna untuk mengangkut bahan baku. Bisa juga menjalin kerjasama dengan para pemulung sampah. Namun, itu kembali pada anda. Banyak cara untuk mencari alternatif bila modal terbatas, seperti sewa mobil bak.
  3. Langkah proses produksi bahan setengah jadi umumnya mulai dari :
    - Pemisahan, bahan baku sampah plastik harus sudah dipisahkan dari jenis sampah lain seperti kertas dsb.
    - Pemotongan, sampah plastik dipotong-potong berdasarakan kebutuhan. Ini untuk memudahkan proses pengolahan jika misalkan diolah menjadi biji plastik.- Pencucian, bertujuan untuk membersihkan sampah dari zat-zat lain yang mungkin melekat.- Penggilingan, setelah itu plastik digiling menjadi biji plastik. Bila biji tersebut mengapung berarti kualitasnya baik.
Anda bisa membaca juga artikel mengenai "2 Cara Mengolah Sampah Plastik" Penggilingan terbagi dua ada penggilingan kering dan basah. Bedanya, kalau kering pencucian dilaksanakan setelah penggilingan. Sementara penggilingan basah, mencampur plastik dengan air dingin (bisa juga panas). Namun, disarankan menggunakan air dingin agar hasil olahan bersih. 

Cacahan plastik juga memiliki pasar potensial ekspor. Misalnya seperti dikutip dari harian Tempo dari wawacara dengan pengusaha plastik, Hongkong memerlukan 12 kontainer biji plastik namun Indonesia baru menyediakan 300 ton.

Nah saya kira itulah gambaran bisnis daur ulang sampah plastik, semoga bermanfaat dan menontoh keberhasilan Mohammad Baedowy.
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

1 comments

29 Oktober 2015 19.06 Delete comments

wih keren ini baru anak bangsa yang kreatif ^_^

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon