#

Kamis, 15 Oktober 2015

Bisnis Kaos Distro Menguntungkan atau Cuma Trend ?

Bisnis Kaos Distro Menguntungkan ?Saya sendiri bingung mengapa bisnis kaos distro marak, apakah memang menguntungkan atau cuma
trend
. Saya berbicara seperti ini, bukan sekedar teori belaka. Ini benar-benar terjadi di daerah kampung saya. Awalnya di Ciheuleut Jln. Pakuan dahulu tidak ada outlet distro satupun. Baru ketika saya SMA muncul 2 outlet distro. Sekarang dalam radius 800 meter saja sudah hampir ada belasan outlet distro. Padahal ini wilayah pemukiman warga.

Saya tidak bisa menilai apakah bisnis ini sangat menguntungkan. Oleh karena itu mari, kita nilai bersama berdasarkan dugan-dugaan yang mendasar. Pertama, arti menguntungkan itu bisa dilihat dari segi materi dan prospek. Kedua, arti trend berarti bisa lekang oleh waktu alias tidak akan selamanya eksis ini bisnis.

Bisnis Kaos Distro Menguntungkankah ?

Bisnis kaos atau istilah trendy-nya fashion memang punya marjin yang luar biasa. Bila kaos yang dijual tidak mainstream dan disukai, bahkan merchant bisa me-mark-up harga sesuka mereka. Artinya, merchant (sekaligus creator kaos) bisa memperoleh keuntungan yang besar dari satu pcs kaos yang terjual jika dimark-up tinggi dari harga pokok pembuatan kaosnya. Itulah mengapa faktor brand image menjadi penting dari bisnis kaos distro. Boleh saya sebut merek distro yang nongol di daerah saya mulai dari "Restart", "Wadezig", "Forbidden", "Voltage" dan masih banyak lagi. Beberapa bahkan sudah diliput oleh media televisi. Maka, dugaan pertama kenapa bisnis ini marak adalah karena bisnis fashion khususnya yang mengedepankan aspek brand image memang menguntungkan jika dilihat dari peluang dalam menentukan marjin. Singkatnya, menguntungkan secara finansial.

Apakah Bisnis Kaos Distro Itu Cuma Trend ?

Dahulu, mungkin kaos distro paling nge-trend di Bandung. Tapi kalau sekarang juga masih ngetrend, berarti
trend-nya selalu ada setiap waktu. Ini terlihat dari banyaknya outlet-outlet baru. Bahkan,  di daerah saya ada yang awalnya cafe sekarang malah jadi outlet distro. Anda tahu, kaos distro awal mulanya hanya bertema musik dari band-band luar negeri. Baru sekitar tahun 1990 muncul distro yang pertama menjual produk dari grup musik lokal yaitu "Anonim" dan "Riotic". Menurut beberapa sumber, mendirikan clothing/distro tidak disarankan mengikuti trend. Sebaliknya, ciri khas dari distro adalah penanaman 'soul' atau karakter dari brand produk anda sendiri. Semakin kuat 'soul' yang ditanam dan dirasakan juga oleh konsumen semakin kental brand anda diingat oleh mereka. Bahkan, dibanggakan. Jadi, bisnis anda tidak akan lekang oleh waktu.

Trend distro anak muda

Ciri khas dari kaos distro adalah diproduksi secara terbatas. Apanya yang terbatas ? desainnya dong. Ini yang membedakan kaos distro dan kaos mass production. Setiap desain kaos distro umumnya dibatasi produksinya agar tidak mainstream.

Conclusion

So, kesimpulannya ada 2. Pertama bisnis distro memang menguntungkan baik dari aspek finansial maupun prosepknya yang selalu terjaga karena idealisme D.I.Y (Do It Yourself). Penanaman 'soul' dan penguatan karakter, bahkan creator bisa menciptakan trend sendiri. Kedua, yang jelas kaos distro itu bukan cuman trend tapi bagaimana kita menjembatani dan menciptakan trend dari karakter yang ingin ditanam dalam brand. Berjiwa muda adalah ciri khas distro.

Baca juga : Cara Memulai Usaha Distro

Penulis Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

1 comments

21 Oktober 2015 20.07 Delete comments

mantab gan tambah referensi ane soalnya ane mau buka usaha bisnis kaos

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon