#

Rabu, 28 Oktober 2015

Cupang Hias Paling Mahal untuk Bisnis

Cupang Mahal

Cupang Western Blue Devil merupakan salah satu cupang paling mahal yang dihargai 700 $ seperti dikutip dari bettafishcity.com. Sementara harga rata-rata cupang umumnya antara 2 $ sampai 10 $ bila dilihat dari segi warna.


Cupang lain yakni jenis Giant Albino asal peternak Bangkok (Thailand) dihargai juga cukup mahal yakni 250 $ atau sekitar Rp 3 juta. Warna albino ini memang cukup sulit ditemukan sehingga tidak heran jika dibanderol dengah harga segitu.


Salah satu member di bettafish.com pada tahun 2011 pernah membuat thread yang mengungkapkan terdapat seekor bayi cupang yang dihargai 1.200 US$. Cupang ini tidak ia deskripsikan lebih jauh, berwarna putih dan betina.

Cupang Mahal Giant Albino
Giant Albino
Namun beberapa member lain, menyatakan cupang yang mirip seperti itu berwarna putih dan jantan dihargai 45 pesos di Philipina (1 US$). Terlepas dari benar atau tidak, ada banyak faktor yang mempengaruhi sebuah cupang hias bisa menjadi sangat mahal. Beberapa faktor yang menyebabkan cupang hias menjadi mahal diantaranya :
  1. Juara kontes
  2. Jenis langka

Jenis dan Harga Cupang

Di Inodnesia sendiri  bila kita klasifikasikan, pehobi umumnya mengenal jenis ikan cupang berdasarkan bentuknya. Beberapa jenis tersebut umumnya memiliki range harga yang sama, namun ada juga yang berbeda. Ini tergantung kualitas, dan prestasi cupang. 

1. Halfmoon 

Cupang Halfmoon
Halfmoon
Cupang halfmoon memiliki bentuk ekor sesuai namanya Half = setengah, Moon = bulan. Ekor cupang hias ini menyerupai bentuk setengah bulan bila terlihat mekar. Saya kira jenis ini salah satu yang paling indah dan menawan. Cupang halfmoon umumnya memiliki warna paling beragam dibanding jenis cupang lain mulai dari merah, biru, hijau, ungu, silver dsb.
Harga :  Rp 5000 - Rp 300.000

2. Crown Tail (Serit)

Jenis ini memiliki bentuk ekor menyerupai mahkota (raja). Cupang serit tergolong cupang hias karena memiliki bentuk ekor yang menarik dan terkesan keren. Beberapa sumber mengatakan cupang jenis ini adalah hasil budidaya dari daerah Slipi, Jakarta.
Cupang crown tail banyak diikutkan dalam
kontes cupang karena ekornya yang indah dan menarik.
Harga : Rp 5000 - Rp 300.000
Cupang crown tail
Crown Tail

3. Plakat (Laga)

Cupang Plakat
Plakat
Jenis ini memiliki bentuk ekor pendek tidak seperti cupang hias pada umumnya. Memang, cupang jenis ini banyak digemari sebagai cupang adu (laga). Dilihat dari segi nama Plakat sendiri yang artinya "tarung" dalam bahasa Thailand. Rumor mengatakan dari Thailand lah awal mula cupang aduan ada. Cupang jenis ini cukup agresif dan sering dilatih agar menjadi galak. 
Harga : Rp 5000 - Rp 300.000

4. Double Tail (Cagak)

Cupang hias ini punya bentuk ekor setengah lingkaran dan terbagi dua (cagak). Jenis double tail saya kira lebih mirip dengan halfmoon namun memiliki cagak.
Harga : Rp 10.000 - Rp 300.000
Cupang double tail
Double Tail

5. Giant (Raksasa)

Seperti namanya, cupang ini punya ukuran yang besar dan umumnya memiliki warna yang sama. Menurut sumber ikan ini dikembangkan oleh breeder Thailand. Ukurannya bahkan bisa 3 kali lipat cupang biasa.
Harga : Rp 50.000 - Rp 500.000
Cupang giant
Giant

6. Cupang liar 

Cupang liar (alam)
Cupang liar
Jangan salah, beberapa cupang liar tergolong cupang langka dan asli hidup di alam. Cupang ini biasa ditemukan di rawa, selokan dan sawah. Penyilangan dan rekayasa genetik pun belum menyentuh cupang ini. Ada beberapa jenis cupang liar langka yang harganya bisa sangat mahal. Cupang liar pun memiliki banyak jenis, beda negara beda jenis diantaranya :
- Betta unimaculata Popta (Kaltim)
- Betta macrostoma Regan (Serawak dan di negara Brunei)
- Betta patoti Weber & de Beaufort (Kaltim)
- Betta ocellata de Beaufort (Sabah dan Kaltim)
- Betta gladiator Tan & Ng (Sabah)
- Betta ideii Tan & Ng (Kalsel)
- dan masih banyak lagi.

Harga : Rp 10.000 - Rp 2.000.000


Nah, mungkin itulah beberapa contoh cupang paling mahal dan harga cupang berdasarkan jenisnya. Jangan lupa, baca juga "cara lengkap budidaya ikan cupang". Saya, kira cupang albino punya harga tinggi. Anda yang kebetulan ingin bisnis atau ternak cupang, bisa mulai beternak cupang hias atau adu dan perhatikanlah kualitas dan jenis atau warna cupang yang langka. Ini bisa meningkatkan nilai jual selain prestasi cupang (kontes).

Penulis Fajar M
(Dilarang copy paste tanpa mencantumkan link sumber, yuk mari belajar menulis secara kreatif)

sumber : 
tipshewan.com
bintangpeliharaan.org
bettafishcity.com
bacaterus.com

|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

9 comments

29 Oktober 2015 23.09 Delete comments

wah ane pingin coba nih budidaya, tapi masih belum ada modal gan

Reply
avatar
30 Oktober 2015 10.43 Delete comments

saya lebih suka yang jenis plakat itu gan,, klo yang jenis lainnya kurang menarik menurut saya,, ekor dan sayapnya suka rontok pas di adu in,,

Reply
avatar
23 April 2016 16.55 Delete comments

biasa nya ikan yang sering ikut kontes jenis apa ya....

Reply
avatar
23 April 2016 16.57 Delete comments

gan jenis ikan apa yang biasanya juara keindahan dan lincah halfmoon,serit atau baby plakat

Reply
avatar
24 April 2016 09.19 Delete comments

menurut sumber, crowntail sama halfmoon mas gan ^_^

Reply
avatar
24 April 2016 09.21 Delete comments

realtif mas gan, ada kriterianya. bisa saja jenis crowntail yg juara bila memenuhi kriteria. bisa search di google dengan kata kunci "kriteria cupang hias kontes"

Reply
avatar
24 April 2016 09.23 Delete comments

ia, berati agan suka ngadu-ngadu cupang yak ^_^ wah, kang adu domba

Reply
avatar
6 September 2016 12.02 Delete comments

untuk air cupang hias, dikasih pembiru bagus gk gan....?

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon