#

Selasa, 20 Oktober 2015

Ide Bisnis Rumahan yang Mudah Dilakukan

Ide Bisnis Rumahan sangat banyak jenisnya. Hanya saja tidak semua jenis bisnis rumahan mudah dilakukan. Beberapa mungkin butuh keahlian khusus. Pembahasan kali ini mungkin sangat cocok bagi iburumah tangga. Sungguh ironis ketika melihat banyak wanita yang seharusnya menjadi ibu rumah tangga, mengurus dan mendidik anak malah ikut bekerja di luar. Bukan soal kesetaraan gender atau demi  menafkahi keluarga. Lebih dari itu, jika wanita yang sudah berumah tangga (memiliki suami yang sudah bekerja) tidak bekerja, maka saya rasa tidak akan ada pengangguran bagi kepala keluarga.  Dampaknya malah bukan demi 1 keluarga, melainkan puluhan juta kepala keluarga di Indonesia  kemungkinan akan mendapat pekerjaan.

Berdasarkan data BPS (bps.go.id), jumlah pencari kerja pada tahun 2014 di Indonesia adalah 1.295.149 jiwa, sementara lowongan kerja yang ada (terdaftar) hanya 816.505. Berarti ada sekitar 478 ribu orang yang tidak mendapat pekerjaan di tahun 2014. Bagaimana, jika dari 478 ribu itu terdiri dari 200 kepala keluarga yang menganggur ? Ingat kepala keluarga (ayah/suami) merupakan tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah.

Oleh karena itu, jalan tengah yang kita punya sekarang adalah memberikan keterampilan wirausaha bagi masyarakat khususnya yang baru lulus, pemuda dan ibu rumah tangga. Ide Bisnis Rumahan merupakan salah satu terobosan yang bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini contoh ide bisnis tersebut :

1. Bisnis Pulsa dan Pembayaran Token Listrik

Usaha ini sangat mudah dijalankan dan tidak beresiko. Saya rasa bisa dilakukan di depan rumah, apalagi jika
Usaha jualan pulsa di rumah itu mudahrumah anda berada di pinggir jalan. Satu hal yang perlua dipahami bahwa bisnis pulsa elektrik dan token listrik nyaris tanpa resiko. Bilapun tidak laku, maka saldo bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga atau diri sendiri. Peluang menjalankannya pun cukup mudah. Jika anda bisa sms, itu berarti anda bisa berbisnis pulsa. Supplier-nya dari mana ? Anda bisa mendaftar di server pulsa. Contohnya di Server Timi Pulsa, sentra pulsa all operator, token listrik dll. Kunjungi saja websitenya di www.timipulsa.com. Pendaftaran tidak dipungut biaya, bahkan anda bisa deposit mulai dari 50 ribu rupiah saja juga bisa.

2. Binsis online - dropshipping

Ciri khas bisnis ini adalah berjualan tanpa harus stok barang. Alias tanpa modal. Prinsipnya, anda hanya menjualkan barang pedagang dengan modal koneksi internet saja. Pembahasan mengenai usaha ini sudah saya jelaskan di artikel "Tutorial Berbisnis Online Dropshipping". Baca saja. Ini sangat cocok bagi anda yang tidak punya modal. Saya juga dari kuliah hingga sekarang masih menjalankan bisnis dropshipping online ini. Lumayan penghasilan bersih rata-rata 500 ribu sampai 1 juta. Namun itu, masih bisa ditingkatkan jika anda fokus. Sebab saya kurang fokus mengerjakannya. Anda bisa mulai mencari supplier atau pedagang entah itu baju, kerudung dll di internet yang menawarkan kerjsama dropship. Cari saja suppliernya di google misal "Dropship sepatu wanita". Kemudian anda jual lewat media sosial.

3. Bisnis online - reseller

Usaha ini mungkin lebih familiar bagi anda dibanding dropshipping. Beda-beda tipis. Kalau reseller, prinsip anda adalah menyetok barang lalu dijual kembali. Anda bisa menjual barang melalui media sosial atau bahkan membuat website. Dibanding buka toko, buka website lebih murah biaya sewanya. Hanya 120 ribu per tahun untuk sewa domain, bila anda bisa membuat website sendiri. Namun bila anda tidak bisa, anda  dapat menggunakan jasa pembuatan website paling sekitar 500 ribuan. Bahkan jika tahu Blogspot, anda bisa membuat website melalu platform tersebut (gratis) Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya "Ini Dia Kelebihan Membuka Toko Online"

4. Jasa tulis artikel (untuk pemilik-pemilik website/blog)

Ini agak butuh keahlian. Pertama anda harus pandai menulis dan memahami kaidah SEO. Namun, ini mudah dipelajari. Jika anda suka menulis itu lebih bagus. Tinggal pelajari saja bagaimana menulis artikel dengan kaidah SEO. Apa itu SEO ? Ini singkatan dari Search Engine Optimization. Sederhananya, anda harus menulis artikel dengan memperhatikan kata kunci yang disukai mesin telusur Google, Yahoo dll. Ini dilakukan agar artikel anda dapat muncul di halaman pertama pencarian Google. Dampaknya akan banyak orang yang
melihat artikel tersebut. Ini menjadi keuntungan bagi pemilik website. Dengan banyaknya pengunjung, itu berarti website mereka bisa dipasang iklan untuk jualan ataupun kepentingan lain.

Pemilik website juga bisa menawarkan space iklan bagi advertiser, sehingga mereka memperoleh penghasilan dari menyediakan space iklan. Ini kan pekerjaan bukan bisnis ? Kata siapa ? Jika sudah berkembang dan anda tahu pasar punya orderan artikel banyak, anda bisa merekrut penulis artikel. Jumlah penulis artikel banyak peminatnya baik yang sudah tahu kaidah SEO maupun tidak. Hanya saja mereka kadang sulit memasarkan jasanya. Jadi, kuasailah pasarnya.

Biasanya pemilik website-website di dunia maya tidak punya waktu untuk menulis artikel. Namun website mereka harus diupdate dengan artikel terbaru agar pengunjung website mereka tidak menurun. Oleh karena itu, jasa menulis artikel ramai dibicarakan dan bermunculan. Jika anda ingin menawarkan jasa menulis artikel, anda bisa menawarkannya di forum Ads.Id. Disitu banyak publisher yang membutuhkan jasa tulis artikel. Namun, anda harus mempelajari dulu teknik menulis artikel berkaidah SEO. Agar jasa anda dilirik oleh mereka. Hal ini dikarenakan semua pemilik website mensyaratkan artikel yang berkaidah SEO.

5. Blogging

Siapa bilang ngeblog bukan bisnis ? Anda bahkan bisa panen dollar dari ngeblog. Jika anda ternak blog, anda bisa mendapat penghasilan yang banyak. Membuat blog memang mudah dilakukan. Hanya saja butuh proses yang panjang untuk bisa menghasilkan dari ngeblog. Saya saja belum memperoleh penghasilan dari website ini, meskipun sudah agak intermediate ngeblog. Maksud penghasilan disini adalah dari iklan ataupun affiliasi.

Alternatif lain, anda bisa menjadikan blog untuk media promosi usaha reseller anda (bisnis anda). Isi saja dengan artikel yang mempromosikan produk anda. Jika blog sudah punya rangking yang bagus di mata Google, anda juga bisa menjualnya.  Apalagi jika pengunjung harian sudah mencapai 1  ribu, harga sebuah blog bisa menembus angka 5-10 juta bahkan lebih.

6. Ternak Ikan Hias

Ide bisnis rumahan ternak ikan hias cupang mudah dilakukanBanyak yang mengira bahwa membudidayakan ikan hias butuh modal dan tempat usaha yang besar. Itu sungguh salah besar. Anda bahkan bisa memulai beternak ikan hias dari satu pasang ikan hias (jantan dan betina). Contohnya ternak ikan hias cupang. Ikan ini banyak diminati karena keindahan warnanya. Anda hanya butuh akuarium yang berukuran sedang atau kecil, lalu di sekat. Saya yakin, siapa saja bisa beternak ikan cupang. Pengetahuan tentang budidaya ikan hias bisa anda baca di internet atau buku. Cara budidaya ikan ini cukup sederhana dan mudah. Bisa anda baca "Budidaya Ikan Cupang"

7. Masih banyak lagi

Contoh lainnya : usaha laundry (cuci pakaian), penitipan anak atau balita, usaha warung, usaha catering, usaha kue, usah rental playstation (PS) dan lain lain.

Saya kira sekarang bukan saatnya mencari pekerjaan. Boleh-boleh saja bekerja, namun saya sarankan anda lebih baik tidak selamanya bekerja (sampai pensiun). Jika anda ingin memperoleh kehidupan keluarga yang terasa hangat, maka menjadi pengusaha adalah jalan satu-satunya. Pekerjaan sering membuat sibuk dan melalikan hubungan berkeluarga. Banyak anak-anak yang tumbuh dewasa menjadi nakal dan tidak berprestasi karena kurang perhatian dari orang tua yang sibuk bekerja. Ini harus benar-benar anda pahami. Jasa baby sitter kadang dijadikan alternatif, namun pendidikan anak adalah tanggung jawab anda. Luangkanlah banyak waktu untuk keluarga.

Saya kira, itulah seputar ide bisnis rumahan yang bisa anda lakukan dengan cukup mudah agar anda menjadi pengusaha dan punya waktu untuk keluarga.

baca juga : Keuntungan Berbisnis Pulsa

Penulis Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

2 comments

28 Oktober 2015 13.47 Delete comments

Mantap nih, lumayan untuk usaha sampingan :D

Reply
avatar
8 Juli 2016 21.33 Delete comments

Kalau bisnis online gitu katanya harus punya kartu kredit ya kak?

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon