#

Minggu, 11 Oktober 2015

Inspirasi Bisnis Dari Pendiri Bukalapak.Com

Inspirasi Bisnis dari Pendiri Bukalapak.Com - Sifat penting yang harus anda miliki adalah BERANI. Setidaknya ini yang bisa saya kutip dari talkshow dengan mas Achmad Zaky founder Bukalapak.com pada acara seminar pagi tadi (11 Oktober 2015). Pebisnis memang identik dengan pola pikir "out of the box". Percayalah, sudah saya bahas bahwa pebisnis selalu memiliki pola pikir satu langkah lebih maju dari seorang karyawan. Ini kata-kata saya ya, bukan kutipan.


Ceritanya begini. Suatu ketika (kisah nyata), Mas Zaky lulus dari ITB dan melamar ke sebuah perusahaan terkemuka bahkan multinasional. Prinsip mas Zaky sederhana yaitu 2 hal. Pertama, bekerja di perusahaan paling bergengsi atau kedua merintis bisnis. Mas Zaky tidak sendirian melamar kerja ke perusahaan terkemuka BCG, melainkan juga teman baiknya. Tebakan anda benar ! mas Zaky tidak diterima sedangkan temannya malah diterima. Mas Zaky sempat iri, namun baginya itu wajar karena temannya memang sangat pintar dan memiliki IP tinggi. Akhirnya Mas Zaky memutuskan untuk memilih jalur pilihan kedua yaitu merintis bisnis. Memang passion bisnisnya sudah terasah semenjak kuliah dengan berjualan Mie Ayam meski tidak bertahan lama.

Ini pilihan yang berat dan pada saat itu ia mengalami banyak penolakan dengan jalur pilihan karirnya berwirausaha. Mulai dari penolakan pendanaan usaha sampai orang tuanya pun terus menasihatinya agar mencari pekerjaan saja. Bisnis yang dirintis mas Zaky yaitu mendirikan E-Commerce yakni bukalapak.com. Dia memilih bisnis ini karena baru sadar mengenai basic pengetahuan yang ia miliki selama di ITB.

Ia selalu percaya dan yakin bahwa bisnisnya memilik prospek yang sangat cerah, hingga ia mencari dana-dana segar dan besar untuk memajukan bukalapak.com. Alhasil, meski harus dibayar dengan upaya keras, namun semua itu impas. Ia memperoleh investor yang menyuntikan dananya ke bukalapak dengan nilai yang cukup besar. Hingga saat ini bukalapak.com memilik transaksi milyaran rupiah per harinya. Ini bayaran yang mahal, dari jeri payah Mas Zaky yang dahulu mengajak satu-satu pedagang di pasar agar mau buka lapak online di bukalapak.com.

Achmad Zaky pendiri bukalapak.com

Klimaksnya, teman baiknya yang dulu diterima dan sekarang bekerja di BCG dengan gaji 30 juta serta sukses berkarir menjadi karyawan hebat RESIGN ! Belum selesai sampai situ, DIA bahkan meminta bergabung dengan Mas Zaky di bukalapak.com. Lah, lu kenapa 'resign' gaji sudah besar ? kenapa malah mau gabung ama bukalapak kan gajinya belum tentu segede itu. Klimaksnya lagi (ingat ini kisah nyata), "Gua gak puas, gak nyari gaji, gua merasa tanpa gua ada disitu yang setiap hari presentasi ke direktur-direktur pun BCG bakal dan emang udah maju."

Jangan lewatkan : "Kisah pendiri Google dan Android"

Mas Zaky lalu berkomentar, orang pintar biasanya memang lebih mencari kepuasan daripada uang. Akhirnya teman baik Mas Zaky itu diberi ruang untuk kepemilikan saham di bukalapak.com. Sekarang ia fokus memimpin dan mengontrol bagian produksi, sedangkan Mas Zaky fokus di pemasaran.

Bukapak.com situs e-commerceMenurut anda, apakah prinsip mas Zaky juga sama dimiliki oleh temannya ? Saya kira tidak. Kenapa ? karena ia memiliki kepribadian yang berbeda dengan mas Zaky. Saya kira benar-benar bertolak belakang. Dimana mas Zaky senang keluar dan berinteraksi, berorganisasi (aktif) serta berbisnis, jualan dan sebagainya, sementara temannya selalu terikat dengan buku dan fokus serta menyendiri, bahkan punya sedikit teman.

Namun, pada akhirnya teman mas Zaky tersebut menyadari dan memahami bagaimana menikmati hidup dalam konteks berkarir, bukan lagi soal uang. Ia keluar dari perusahaan terkenal itu dan memilih bergabung dengan Mas Zaky di bukalapak.com

Itulah Inspirasi Bisnis dari Pendiri Bukalapak.Com. Nilai-nilai dahsyat yang ternyata sangat menggugah dan membuka pikiran kita tentang passion dan kepuasan dalam berkarir.

baca juga : Pemuda-pemuda ini sukses di usia kurang dari 23 tahunHidup ala orang sukses di Usia Muda, Ini caranya


Penulis : Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

2 comments

12 Oktober 2015 18.24 Delete comments

mantep gan. inspiratif dan sangat menggugah buat orang-orang yang baru lulus kayak ane dan juga penulis artikel ini gan. :3

Reply
avatar
13 Oktober 2015 07.49 Delete comments

harus belajar dari mas zaki nih tentang e-commerce hhe

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon