#

Jumat, 02 Oktober 2015

Kenapa Nilai Tukar Rupiah Melemah ? Ini Alasan Pengamat !

Kenapa Nilai Tukar Rupiah Melemah,  merupakan pertanyaan populer saat ini. Fenomena ekonomi global dan devaluasi mata uang Yuan memang bisa dijadikan salah satu alasan mengapa Rupiah kian terpuruk hingga menyentuh angka Rp 14.828 per US dollar (29 September 2015, liputan6.com).


Namun, yang perlu juga diperhatikan adalah apakah kinerja tim ekonomi dalam negeri sudah
maksimal dan tepat ? Menurut David yang merupakan salah satu Ekonom Bank BCA, Target Presiden Jokowi mengenai  kurs Rupiah terhadap dolar pada awal 2016 sebesar Rp 13.400 masih sulit dicapai. Lanjutnya, ini disebabkan kondisi-kondisi fundamentalnya masih lemah. Hari ini nilai tukar rupiah anjlok
Rupiah kian terpuruk hingga menyentuh angka Rp 14.828 per US dollar (29 September 2015, liputan6.com). Namun, yang perlu juga diperhatikan adalah apakah kinerja tim ekonomi dalam negeri sudah

3 Alasan Kenapa Nilai Tukar Rupiah Melemah ?

Alasan nilai tukar rupiah melemah
Ada beberapa alasan yang menurut pengamat seperti Farial Anwar dan Presiden Jokowi menjadi pemicu terus melemahnya nilai tukar rupiah. Tiga diantaranya :
1. Spekulasi kenaikan suku bunga di AS (rencana naiknya suku bunga di AS)
2. Devaluasi Yuan (mata uang negara China)
3. Krisis di Yunani

Enry pengamat ekonomi sekaligus Direktur Eksekutif Indef menambahkan, adanya ruang spekulasi  di pasar uang (spekulan memborong dolar karena mendengar dugaan rupiah akan terus melemah,  akibatnya permintaan dolar tinggi) juga memicu terus melemahnya nilai tukar rupiah.

Rupiah Terpuruk, Kondisi Darurat !

Kondisi nilai tukar rupiah yang anjlok hari ini mencapai Rp 14 ribuan sudah harus dilihat sebagai kondisi darurat. Lanjutnya, menurut pengamat mata uang Farial Anwar pemerintah baiknya bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk melakukan sinkronisasi antara sektor fiskal dan moneter guna menghasilkan kebijakan yang dapat mendorong ekonomi tumbuh kembali.

Bank Indonesia telah mengeluarkan kebijakan batas maksimal pembelian dolar dari maksimal US$ 100 ribu per bulan menjadi maksimal US$ 25 ribu per bulan. Langkah BI ini pun diapresiasi oleh Farial. Tentunya ini dapat menekan permintaan terhadap dolar.

Perlambatan ekonomi memang terjadi juga di negara-negara tetangga dan lainnya, begitu kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor. 

Rupiah terpuruk, PHK Massal !

Hampir 1000-an karyawan dirumahkan oleh dua pabrik yaitu Panasonic Pasuruan dan Bekasi yang memproduksi lampu, begitu kata Said Iqbal, Presiden KSPI. Ancaman PHK massal bukan lagi ajang main-main. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyebutkan perhitungannya tentang angka PHK hingga sekarang adalah hampir 100 ribu pekerja. Penyebab PHK selain karena beberapa perusahaan tutup, juga karena nila tukar rupiah terhadap dolar yang terpuruk. Mengapa karena rupiah terpuruk ? Ini disebabkan banyak bahan baku produksi  industri di kita (Indonesia) masih impor dengan dolar (US$).

Mengatasi Rupiah yang Semakin Terpuruk !

Presiden Jokowi pun mengatakan bahwa beliau dan Bank Indonesia (BI) sedang dan telah bekerja keras mengatasi masalah nilai tukar rupiah yang terus melemah dan terpuruk ini. Oleh karena itu, masyarakat atau semua elemen harus bekerja dan bersatu membantu menciptakan satu garis instruksi dari Presiden.

Enry juga menyarankan untuk mengatasi hal tersebut, ketidakpastian di pasar valuta asing harus dihentikan pemerintah dengan memberi penjelasan di setiap program pemerintah. Lanjutnya, cadangan devisa yang dimiliki BI tentu memiliki angka terbatas dan tidak bisa terus-menerus digunakan untuk menjaga kurs rupiah (cadangan devisa disuntikkan di pasar uang).

Presiden Jokowi pun, mengatakan akan terus melakukan berbagai upaya, seperti anggaran akan dipangkas untuk mempercepat pertumbuhan. "Apa yang bisa dipotong akan dipotong segera", kata Jokowi.

Pesan Mimin untuk Blogger

Jika nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar, itu artinya negara lagi butuh dolar masuk. Maka, disini blogger Indonesia  bisa berperan. Blogger yang sedang dan sudah punya penghasilan dari luar dalam bentuk dolar, yuk tingkatkan penghasilan kalian. Tarik dan sedot semua dolar-dolar ke negeri ini. Mimin kira, hal ini setidaknya bisa membantu mengembalikan perekonomian kita yang sedang terpuruk. Blogger berperan ! meski kecil jangan disepelekan ! Pertaanyaan kenapa nilai tukar rupiah melemah bisa berubah menjadi kenapa nilai tukar rupiah menguat ? 

Penulis : Fajar M

Daftar Pustaka :
http://www.bbc.com
http://lipsus.kompas.com
http://news.metrotvnews.com
http://bisniskeuangan.kompas.com
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

2 comments

5 Oktober 2015 20.36 Delete comments

jujur sih sangat menguntungkan blogger yang berpenghasilan dolar tapi untuk indonesinya sendiri nambah sebuah kerugian

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon