#

Jumat, 20 November 2015

3 Contoh Kerja Sampingan Sabtu Minggu Yang Banyak Dibutuhkan

Kerja Sampingan Sabtu Minggu – Kebutuhan untuk memperoleh penghasilan atau uang kadang membuat kita harus mencari pekerjaan tambahan pada hari sabtu dan minggu. Ini merupakan hal yang wajar, disaat banyak orang menghabiskan akhir pekan di rumah atau berlibur, kita malah mencari uang. Umumnya pekerjaan ini dinamakan kerja “part time” atau paruh waktu.

Nyatanya tidak sedikit perusahaan atau orang yang membutuhkan karyawan tambahan atau karyawan paruh waktu. Bekerja di hari sabtu dan minggu menjadi pilihan terbaik bagi mahasiswa ataupun karyawan karena umumnya mereka libur. Namun ada juga yang bekerja atau kuliah hingga hari sabtu dan bisa mencari kerja sampingan di hari minggu saja. 

Bila anda memang sedang membutuhkan uang, maka tidak usah khawatir. Ada banyak pekerjaan part time. Berikut ini 4 contoh kerja sampingan yang banyak dibutuhkan :

1. Menjadi Pelayan Café atau Resto (Rumah Makan)

Kenapa café atau reso membutuhkan anda di hari sabtu dan minggu ? ya, akan ada banyak pelanggan berdatangan di akhir pekan. Biasanya jumlahnya berkali-kali lipat dari hari-hari biasa. Tentu beberapa café atau resto kewalahan melayani pelanggan yang begitu banyak. Mereka akan membutuhkan karyawan tambahan. Mereka lebih memilih untuk merekrut karyawan paruh waktu karena untuk hari sabtu dan minggu saja. Lebih hemat gaji dibanding merekrut karyawan tetap lagi, sebab di hari-hari biasa sebenarnya karyawan sudah cukup. Ini menjadi peluang bagi anda yang ingin bekerja paruh waktu, apalagi mahasiswa. 

 Kerja Sampingan Sabtu Minggu Jadi Pelayan

Saya sendiri bahkan pernah ditawari untuk bekerja part time di salah satu resto di Bogor ketika sedang melakukan wawancara tugas kuliah. Hanya saja saya tidak tertarik dan lebih memilih meneruskan mencari uang lewat bisnis online saat itu. 

2. Menjadi Sales Promosi (SPG/SPB)

Sales promosi sangat dibutuhkan di akhir pekan. Lihat saja, anda pasti akan banyak melihat SPG dan SPB bermunculan ketika jalan-jalan di akhir pekan. Tidak seperti hari-hari biasa. Tugas SPG dan SPB ini tentu untuk menawarkan produk-produk kepada pengunjung. Di akhir pekan pengunjung akan banyak datang ke mall dan tempat-tempat hiburan. Anda bisa mencarinya di google, ada banyak pekerjaan SPG/SPB part time. Berdasarkan pengalman beberapa teman saya, ia bisa diberi upah hingga Rp 100 ribu per hari, sangat lumayan. 

3. Menjadi Pemandu Wisata (Tour Guide)

Lonjakan pengunjung di akhir pekan juga terjadi di tempat-tempat wisata. Seperti halnya café atau resto, mereka akan membutuhkan karyawan tambahan. Pasalnya, ini dilakukan agar pelayanan di tempat wisata mekasimal dan bisa menghandle semua pengunjung. Beberapa teman saya pernah bekerja partime di agrowisata pada hari sabtu dan minggu dengan upah sampa Rp 150 ribu. Beberapa  bertugas memandu anak-anak TK dan memberikan pengetahuan septuar lokasi wisata tersebut. Untuk bekerja paruh waktu sebagai Guide, anda perlu keahlian pantang malu berbicara. Oleh karena itu latihlah kemampuan soft skill anda agar bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik. 

Sebetulnya masih banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan hari sabtu dan minggu. Beberapa perusahaan juga ada yang membutuhkan karyawan part time untuk dijadikan staff administrasi proyek. Itu tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan. Anda juga bisa bekerja berdasarkan proyek. Misal, mendesain sebuah website bila anda punya keahlian dalam web design. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencari uang, apalagi di internet. Anda bisa mencari banyak informasi mengenai pekerjaan paruh waktu di mesin pencari Google, atau bisa langsung menanyakan sekaligus menawarkan diri ke café atau resto, tempat wisata bilamana mereka membutuhkan karyawan tambahan.

Saya rasa itulah 3 contoh pekerjaan sampingan sabtu minggu yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Semoga bisa menambah wawasan.

|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

4 comments

21 November 2015 09.11 Delete comments

kalo usaha sampingan ada nggak kang fajar? yang bisa dilakuin sabtu minggu atau tengah malem gitu?

Reply
avatar
7 Desember 2015 00.14 Delete comments

waaah kerja sampingan yang menghasilkan tetapi tidak begitu menyita waktu :)

Reply
avatar
7 Desember 2015 07.00 Delete comments

banyak udah pernah dibahas disini kang ^_^

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon