#

Minggu, 08 November 2015

8 Alasan Mengapa Anda Harus Belajar Internet Marketing Sekarang Juga

ekspedisiilmu - Tahukah anda bahwa trend penggunaa telepon seluler di Indonesia selalu meningkat dari tahun ke tahun ? Berdasarkan data dari website resmi Kominfo.go.id bahwa jumlah pengguna telepon seluler di Indonesia (prabayar) pada tahun 2006 yang semula sekitar 16 juta jiwa, di tahun 2009 menjadi sekitar 80 juta jiwa. Mengapa harus belajar internet marketing ?

Mengapa Harus Belajar Internet Marketing

Terus, apa hubungannya dengan belajar internet marketing ? Lah tentu sangat berkaitan dong. Nanti akan kita bahas secara mendetail menggunakan data-data survei dari lembaga terpercaya. 

Globalisasi dan modernisasi erat kaitannya dengan perkembangan informasi dan teknologi. Ketika
produsen telepon seluluer atau handphone meluncurkan produk terbaru, darimana anda bisa tahu ? Sebagian besar masyarakat umumnya akan mencari informasi tersebut melalui fasilitas internet. Apalagi yang berkaitan dengan gadget dan barang-barang elektronik 'kekinian'. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII sebesar 49% pengguna internet di Indonesia berusia antara 18-25 tahun. Apa artinya ? Ini menandakan bahwa segmen pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang masuk dalam kategori generasi milenial yaitu yang lahir setelah tahun 1980.
Belajar Internet Marketing itu Penting

Apa Alasan Kita Harus Belajar Internet Marketing ?

Lantas, apa sudah cukup jelas mengapa anda harus belajar internet MARKETING sekarang juga ? bila belum cukup jelas berikut ini saya perjelas alasan-alasannya :

    Statistik pengguna internet meningkat pada tahun 2014
  1. Pengguna telepon seluler di Indonesia selalu meningkat dari tahun ke tahun  dan pada tahun 2009 menembus 80 juta jiwa (http://statistik.kominfo.go.id/). Sementara sebesar 85% pengguna internet di Indonesia melakukan aktivitasnya di dunia maya melalui telepon seluler. Jadi, sekarang kelihatan relevansinya. Jumlah pengguna internet akan naik seiring bertambahnya jumlah pengguna telepon seluler, bila trend ini terus terjaga.
  2. Tercatat ada 88,1 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014, dan itu naik dari tahun sebelumnya, seperti dikemukakan Ketua Umum APJII di halaman resminya. Bahkan sebetulnya bisa lebih dari itu.
  3. Berdasarkan survei APJII sekitar 78,5% dari seluruh pengguna internet di Indonesia berdomisili di Indonesia bagian Barat dan mungkin sebagian besar tinggal di kota. Artinya apa ? Ini potensi pasar, karena  gaya hidup dan pendapatan masyarakat perkotaan cenderung besar.
  4. Berdasarkan jenis kelamin, jumlah pengguna internet wanita lebih besar dari pria. persentasinya 51% wanita dan 49% pria. Tahu dong, wanita lebih doyan belanja ? Pasar bukan ya ? 
  5. Bila anda jago internet marketing, otomatis anda akan jago dalam hal pemasaran. Apapun produknya.
  6. Biaya pemasaran online jauh lebih murah berkali-kali lipat dibanding pemasaran melalui fasilitas dan media lain.  Bayangkan bila harus iklan di TV saat prime time kena Rp 50 juta per 30 detik. Bandingkan, bila iklan di blog dengan visitor 1000 per hari bisa gratis, paling modal koneksi internet saja.
  7. Menjangkau semua elemen masyarakat yang terkoneksi internet dari Sabang sampai Merauke.
  8. Hemat waktu, hemat biaya dan hemat tempat. Memasarkan sambil tiduran pun bisa dilakukan
Internet marketing atau yang biasa dikenal dengan singkatan IM, mulai banyak diminati. Tidak harus bergelar untuk bisa menguasai internet marketing, karena semua materi  bisa anda cari dan temukan di Google. Tinggal anda filter mana yang penting dipelajari dan mana yang tidak. Lebih bagus jika anda membeli buku tentang belajar internet marketing. Mulai dari bagaimana cara memasarkan produk di facebook, instagram dan media lain di dunia maya.

Bila anda memiliki website baca : Konsep Internet Marketing | Meningkatkan Trafik Pengunjung Website dengan White Hat SEO
Ada 3 buku yang dilebur menjadi 1 E-book yang saya rekomendasikan, "Paket Panduan Internet Marketer", meski harganya sekitar Rp 400 ribuan namun ini tergolong sangat murah. Jangan lihat dari harganya, tapi lihat dari sisi manfaatnya dan ilmu di dalamnya akan anda kuasai selama anda hidup. Namun itu kembali pada anda, bisa belajar secara otdidak di Google, buku, seminar, pelatihan/kursus boleh saja. Tergantung minat anda. Kalau saya saat ini menerapkan metode belajar otodidak dan dari buku atau e-book. Mengapa dari 2 itu ? Otodidak bisa bebas praktek nambah pemahaman mendalam dan materinya banyak di Google, namun kelemahann belajar otodidak bagai anak ayam yang kehilangan induknya. Oleh karena itu, saya butuh panduan, saya pilih buku dan beli e-book daripada ikut seminar dan pelatihan Internet Marketing/SEO yang kemarin saya dengar biayanya sampai Rp 1,5 jutaan (rontok duit). Anda juga bisa mendalami ilmu SEO pada E-Book "7 Langkah Jitu White Hat SEO". Ilmu SEO sangat penting untuk mendongkrak pegunjung pada webiste anda, namun kebanyakan teknik SEO yang dishare di internet rawan terkena penalty (hukuman) dari Google, dampaknya artikel anda bisa tidak ditemukan, lebih parah website yang tidak terindex google. Jadi teknik white hat SEO adalah cara paling aman. Belajar dari buku juga secara tidak langsung, belajar dari pakar internet marketer. Materinya pun pasti sudah lengkap, apalagi kalau dari banyak buku atau E-book.

Sekian artikel kali ini. Semoga dengan membaca artikel "8 Alasan Mengapa Anda Harus Belajar Internet Marketing Sekarang Juga" bisa membuka pikiran dan menambah wawasan anda mengenai peluang di masa depan.


penulis Fajar M

pustaka :
http://statistik.kominfo.go.id/
http://www.apjii.or.id/
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

3 comments

8 November 2015 20.00 Delete comments

nice artikel gan saya juga pengin belajar internet marketing . .sangat membantu gan artikelnya

Reply
avatar
8 November 2015 20.31 Delete comments

wah mantap nih,, harus cepet-cepet belajar internet marketing nih saya

Reply
avatar
8 November 2015 21.03 Delete comments

Seharusnya bukan dari sabang sampai merauke saja, seluruh dunia pun bisa menjangkaunya mas. Boleh dicoba juga tuh Ebook Internet Marketingnya.

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon