#

Sabtu, 07 November 2015

Alasan Peluang Usaha Ayam Bakar Masih Sangat Menjanjikan

ekspedisiilmu - Apa yang menjadikan usaha ayam bakar begitu menjanjikan ? Ada banyak alasan kuat dan valid yang mendukung. Mulai dari, para pelaku usaha ayam bakar yang sukses hingga data statistik selera masyarakat Indonesia yang menyukai daging unggas jenis ayam. Berdasarkan data Statistik Pertanian 2014 sebesar 66% total produksi daging nasional didominasi oleh daging dari jenis
unggas khususnya ayam pedaging. Adanya penawaran sebesar ini, secara tidak langsung menandakan bahwa permintaan daging ayam sangat tinggi di Indonesia. Tentu ini berarti selera masyarakat juga lebih dominan menyukai daging dari jenis unggas yaitu ayam.

Bukan sekedar persepsi, banyak bukti dari para pelaku usaha ayam bakar yang  sukses. Sebut saja Dymas asal Jawa Timur yang berhasil meraup omzet ratusan juta per bulan. Sempat jatuh bangun khususnya akibat isu flu burung pada tahun 2009, membuat 15 cabang usahanya tergerus hingga sisa 3 cabang. Namun, ia bangkit lagi  dan terus berjuang meyakinkan masyarakat bahwa produknya bebas dari flu burung. Sampai-sampai kini ia berhasil menjual sebanyak 250 ekor ayam bakar per hari. Omzet setahun menembus miliaran, kata Dymas seperti dikutip dari viva.co.id

Pelaku usaha ayam bakar lainnya yaitu Mbak Vera, karena tuntutan ekonomi membuat  ia terjun bisnis ayam bakar untuk mencukupi kebutuhan 2 anaknya. Suaminya hanya  mengantongi gaji Rp 700 ribu per bulan, tentu ini sangat sedikit. Mbak Vera membuka usaha ayam bakar dengan sebuah tenda kecil bergerobak. Padahal ayam bakar Mbak Vera ini hanya bisa dibawa pulang oleh pembelinya, artinya tidak bisa makan ditempat karena tidak ada biaya untuk mencari tempat lagi. Meskipun tidak sangat besar, keuntungan Rp 3 juta lebih per bulan sudah sangat lumayan  dan tentunya itu melebihi gaji karyawan lulusan S1 sekalipun, seperti dikutip dari dokterbisnis.net.

Mbak Vera juga mengaku modal Rp 2 juta sebetulnya termasuk kecil dibanding usaha kuliner lain. Namun bisa menghasilkan dan potensinya cukup menjanjikan.

Apa yang dikemukakan Mbak Vera tidak salah, sebab hampir setiap elemen masyarakat menyukai daging ayam. Selain sudah dikenal, aroma dari ayam bakar pun secara tidak langsung mempromosikan ayam bakar ini. Siapa saja pejalan kaki yang menghirup aroma asap dari  ayam bakar pasti akan merasa tertarik. 

Usaha Ayam Bakar Masih Sangat Menjanjikan
Ayam Bakar
Bahan baku utama yakni ayam pedaging atau broiler pun tidak sulit dicari. Meski kadang harganya naik turun, apalagi menjelang lebaran namun tetap masih terjangkau dibanding harga daging sapi yang berkali-kali lipat. Bila anda di Bogor, anda bisa membeli  daging ayam dari CV. Paramagadi di nomor 0857 7257 2877 atau 0813 8010 4742. Perusahaan ini biasa memasok ayam pedaging ke restoran-restoran maupun rumah makan, bahkan order tidak banyak pun sangat dilayani.

Beberapa tips bagi anda yang tertarik atau hendak membuka usaha ayam bakar, yaitu sebagai berikut:
  1. Buatlah nama lapak (dagang) yang menarik, unik dan gampang diingat. Ini cukup penting karena nama yang unik akan memberi kesan pada orang yang mendengarnya dan selalu diingat.
  2. Usahakan tempat atau lapak dagang diberi penerangan yang cukup dan upayakan tempat bersih serta kualitas bahan yang baik. Jangan tertarik membeli ayan yang sangat murah tanpa anda tahu kualitasnya. Bila terjadi sesuatu pada pelanggan, ini akan sangat berbahaya dan berdampak pada usaha anda. Jadi utamakan keamanan hidangan.
  3. Upayakan untuk selalu mencoba resep-resep baru yang enak agar menghasilkan cita rasa ayam bakar yang sempurna. Ini bisa anda lakukan dirumah saat memasak atau menganggarkan dana untuk uji coba resep.
  4. Bersikaplah ramah dan lakukan pelayanan dengan baik. Jangan sampai pembeli merasa tidak dihargai atau diabaikan ketika hendak membeli. Budayakan untuk selalu tersenyum dan sapa setiap pembeli yang masuk meskipun dengan hanya mengatakan "silahkan masuk aja". Pembeli sangat senang jika dihargai meski harus menunggu antrian.

Nah, jadi ayam bakar meurpakan usaha yang masih sangat menjanjikan. Semoga dengan membaca artikel ini membuat pikiran anda terbuka untuk memulai usaha di bidang kuliner

sumber :

http://bisnis.news.viva.co.id/
http://www.dokterbisnis.net/
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

8 comments

7 November 2015 20.18 Delete comments

wah mantap nih, bisa jadi peluang usaha nanti nih klo kandas di bisnis blogger ini sebagai publisher adsense

Reply
avatar
7 November 2015 20.23 Delete comments

Kesukaan gw banget gan kalo di rumah makan pasti gw pesennya ayam bakar...joss banget dah emang bener banget gan

Reply
avatar
7 November 2015 20.23 Delete comments

Kesukaan gw banget gan kalo di rumah makan pasti gw pesennya ayam bakar...joss banget dah emang bener banget gan

Reply
avatar
7 November 2015 20.29 Delete comments

bisa jadi sumber inspirasi buat buka usaha , tapi lebih baik lagi kalau dikenalkan sampai ke dunia internet misal fanspage jadi punya penggemar sendiri

Reply
avatar
7 November 2015 20.31 Delete comments

Usaha ayam bakar memang yahud sih....apalagi rasanya ayam bakar juga lumayan enak. BOleh boleh

Reply
avatar
7 November 2015 20.35 Delete comments

usaha berbahan dasar ayam memang ga ada matinya gan,,
patut dicoba nih tipsnya :)

Reply
avatar
7 November 2015 20.38 Delete comments

Bagus nih memang kebanyakan orang menyukai ayam jadi usaha ini bisa di bilang sangat menjanjikan.

Reply
avatar
7 November 2015 21.16 Delete comments

Bisnis yg berbahan dasar ayam memang sangat menjanjikan mas. Mayoritas orang yg menyukai ayam itu sangatlah banyak. Dan ayam itu termasuk favorit saya mas :D

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon