#

Minggu, 01 November 2015

Fujiko Pencipta Kartun Doraemon - Karya Sederhana Yang Mengguncang Dunia

Siapa sangka melalui kartun sederhana Doraemon ini karyanya sukses mendunia dan terpilih sebagai salah satu Asean Heroes pada majalah Times tahun 2002. Kartun Doraemon pun laris di Indonesia baik dalam versi komik, souvenir maupun film. 

Sang Creator

Fujiko sang pencipta kartun Doraemon mempunya nama asli Fujimoto Hiroshi. Fujiko F.Fujio sebenarnya adalah nama pena dari Fujimoto. Ia lahir pada tanggal 1 Desember 1933 dan meninggal dunia pada 23 September 1996.

Karir sukses kartun Doraemon tidak datang dari Fujimoto seorang diri melainkan juga berkat teman lamanya Abiko. Doraemon dibuat oleh mereka berdua.

Namun kartun tersebut dipopulerkan oleh Fujimoto. Ia baru mengumumkan Doraemon pada tahun 1969 di majalah anak-anak untuk kelas 4 SD. Ide karakter Doraemon sendiri muncul ketika ia pulang ke rumah dan teringat kucing liar yang pernah tinggal dengannya.

Doraemon Kayra sederhana yang mendunia
Kartun Doraemon
Ia kemudian menuangkan ingatannya itu untuk dijadikan tokoh kucing Doraemon.  Nama ini terdiri dari dua patah kata yaitu Dora dan Emon. Bila digabung kurang lebih  artinya "Stray male cat" (kucing liar jantan). Lebih lanjut ia menemukan ide seperti ini " seorang anak laki-laki pemalas (Nobita), didatangi robot kucing dari masa depan yang punya kekuatan ajaib mengeluarkan benda- benda canggih berguna dari kantungnya. Doraemon dikirim untuk membantu Nobita akan masa depan nasibnya karena kebodohannya.

Cerita kartun doraemon juga memberikan dampak positif dan berisi nasihat bahwa anak malas seperti Nobita seharusnya bisa mandiri dan tidak tergantung pada Doraemon. Pesan lain yang tak tersirat pula adalah bahwa dengan adanya teknologi canggih memungkinkan semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Itulah mengapa anak-anak ke depan harus menjadi generasi yang bisa membuat teknologi canggih.

Fujiko alias Fujimoto Pencipta Kartun Sederhana Doraemon yang Karyanya Menduni
Doraemon ini terbit dalam majalah "Anak Baik",TK, SD kelas 2 sampai dengan kelas 4. Awalnya kartun Doraemon belum dibuat animasi. Baru pada tahun 1970 muncul ide untuk menganimasikan cerita tersebut. Sekitar tahun 1990, kartun ini masuk ke Indonesia dan tanpa diduga sangat laku.

Hanya saja kesuksesan Fujimoto tidak bisa ia nikmati selamanya, sang creator meninggal dunia pada tahun 1996 karena kanker yang diderita. Sampai sekarang kartun ini masih diputar di televisi Indonesia dan laris di dunia. Doraemon pun pernah diberikan penghargaan sebagai duta budaya Jepang tahun 2008 oleh Kementrian Luar Negeri Jepang.

Jangan lewatkan : "2 Tokoh sukses dunia yang produknya banyak digunakan saat ini"

Komentar Saya Tentang Doraemon

Kartun Doraemon merupakan kartun yang tidak pernah lekang oleh waktu hingga saat ini. Kenapa ? saya juga tidak tahu. Yang jelas, bahkan saya yang berusia 20 tahun masih punya hasrat untuk menonton kembali film-film kartun Doraemon di televisi dibanding menonton kartun Dragon Ball dsb. Saya tertarik karena banyak pesan-pesan moral yang disampaikan dalam cerita Doraemon yang kadang membuat saya menangis. Misalnya saja pada kartun Doraemon the movie. Kalau tidak salah, yang paling mengharukan pada cerita dimana sisuka perwakilan dari penghuni bumi hadir pada sidang di kerajaan langit untuk memberi kesaksian siapa yang salah sehingga bumi menjadi rusak. Terus terang cerita ini membuat saya menangis. Padahal saya sudah gede loh.

Saya kira inilah kehebatan kartun Doraemon yang sebetulnya ide ceritanya sederhana, namun bisa mengguncang dunia. Fujimoto memberikan inspirasi kepada kita bahwa untuk sukses lebih baik memulainya dari hobi atau passion dan tidak selalu harus memulai dari hal yang rumit. Bila anda totalitas dan senang, karya yang sederhana pun bisa mendunia

Penulis Fajar M

Sumber :
biografi.com
kompasiana.com
franswinata673.blogspot.com (sumber gambar edited)
japanesestation.com (sumber gambar edited)
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

3 comments

8 November 2015 20.04 Delete comments

Artikel nya sangat bermanfaat gan :)

Reply
avatar
8 November 2015 20.31 Delete comments

saya sangat senang pas kecil dulu suka nonton kartun dora emon, tapi sekarang juga masih sering nonton tuh film, soalnya bagus sih kartunnya

Reply
avatar
8 November 2015 21.31 Delete comments

waaah kartun kesayangan gue nih wktu kecil,, :)
informasinya bermanfaat gan

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon