#

Sabtu, 21 November 2015

4 Peluang Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakukan Sambil Bekerja

Peluang usaha modal kecil ternyata banyak ragamnya dan bahkan sebagian besar mudah dilakukan sambil bekerja. Seringkali kita terlalu memikirkan resiko berlebihan. Nyatanya, bisnis modal kecil sangat minim resiko dan berpotensi bisa dikembangkan secara maksimal. Semua itu tergantung pada keputusan pribadi. Pada dasarnya setiap penghasilan dari usaha akan sangat sesuai dengan cara kita berupaya. Inilah kelebihan berwirausaha. Bila anda totalitas, hasilnya pun insallah akan maksimal, beberapa bisnis mungkin butuh waktu, namun semuanya akan terasa ringan bila anda menikmatinya. 
U
saha kecil-kecilan adalah cara terbaik untuk memulai usaha. Justru dari usaha kecil inilah biasanya tumbuh ide-ide cemerlang untuk melakukan bisnis secara ‘full time’. Bila anda memulai langsung bisnis yang besar, tentu resikonya sangat tinggi.

Beberapa usaha bisa dilakukan sambil bekerja bahkan kapanpun anda mau, artinya tidak terikat waktu. Namun bukan berarti tanpa deadline, karena semua pekerjaan atau bisnis harus punya target agar usaha anda cepat berkembang. 

Baiklah, kali ini saya akan membagikan peluang usaha modal kecil yang bisa dilakukan sambil bekerja paling potensial saat ini.

1. Usaha Jual Beli Online 

Peluang Usaha Modal KecilBila anda suka online, manfaatkanlah untuk berbisnis online salah satunya jual beli online. Anda bisa menjadi reseller mencari barang dari supplier di internet dan menjualnya kembali di situs jual beli online seperti Tokopedia, Kaskus, Bukalapk, Yukbisnis, OLX, Jualo dan sebagainya. Mulai menyetok barang, namun tidak perlu banyak-banyak bisa 2 atau 6 pcs saja dahulu. Bila laku baru stok lebih banyak. Namun anda juga bisa melakukan jual beli online tanpa menyetok barang terlebih dahulu, sistem ini dinamakan dropshipping online. 

Dropshipping adalah bisnis dimana kita menjualkan barang pedagang via online tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu. Sistem ini hampir mirip dengan ‘reseller’. Anda bisa membaca ulasan secara lengkap tentang bisnis dropshipping online di artikel saya sebelumnya “Tutorial Usaha Dropship Online
Karena tidak perlu menyetok barang, maka modal anda hanya internetan saja. Lebih baik bila punya hp bb atau smarphone bisa bertransaksi via blackberry messenger.  Dengan menjadi dropship, anda bisa melakukan promosi dan penjualan kapan saja dan disesuaikan dengan jam kerja.

2.  Usaha Pulsa dan Token Listrik

Siapa bilang berjualan pulsa dan token listrik harus membuka konter ? Sebagai contoh ada beberapa member di Server Timi Pulsa yang berjualan pulsa dan token listrik di tempat kerja. Bahkan ia mengambil ceruk pelanggan dari keryawan perusahaan tersebut dengan jumlah transaksi yang cukup banyak. 

Usaha jualan pulsa dan token listrik pun tidak membutuhkan modal banyak. Anda bisa memulainya dengan deposit Rp 50 ribu dan setelah itu anda sudah bisa berjualan pulsa dengan saldo yang dimiliki sebesar 50 ribu. Bila anda berminat silahkan mendaftar di Server Timi Pulsa, pendaftaran tidak dipungut biaya sedikitpun. Yang perlu anda butuhkan hanya 1 buah handphone untuk transaksi dan uang Rp 50 ribu untuk membeli saldo (deposit saldo), itu saja.

3. Usaha lelang artikel 

Bila anda hobi menulis, maka ini peluang yang baik. Cobalah pelajari sedikit mengenai cara bagaimana membuat tulisan anda berkaidah SEO. Setelah itu, buat sekitar 10 artikel tentang niche atau topic tertentu misalnya ‘kesehatan’. Anda bisa melelang artikel anda di forum Ads.id. Ini sangat potensial, mengingat banyak pemilik website membutuhkan artikel banyak untuk diposting di web mereka. Pastikan bahwa artikel anda memang berkualitas dan tidak copy paste serta berkaidah SEO. 

4.  Usaha jual foto di situs jual beli foto (stok foto)

Banyak orang tidak tahu, bahwa foto bisa dijual via internet di beberapa situs jual beli foto. Salah satu situs tersebut adalah Shutterstock.com. Cobalah pelajari bagaimana cara mendapatkan foto berkualitas dan bersifat komersil. Anda bisa melihat pasar dahulu, kira-kira foto apa yang sedang dibutuhkan. Tentu, foto-foto anda akan diseleksi dan bila layak maka bisa mempromosikannya di situs jual beli foto atau lebih dikenal sebagai stok foto. 
Tentu saja, mengambil foto tidak butuh modal. Bahkan bila anda kebetulan punya hp berkamera bagus, bisa menjadi peluang untuk digunakan. Silahkan baca artikel saya lainnya "Cara Menjual Foto di Internet"

Nah, 4 contoh peluang usaha modal kecil diatas merupakan yang terbaik dan paling rasional dilakukan oleh seorang karyawan yang masih bekerja. Pada artikel ini saya selalu memuat artikel yang relevan. 

Satu yang perlu anda ingat, fokuslah pada salah satu usaha di atas. 

Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal bila tidak fokus pada salah satu usaha, kecuali memang anda menikmatinya. 

Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

1 comments

24 November 2015 01.17 Delete comments

nomor dua emang opsi yang paling cocok bagi siapapun dan mudah dilakuin, apalagi yg namanya pulsa. semua orang membutuhkanya.

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon