#

Senin, 02 November 2015

Cara Pemasaran Online yang Efektif Nyaris Tanpa Biaya

Ekspedisi Ilmu - Cara pemasaran online yang efektif seringkali membutuhkan biaya dan itu menjadi kendala bagi anda yang bermodal minim. Beragam cara bisa anda temukan untuk mendongkrak penjualan produk. Namun tidak semuanya akan efektif. Anda butuh beberapa cara saja dan mendalaminya. Pemasaran sungguh bukan hal yang mudah karena kita bersaing dengan strategi pemasaran kompetitor. Apalagi bila kompetitor anda adalah pesaing yang punya modal besar. 

Tahukah anda berapa biaya iklan di stasiun televisi Indonesia ? Sebut saja di Trans TV biaya iklan pada prime time atau di atas pukul 17.00 WIB yaitu sebesar Rp 50 juta per 30 DETIK. Wow ? fantastis. Tentu ini bukan tipe rencana anggaran pemasaran anda. 

Ketika merintis bisnis, apalagi masih awal dan belum punya nama anda dituntut untuk berpikir cerdas dan bekerja keras. Ini bukan rahasia, tetapi realita. Brand positioning atau melekatkan merk dibenak konsumen butuh waktu yang panjang. Bahkan, untuk sekelas Gojek butuh sekitar 3-4 tahun hingga akhirnya nge-hits dan diberitakan di media massa. Memang beriklan di media massa khususnya stasiun televisi bisa mendongkrak brand positioning produk anda dan menjadi cepat dikenal. Namun sekali lagi, itu bukan tipe pemasaran anda yang bermodal minim. 

Nah, oleh karena itu disini akan dibagikan cara pemasaran online yang efektif nyaris tanpa biaya. Simak cara berikut ini :

Untuk jangka panjang : "Buat Website atau Blog"
  • Buat blog dan kembangkan sampai banyak pengunjung. Rajin update publish artikel (jangan copas). Ingat anda harus membuat blog yang satu ceruk dengan produk anda. Misal jual kemeja, berarti blog anda harus tentang fashion. Bila sudah mahir bikin blog yang banyak minimal 5 blog yang mendukung produk anda. Anda bisa bekerjasam dengan teman untuk membangunnya. Pelajari tentang membuat blog cari di google. Bila ada sedikit budget anggarkan 10 rb per bulan untuk meningkatkan profesionalitas blog toko online dengan membeli domain Rp 120 ribu per tahun. Bisa baca artikel saya yang lain tentang "Kelebihan Membuka Toko Online".

Untuk jangka waktu cepat : 

"Melalui situs jual beli online gratis seperti bukalapak.com, kaskus.com, berniaga.com, tokopedia.com, yukbisnis,com, dan sebagainya". 
  1. Buat tulisan promosi di notepad. Tulis deskripsi produk mulai dari nama produk, harga, bahan, manfaat, kelebihan, (diskon), dsb.  Bila anda tangan pertama atau produsen, saya sarankan membuka penawaran reseller dan dropshipper. Pelajari materinya di "Tutorial Berbisnis Online Dropshipping"
  2. Siapkan display produk (gambar) untuk diupload ke situs jual beli online gratis.
  3. Daftar di situs jual beli online gratis yang disebutkan diatas.
  4. Setelah terdaftar pasang iklan produk anda di situs tersebut. Tinggal copas saja tulisan promosi anda + upload gambar produk yang sudah anda sediakan.
  5. Lakukan hal tersebut di sebanyak mungkin situs jual beli online gratis. Ini bisa memberikan banyak akses bagi konsumen untuk mengetahui produk anda.
"Melalui media sosial"
  1. Buat akun facebook dan instagram (2 media sosial ini punya prospek yang masih baik).
  2. Di facebook, carilah grup yang berhubungan dengan produk anda. Misal anda menjual kemeja, cari grup jual beli baju, jual beli online, dsb. Promosikan produk anda di banyak grup yang relevan dengan produk yang anda jual.
  3. Sambil berjalan, tambahkan banyak teman yang ada di grup atau fanpage se-niche (berhubungan) dengan produk anda. Jika teman banyak anda lebih mudah mempromosikan di akun facebook anda.
  4. Untuk Instagram, pertama buat akun instagram dengan nama yang relevan dengan produk anda. Bisa juga nama brand. Harap baca ilmu pemasaran via instagram pada artikel ini "Teknik berjualan di Instagram"
  5. Cari akun instagram kompetitor anda atau yang berhubungan dengan produk anda. Follow para pengikut akun tersebut sebanyak-banyaknya agar mereka follow balik dan melihat produk anda.
Cara-cara diatas sebetulnya sangat sederhana dan umum dipraktekan bagi yang mengetahuinya. Satu kuncinya "konsisten dan mau kerja keras". Ini syarat utama bagi yang punya modal sedikit. Yang punya modal besar saja masih mau kerja keras, apalagi kita ?.

Nah itulah cara pemasaran online yang efektif nyaris tanpa biaya. Anda bisa melakukannya dimanapun berada selama ada akses internet.

Penulis Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon