#

Kamis, 03 Desember 2015

5 Contoh Bisnis Online Paling Cocok Untuk Mahasiswa Tanpa Menyita Waktu

Ads Publishing, Blog Flipping, Affiliate Marketing, Dropship Online dan Lelang Artikel merupakan 5 contoh bisnis online yang sangat cocok untuk mahasiswa karena tidak menyita waktu dan tidak butuh modal uang. Selain menghasilkan, dengan menjalankan bisnis online bisa mengasah kreatifitas kita. Seringkali yang paling sulit adalah mengkonversi kreatifitas (bisa berupa pengetahuan atau keahlian) menjadi uang atau pendapatan. Padahal ini bisa mengantarkan mereka menjadi pebisnis.
Ini juga saya rasakan dan alami. Saya merasa cukup pengetahuan tentang desain gambar dan editing video (meski amatir), namun saya sulit mengkonversinya jadi earnings. Setelah saya cari tahu. Sempat mencoba beberapa kali menjadi penulis artikel juga, tetapi saya merasa bosan dan tidak semangat. Saya lebih suka menikmati tulisan artikel sendiri yang kemudian saya publish di blog atau kadang lebih memilih jalan melelang artikel.

3 Alasan mengapa Bisnis Online jalan terbaik mencari uang bagi mahasiswa :
  1. Mudah dilakukan asal mau belajar dan membaca.
  2. Contoh 5 Bisnis Online ini sengaja saya pilih agar mahasiswa merdeka dalam segi waktu. Baik Ads Publishing sampai Lelang artikel bisa anda lakukan kapan saja, sepulang kuliah atau ketika di kampus dan tidak terikat deadline kecuali anda sendiri yang menentukan deadline. 
  3. Hampir dipastikan modal menjalankannya hanya kemauan dan laptop atau smartphone saja. Biaya bulanan paling kuota internet yang sudah biasa.
Berapa modal awal untuk memulai bisnis online anda ?
Mario Braker menjawab 

“Modal uang sih hampir gak ada, cuma harga diri dan reputasi...”

Nama lengkapnya adalah Setyo Eko Wicaksono, pria kelahiran Solo. Mario Braker sudah menekuni bisnis sejak di bangku kuliah mulai dari jual pulsa, pakaian, sepatu, keripik, laundry sampai hp. Akhirnya meroket pada bisnis toko online yang ia bangun bersama adkinya dengan menjual produk tas fashion (tasbandoeng.com).

contoh bisnis online bagi mahasiswa
Sebelum saya ulas 5 contoh bisnis online ini, satu hal yang perlu kita kutip dari pernyataan Mario Braker yaitu “reputasi”. Bisnis online adalah masalah kepercayaan. Bila orang sudah tidak percaya, maka sulit bagi anda untuk berkembang. Maka dari itu, jangan sekali-kali melakukan penipuan. Bisnis online adalah “bisnis jarak jauh” dimana kita bertransaksi tanpa bertemu langsung. Reputasi juga berkaitan dengan pelayanan dan kualitas, biasanya akan membangun efek viral. Bila pelanggan puas, mereka pasti merekomendasikan anda dan membicarakan tentang anda kepada teman-teman mereka.

Daripada penasaran, Ini Ulasan Bisnis Online yang sangat cocok bagi mahasiswa karena tidak didikte waktu :

1. Ads Publishing

Dengan kata lain “Menjadi Publisher Iklan”. Biasanya ini lahan Blogger. Mereka bersemangat ketika berhasil menjadi publisher Google Adsense yang membayar mereka per klik pengunjung dengan bayaran cukup tinggi (dibanding jaringan iklan lain). Jadi, untuk menjadi publisher, minimal anda harus punya blog atau bisa juga membuat aplikasi yang nanti dipasang iklan. Tips dan panduan dari saya :
  • Buat blog, anda harus rutin menulis artikel (misal 3 kali seminggu mempublish artikel).
  • Tingkatkan pengunjung blog sampai ribuan.
  • Tunggu blog berumur 3-6 bulan dengan artikel lebih dari 20.
  • Daftarkan Google Adsense. 
Silahkan cari referensi selengkapnya mengenai membuat Blog untuk Google Adsense.

2.  Jual Beli Blog (Blog Flipping)

Entah kenapa disebut blog flipping, yang pasti ini bisnis “Jual Beli Blog”. Syarat utamanya anda harus memiliki blog yang cukup berkualitas dan layak jual. Blog seperti apa yang layak diperjual belikan ?
  • Memiliki pengunjung yang banyak (high traffic), blog dengan jumlah pengunjung tinggi bahkan disukai oleh perusahaan bisa dibeli dengan harga hingga puluhan juta.
  • Jumlah posting (artikel) banyak 50 sampai ratusan artikel lebih baik.
  • Isi konten bukan hasil copy paste (Blogger professional tidak pernah menulis konten copy paste)
  • Berniche (tema spesifik : Fashion, Teknologi, Kesehatan dan lainnya)
  • Dilihat dari Page Rank > 0, Alexa Rank  kurang dari 1 juta, Page Authority dan Domain Authority yang tinggi dan semua artikel terindex oleh mesin pencari minimal Google.
  • Berdomain TLD (bukan ...blogspot.com tetapi ....com, ...web.id, ...org.id, dll) Membeli domain sangat murah, per tahun nya hanya berkisar Rp 120.000
  • Desainnya tidak amatir (setidaknya enak dilihat).
Bagaimana cara menentukan harga blog ?

Salah satunya bisa melihat dari www.websitepricecheck.com. Anda bisa mengecek harga blog anda di situs tersebut sebagai patokan. Setiap situs website checker, memiliki penilaian berbeda. Web ekspedisi ilmu ini dinilai sebesar $ 480 atau sekitar Rp 4,8 juta (rate Rp 10 ribu) oleh situs price checker tersebut. Namun ini masih tergolong rendah karena Alexa rank web ini masih kisaran 1 juta (per 3 Desember 2015) dan faktor lainnya.

jual beli blog cek dulu harganya

Anda bisa juga membeli blog orang lalu dijual kembali. Ini menjadi alternatif daripada membangun blog sendiri yang belum tentu berkualitas.

3. Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi, secara sederhana adalah memasarkan produk tertentu dengan cara menyebarkan link. Habibie Afsyah sukses berbisnis online dengan afiliasi amazon. Sistem affiliasi seperti ini :

Anda mendaftar menjadi affiliate (misal amazon.com) - > lalu akan diberi link produk affiliate -> anda sebarkan link tersebut bisa ke sosial media, blog, website, messenger dll -> bila ada yang klik link, akan diarahkan menuju website amazon dan bila terjadi penjualan, komisi akan diberikan untuk anda.

Bagaimana amazon mengetahui bahwa itu pelanggan dari link anda ? Ini sistem yang bekerja dan setiap link affiliate akan berbeda-beda, oleh karena itu anda hanya boleh menyebarkan link anda agar terdeteksi setiap pelanggan yang mengklik link itu adalah hasil referensi anda.

Besarnya komisi tergantung penyedia affiliate. Umumnya semakin mahal produk semakin besar komisinya. Penyedia affiliasi di Indonesia salah satunya Lazada Indonesia, anda bisa mendaftar jadi affilate. Namun kelebihan mengikuti afiliasi amazon adalah kita dibayar dengan dollar, biasanya keuntungannya cukup besar, namun tentu kita harus bisa memasarkannya. Tidak semua orang tahu cara beli produk di Amazon karena situs luar.

4. Dropship online

Ini merupakan bisnis termudah dan yang menjadi sumber pendapatan saya ketika masih kuliah. Cara kerja bisnis ini :

Mendaftar jadi dropshipper di situs penjual -> mempromosikan produk penjual -> bertransaksi dengan pelanggan -> penjual mengirim langsung ke pelanggan tersebut atas nama anda.

Anda tidak perlu menyetok barang, tidak seperti reseller. Tugas anda hanya mencari pelanggan. Ketika ada yang berminat membeli, tinggal hubungi penjual tanyakan stoknya. Bila barang tersedia, konfirmasi bahwa barang ada dan suruh pelanggan mentransfer ke rek anda dan mengetikkan data diri/alamat. Setelah itu, anda mentransfer ke rek. Penjual dengan memberi data diri pelanggan. Segera, penjual akan mengirim barangnya ke alamat pelanggan dengan atas nama anda.

Silahkan cari saja di Google dengan kata kunci “Daftar dropship”, nanti akan muncul para penjual yang menawarkan kerjasama dropship. baca artikel : Tutorial bisnis Dropshipping Online

5. Lelang Artikel

Anda tahu arti lelang kan ? Ya, syaratnya harus punya beberapa artikel berkualitas, berkaidah SEO dan bukan hasil copy paste. Siapa yang mau beli ? Wah, banyak gan. Para pemilik website membutuhkan banyak artikel untuk diposting di blog/web mereka agar tetap update. Mereka umumnya tidak punya waktu menulis artikel, makanya kalau tidak pake jasa content writer, maka membeli artikel di forum-forum.  Salah satu forum yang saya kenal banyak dilakukan transaksi lelang artikel adalah “ads.id”. Silahkan anda mendaftar di forum tersebut dan cari topik “Trade”.

forum jual beli blog dan lelang artikel serta plugin


Di forum bertopik ‘Trade’ anda bisa melelang artikel juga bisa melelang blog/website. Saya jamin pasti direspon selama artikel anda berkualitas. Sebab, selama saya menjadi anggota forum, hampir belum menemukan lelang artikel yang sepi, kecuali mungkin kontennya hasil jiplak (copy paste). Tentu anggota forum tersebut terdiri dari banyak webmaster atau praktisi di dunia online, web, developer dll. Jadi jangan tanyakan, bagaimana cara mereka mengetahui sebuah artikel hasil copy paste atau bukan ? Saya sendiri sedikitnya bisa mengetahui sebuah artikel hasil jiplak atau bukan. 

Untuk mengecek artikel anda (jiplak atau tidak), kunjungi situs ini  smallseotools.com/plagiarism-checker/. Copy dan pastekan dikolom yang disediakan, lalu silahkan cek. Bila lebih dari 80% berarti semakin bagus bisa dikatakan lolos dan bukan hasil jiplak. Nilai paling bagus adalah 100%.

Satu lagi, biasanya artikel yang dilelang minimal per 10 artikel. Jadi lebih baik anda kumpulkan 10 artikel dulu (bisa membuatnya sendiri atau membeli dari orang lain) dan harus satu “niche”. Saya sempat lupa, ini kriteria lelang artikel :
  1. Bukan hasil copy paste
  2. Biasanya dijual per 10 artikel. Ke-sepuluh artikel itu harus satu niche, misal topiknya kesehatan semua.
  3. Kesepuluh artikel tersebut harus memiliki jumlah kata yang setara. Misal 500-an kata. Anda akan sulit menjual bila setiap artikel berbeda jumlah katanya. Biasanya harga satu artikel 500 kata Rp 9.000 – Rp 10.000. Jadi bila menjual 10 artikel jadi sekitar Rp 90 – 100 ribu.
  4. Berkaidah SEO dan mengandung kata kunci (pelajari cara membuat artikel SEO)
Kurang lebih itu kriteria lelang artikel yang umum diketahui di forum. Bila anda hobi menulis, ini akan sangat membantu untuk menghasilkan uang.
Sebetulnya masih banyak bisnis online lain. Dari blog sendiri anda bisa melakukan banyak variasi bisnis. Mulai dari jual beli (foto, template, plugin, software, ebook, baju), ads publishing (paid review, cpa,cpm,cpl,cpc,ctr dan lainnya), affiliate (amazon, lazada, yukbisnis) dan sebagainya.
Silahkan dipilih, yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda. Ingat, nyari kerja sekarang itu susah, lebih baik sedini mungkin belajar bisnis. Contoh bisnis online ini sangat cocok bagi mahasiswa karena tidak terikat waktu, artinya anda bisa menentukan waktu dan targetnya. Semoga bermanfaat.

Lihat juga : Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Dipelajari Sendiri

Fajar M

(Silahkan share artikel ini, mudah-mudahan membantu. Namun dilarang menjiplak untuk dimuat ulang di blog/website lain - Say No To COPY PASTE)
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon