#

Senin, 21 Desember 2015

Aku Bertanya Apa Arti Sukses Sebenarnya ?

Kunci hidup sukses adalah menyadari bahwa anda merasa cukup. Setelah memahami anda cukup, maka tercipa ruang dalam kesadaran anda yang memungkinkan penyetelan kembali keadaan harmonis dengan diri. 
Bila kita membiarkan diri digerakkan oleh pengaruh dunia, perhatian kita menjauh dari apa yang diharapkan oleh jiwa. 
Seperti kata pepatah: Ketika perhatian pergi, energi mengalir. Kita adalah produk dari masyarakat yang sering mendefinisikan kesuksesan dalam hal materi. Namun, kesuksesan sejati ditunjukkan oleh keutuhan, yang hanya bisa anda capai bila berjalan sesuai dengan apa yang ada dalam jiwa anda. Semua orang bahagia, sehat, merasa damai, kreatif, saling mencintai, menghargai, memberi, terpenuhi dan penuh dengan rasa kasih sayang. Melihat kesuksesan dari tingkat materi atau status keuangan yang diperoleh melalui ambisi hanya membuat anda paham sebagian kecil dari potensi jiwa.

Anda harus memberikan diri anda kebebasan terhadap gairah hidup sebenarnya. Ini berarti bahwa anda harus jujur tentang apa yang anda inginkan untuk bisa berhasil. Anda ingin memulai dari mana, maka lakukanlah. Bermimpilah besar sebentar, setelah itu pikirkan darimana sebaiknya anda memulai. 

Meskipun berat, penghasilan sedikit namun pada akhirnya anda akan menyaksikan bunga-bunga jiwa anda sebagai hasilnya. 

Menikmati Proses

Jangan berpikir tentang usaha potensial hanya dalam hal waktu, biaya dan hasil tetapi apakah anda akan menikmati ketika melakukannya. Anda tidak akan bisa melewati proses terlalu lama tanpa merasa senang melaluinya. Itulah kenapa passion selalu menjadi kata yang sering kita dengar.

“Kita terlalu banyak menyoalkan tentang sukses,  tapi apakah sukses hanya diartikan sebatas Uang, Rumah, Mobil, Pekerjaan elite ? Oh Bukan itu kawan”

apa arti sukses sebenarnya
Islam sendiri mengartikulasikan sukses dengan 2 tujuan yaitu dunia dan akhirat. Maka, sebaik-baiknya pria sukses adalah ia yang selain merasa cukup di dunia juga merasa punya cukup waktu untuk beribadah dan beramal shaleh sehingga tujuan akhirat bisa dicapai.

Sadar atau tidak, namun inilah yang sebenarnya kita rasakan. Kita semakin bersemangat ketika ada cinta. Apa yang saya cintai ? yaitu membangun keluarga yang bahagia dengan rasa cinta dan kasih sayang Allah SWT. 

Kita harus punya alasan untuk mengejar kecukupan dalam hidup, bukan haus materi. Boleh jadi, terlalu kaya malah membuat anda khilaf dan menjerumuskan anda kelak di akhirat. 

Saya selalu menganggap bahwa tetangga saya sukses. Dengan peralatan kayu dan bangunan, dan terlihat warung kecil di ujung jalan, itulah sumber penghasilan mereka. Namun saya selalu mendengar tawa dan keceriaan anak-anak. Sungguh saya merasa tersanjung dan kadang ingin rasanya meneteskan air mata. Saya selalu terharu ketika ada keluarga sederhana yang merasa bahagia. Entah kenapa, rasanya inilah kebahagiaan sejati.

Sebenarnya sederhana. Anda bisa menjudge diri anda berhasil bila tidak ada gap antara harapan dan kenyataan. Oleh karena itu, gaya hidup bisa menentukan definisi sukses anda.

Mungkin inilah yang dialami keluarga kecil yang bahagia. Mereka tidak banyak meminta untuk dunia, karena mereka tidak dikendalikan oleh gaya hidup. Melakukan pekerjaan hari demi hari tanpa memikirkan bagaimana agar cepat kaya, melainkan bagaimana bisa membahagiakan keluarga. Dari sini orientasinya berbeda.

Banyak yang luput dari kita, yang sebenarnya tanpa kita sadari tetangga-tetangga kita yang hidup sederhana adalah orang-orang sukses yang tidak terliput oleh dunia.

Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

1 comments

23 Desember 2015 11.36 Delete comments

saya pernah membaca pesan terakhir dari seorang Steve Jobs (mas Fajar pasti kenal donk) sebelum dia meninggal dan terakhir kondisi saat tubuhnya mulai melemah..

isinya kurang lebih seperti ini :
"dalam bisnis aku adalah simbol, kini aku terbaring di rumah sakit. Kekayaan, nama, dan kedudukan, semuanya tidak ada artinya lagi.
sekarang aku mngerti, asal memiliki harta secukupnya yg di gunakan untuk dirinya sendiri, itu sudah cukup. Mengejar kekayaan tanpa batas, ibarat monster yg mengerikan.
Sekarag yg perlu kita hargai dan sayangi adalah hubungan kasih dalam keluarga, cinta antara suami istri, dan juga kasih persahabatan antar teman."

artikel mas Fajar,..relevan dengan pesan terakhir dari Om Steve Job..

Semangat dan sukses.

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon