#

Minggu, 27 Desember 2015

Cara Mendapatkan dan Menangani Pelanggan Pertama pada Dropship Online

Berjualan sangat mudah, namun mencari pelanggan yang agak sulit, khususnya closing pembelian produk dari pelanggan pertama.

Mendapatkan Pelanggan Pertama

Seperti sudah dibahas pada materi tutorial berbisnis online dropship, setelah menjadi dropshipper anda perlu mencari pembeli. Ada ribuan cara, namun hanya sedikit yang efektif ! Hal pertama yang harus kita pikirkan ketika baru memulai :

  • Bagaimana orang tahu saya menjual produk ini ?
  • Apa yang membuat konsumen tertarik membeli produk ini dari saya sementara ada banyak pesaing juga menjual produk yang sama ? (Bila anda menjual produk yang umum)
  • Bagaimana cara mendatangkan konsumen organik (mereka mencari kita) tanpa kita perlu capek-capek promosi disana sini ?
Ketiganya adalah pertanyaan dasar yang bisa memandu kita sukses berbisnis dropshipping online. Ini sangat sederhana, namun pendalamannya sangat kompleks. Kadang bisa membuat kita kehabisan ide dan menganggap produk yang kita jual kurang potensial. 

Namun ingatlah,
Pemasaran adalah Seni
Artinya, produk biasa bisa saja laku keras bila dilakukan dengan teknik pemasaran yang brilian, tertarget dan menyeluruh. Sebaliknya, sebagus-bagusnya produk bila tidak dipromosikan dengan teknik yang tepat dan tertarget serta menyeluruh tidak mungkin laku keras.

Jawaban dari 3 Pertanyaan Dasar Tersebut

1. Bagaimana orang tahu saya menjual produk ini ?

Promosi ! Ini adalah syarat bukan teknik, pendalamannya barulah dinamakan teknik. Kelemahan anda sebagai dropshipper :
  • Tidak punya duit
  • Maunya yang gratisan
  • Gampang 'down'
  • Orangnya cape deh (malas, inginnya gampang dan tidak ribet)
  • Miskin pengetahun cara memasarkan via online
Kita harus sadar dengan kelemahan tersebut, sebagian besar dropshipper adalah internet marketer amatir. Melakukan segalanya secara autodidak, manual dan "trial and error". Ini bisa menjadi kelebihan bila dilakukan dengan totalitas dan kesabaran ekstra.

Setidaknya ada 3 cara jitu membuat orang yang sedang OL tahu kita menjual produk yang menarik bagi mereka :
  • Terlibat dalam komunitas yang satu ceruk dengan karakteristik produk kita. Anda bisa bergabung dengan grup facebook "Madridista Indonesia", "Milanisti Indonesia", Juventini Indonesia" dsb bila produk anda 'pakaian bola' misalnya.

    Mempromosikan produk di grup facebook yang sesuai dengan target market produk anda

    Apa yang anda lakukan setelah bergabung ? Bisa langsung promosi tapi, biasanya ada banyak pesaing disini yang juga menjual pakaian bola. Nah ini masuk ke pertanyaan dasar ke-2, cara membuat orang memilih beli produk di kita dibanding pesaing anda, akan dibahas pada bab selanjutnya.
  • Promosi di situs jual beli online gratis. Seperti sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, bahwa ini juga cara efektif menjaring konsumen. Teknik ini harus anda lakukan secara menyeluruh, artinya dilakukan di banyak situs jual beli berbeda. Namun ingat ? Promosikanlah produk dengan kalimat-kalimat yang bernilai di mata konsumen.
    Mempromosikan produk di situs jual beli online gratis tokopedia
    Promosi di Tokopedia.com

    Tiga hal yang harus anda perhatikan ketika melakukan promosi di situs jual beli online gratis. 
    1. Informatif (memuat keterangan bahan dan semua atribut yang melekat pada produk anda seperti warna tersedia, ukuran, bordir, sablon dsb)
    2. Gunakan kata kunci ketika menerangkan deskripsi produk. Misal, kata kunci yang dibidik "jersey bola murah" harus selalu anda tulis di deskripsi produk atau pada kolom "tag" yang disediakan situs jual beli tersebut.
    3. Memancing emosi (kegunaan dan kelebihan produk serta testimoni pelanggan).
    4. Sertakan foto produk yang enak dilihat (tidak amatir).
    5. Taati aturan berjualan di situs tersebut (misal di Tokopedia mekanisme pembayaran ditransfer ke rekening Tokopedia baru bisa ditarik penjual setelah mengirim bukti pengiriman barang)
  • Iklan berbayar di blog/situs yang relevan dengan karakteristik produk anda. Ini teknik promosi rasa premium. Misal produk anda adalah 'jasa keuangan pemberian kredit usaha'.

    Anda bisa beriklan di blog/situs tentang bisnis seperti situs "ekspedisiilmu.web.id" ini. Harganya relatif murah dibanding iklan di facebook, google adword dan sejenisnya, silahkan dicoba bila tidak percaya. Mungkin anda hanya akan merogoh kocek Rp 75 ribu per bulan untuk memasang banner iklan di situs/blog ini, namun setiap blog/situs berbeda.

    Usahakan beriklan di situs/blog yang memiliki trafik harian minimal 1000 orang. Lebih besar lebih bagus, namun biasanya sangat mahal. Jadi pelajari dulu penawaran kontrak dengan pemilik situs/blog. Karena ada pemilik situs/blog yang tidak benar-benar mencari keuntungan melainkan kepuasaan ketika ada yang beriklan, jadi memberikan harga murah.

2. Bagaimana cara membuat konsumen memilih beli produk dari kita dibanding pesaing ?

Berikan nilai dan pengalaman kepada audiens (konsumen anda di grup facebook misalnya). Cara memberikan nilai adalah dengan memberikan informasi lengkap dan bermanfaat tentang sesuatu yang berhubungan dengan produk 'jersey bola' anda misalnya. 

Contoh, posting tulisan seputar jersey-jersey klub terbaik versi 'on the spot', informasi mengenai jenis-jenis bahan jersey, tips memilih jersey yang murah tapi berkualitas dan sebagainya. 

Bila anda mendapatkan respon bagus yang ditandai dengan banyak komentar, aktiflah menanggapi komentar-komentar mereka tapi jangan dulu promosi, ingat. Setelah aktif selama kurang lebih 3 minggu dan anda dikenal baik oleh member (ditandai dengan respon komentar), baru buatlah posting yang bermanfaat sekali lagi dan akhiri dengan kalimat promosi produk anda.

Intinya : anda dikenal, meningkatkan kepercayaan dan kontak dengan mereka.

Apalagi bila anda punya website (nanti akan saya buat artikelnya cara membuat website sederhana dari blogspot dengan modal domain Rp 10 ribu per bulan), bisa lebih cepat menarik konsumen.


3. Bagaimana cara mendatangkan konsumen organik (mereka mencari kita) tanpa kita perlu promosi lagi di sana sini ?

Ini adalah tujuan semua pelaku usaha. Lebih tepat kita namakan "pengentalan brand image" atau pengentalan corporate image. 

Tapi pasti butuh waktu bila menunggu itu. Mungkin anda akan keburu punya produk sendiri, tidak lagi jadi dropshipper. Namun bukan mustahil, anda bisa membangun brand image tanpa punya produk sendiri. Sebut saja, e-commerce Lazada dimana sebagian besar produk di sana adalah milik orang lain. Namanya sudah melekat di tanah air.

Bila sudah masuk tahap ini, akan ada banyak orang membuat review tentang produk anda, selain itu juga banyak dropshipper2 turunan yang juga menginduk ke anda (padahal anda sendiri dropshipper).

Untuk mencapai tahap ini, pasti harus diawali dengan promosi gencar, membuat orang banyak mengenal OL shop anda. 

Cara paling mudah adalah mau membayar untuk iklan. Namun itu, keputusan yang berat bagi dropshipper yang notabene minim dana. Oleh karena itu sebagai alternatif, untuk jangka panjang buatlah blog/situs yang relevan sampai dikunjungi oleh minimal 500 ratusan pengunjung setiap harinya. Setelah itu anda bisa berjualan di situs/blog anda tersebut.

Media Youtube juga bisa menjadi alat brilian untuk menjaring konsumen, bila produk anda 'jersey bola' buatlah sebuah channel pribadi yang selalu mengupdate tayangan-tayangan pertandingan sepak bola, dan apapun yang menarik tentang sepak bola khususnya mengenai jersey atau pakain bola.

channel youtube bisa dijadikan lapak promosi bisnis online
contoh channel youtube yang juga dijadikan lapak promosi bisnis online

channel youtube untuk berjualan produk untuk menarik konsumen
channel youtube media promosi bisnis online

Blog dan Channel Youtube merupakan sarana ampuh menjaring prospek (pelanggan potensial). Memang, tidak bisa dalam waktu sebentar, anda butuh kesabaran dan jadikanlah ini investasi atau master plan jangka panjang. Sambil tetap promosi, anda sambil membangun master plan jangka panjang ini. 

Saya berkata demikian bukan sekedar teori belaka, ada beberapa member di forum publisher yang sukses bisnis dropship dengan bantuan trafik dari blog. Cobalah mulai membuat blog dengan hosting gratis terlebih dahulu di blogger.com namun dengan custom domain. Apa itu custom domain ? dengan custom domain url situs anda bisa dirubah dari awalnya blogspot.co.id menjadi .....com, contoh ekspedisiilmu.blogspot.co.id menjadi ekspedisiilmu.web.id atau .com bebas. Ini bisa meningkatkan profesionalitas situs di mata pengunjung.


Menangani Pelanggan Pertama

Anda beruntung bila memperoleh pembeli yang 'maen sikat', artinya ia tidak pikir panjang untuk membeli produk. Namun, siapapun pembelinya pasti akan selalu menanyakan sesuatu kepada si penjual apalagi, anda yang masih baru, belum banyak dikenal dan terkesan masih amatir.

Disini kredibilitas sulit didapatkan kecuali anda sudah punya toko dan memberikan alamatnya untuk dikunjungi pembeli. 

Berkomunikasi Secara Meyakinkan

Aturan pertama ketika menghadapi pembeli via chat adalah "mendengarkan/melihat" apa yang hendak ditanyakan. Jangan menjawab 1 pertanyaan secara bertubi-tubi dan panjang lebar. Ini justru kurang meyakinkan di mata pembeli. Posisi tawar anda akan jatuh. Jawablah 1 pertanyaan dengan penjeleasan singkat dan sederhana namun tetap menjawab pertanyaan.

Anda harus sadar posisi sebagai dropship online berbeda dengan merchant yang sudah punya toko offline dan online. Di satu sisi mungkin anda tidak terlalu menguasai seluruhnya mengenai produk yang anda jual, bagaimana mekanisme packing, jam pengiriman, estimasi sampai, jahitan baju, bahannya dan lain-lain. Seringkali pembeli menanyakan hal-hal ini, oleh karena itu pertama anda harus menguasai tentang produk dan budaya merchant yang menjadi mitra dropship anda. Cobalah obrolkan dengan merchant mitra seputar hal-hal yang menurut anda penting dan akan ditanyakan pembeli sewaktu-waktu

Bagaimana berperilaku meyakinkan di mata konsumen ?
  1. Respon cepat
  2. Menjawab pertanyaan dengan singkat, sederhana dan friendly (tidak seperti robot/kaku). Perlakukanlah pembeli sebagaimana manusia yang punya rasa dan emosi. Penggunaan emoticon kadang diperlukan.
  3. Bila anda tidak tahu, jawablah dengan jujur "wadu saya kurang tahu gan, tapi nanti saya coba tanyakan kembali ke bos ya, tapi overall sih bahannya adem ayem kalo dipakai". Anggap merchant mitra sebagai bos, jadi anda punya alasan untuk hal yang tidak anda ketahui, namun tetap berikan clue jawaban yang mungkin bisa meyakinkan konsumen (bila anada punya pengetahuan luas seperti "umumnya sih bahan cotton adem ayem kalo dipakai gan").
  4. Namun bila anda tidak mau dianggap punya bos, maka kuasailah seputar produk anda dan budaya merchant mitra (budaya disini artinya kegiatan/penanganan/kebiasaan).
  5. Teknik closing yang benar, sopan dan emosional. Kata-kata yang salah (gimana jadi beli gan ? , deal ?, gimana mau ambil ?, gimana mau beli ? dll). Lebih baik anda menggunakan kata "minat gan ?, minat ?, minat produknya ?, gimana minat ^_^ ?"

Perhatikan contoh kasus percakapan saya dengan customer.





Sempat terpotong, setelah percakapan no.6, reply saya "Size L aja sist" dengan nada yakin. Sebab memang saya cukup punya pengalaman membantu memilihkan ukuran.

Pengetahuan tentang produk yang dijual memang sangatlah penting. Ini yang biasanya menjadi kelemahan dropshipper. Jangan sampai anda tidak tahu apa-apa tentang produk yang dijual, minimal anda tahu nama bahannya atau pernah merasakannya (memakai). 

lihat juga : Evaluasi Pemasaran Bisnis Dropshipping

Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

4 comments

29 Desember 2015 06.26 Delete comments

detil banget pembahasan dropshippernya. buat saya pribadi, dalam hal promosi aja msh lah-lah an. hehe

Reply
avatar
29 Desember 2015 10.07 Delete comments

sy juga masih belajar gan. sharing ajah jadinya ^_^

Reply
avatar
4 Januari 2016 11.32 Delete comments

Kalau diliat dari percakapannya si ini salah sontoh penjual yang disukai pembeli :D
saya juga pernah dropship tapi karena barangnya ga terlalu bagus akhirnya saya stop dulu deh jualannya.

Reply
avatar
9 Mei 2016 14.37 Delete comments

kalo misal ada yang tanya "bisa jadi reseller nggk? trus ini dropship ya?" gimana nangggapinnya mas? :D

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon