#

Selasa, 01 Desember 2015

Ebook White Hat SEO Panduan Menuju Page One Google

7 Langkah Jitu White Hat SEO” panduan lengkap menuju “Halaman Pertama Google”, begitulah isi cover Ebook tersebut. Ujung-ujungnya pasti berkaitan dengan bisnis.

Yuk, terlebih dahulu saya ingin share sedikit fakta-fakta menarik yang perlu kita ketahui bersama.
Salah satu perusahaan riset kelas dunia yaitu Forrester Research mengemukakan 3 fakta bahwa :

“93% orang menggunakan search engine ketika mencari informasi”
“87% visitor (pengunjung) website datang dari halaman 1”
“75% pengunjung hanya melihat sampai halaman 4 di mesin pencari”

So, di halaman berapakah page website anda ?

Saya tidak bosan-bosannya mengulang definisi SEO.
pengertian SEO menurut Moz.com


Search Engine Optimization (SEO) adalah praktek meningkatkan kualitas dan jumlah trafik (pengunjung) organik dari hasil berbagai mesin pencari (seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya).

Meskipun tidak jago-jago amat, kurang lebih seperti itu bila diterjemahkan. Saya anggap anda yang membaca artikel ini sudah tidak awam. Menurut anda, kata mana dari pengertian itu yang menarik ?
Kalau anda Tanya saya, yang menarik adalah kata “Organic”. Kenapa ? Tanya balik, Apa maksudnya ?

Saya kutip lagi dari Moz.com
Hasil organic. Iklan-iklan memberi porsi yang signifikan terhadap banyak SERP . Trafik organic adalah trafik (pengunjung) dimana anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Aduh, bener ga yah terjemahannya. Intinya, itu adalah trafik murni yang anda peroleh tanpa harus mengiklankan website disana-sini. Sebagian besar pengunjung umumnya datang melalui mesin pencari (Page One). Apa lagi kelebihannya ? Ini berpotensi anda dapatkan dalam jangka waktu yang lama, selama anda mengelola website dengan cara SEHAT. Ketika anda tidak menulis pun, pengunjung masih akan berdatangan.

Selain itu, menurut beberapa senior seperti Must Teguh (maseteguh.com), yang darinya saya banyak belajar bahwa pengunjung organik lebih disukai jaringan pengiklan seperti Google Adsense.

Maka, PAGE ONE itu penting. 

Sebetulnya, bagaimana sih cara kerja Google ?
Saya comot langsung dari pernyataan dukungan google. anda bisa lihat disini pernyataan Cara Kerja Google

Cara kerja Google ketika menelusuri laman web


Lalu, Google mengatakan bahwa ada 3 proses kunci ketika mesin pencari mengirim hasil penelusuran kepada pembaca :
1. Merayapi : Google perlu mengetahui dan menemukan situs anda. (Itulah mengapa sitemap penting)
2. Mengindeks : Google akan menyusun indeks dari data yang jumlahnya amat besar, berisi semua kata dari setiap laman yang ada di dunia maya.
3. Menyajikan : Google mencari situs yang punya konten bagus dan berguna serta relevan dengan yang dicari pembaca (pengguna).
Pada tahap merayapi, Google akan mengambil miliaran laman web yang ada di dunia maya. Lalu ia menyusun indeks dari tiap laman yang berisi semua rentetan kata. Selanjutnya menyajikan hasil paling relevan, yang mana ditentukan oleh 200 faktor. Salah satunya adalah

“Page Rank”

Boleh dikatakan bahwa semua upaya optimalisasi website, ujung-ujungnya mentok di Page Rank. Artinya, Page Rank bisa berkata banyak tentang kualitas web meskipun itu hanya salah satu indikator.
Makanya, semua beramai-ramai mencari backlink di situs yang ber-Page Rank tinggi, agar “kecipratan”. Mulai dari cara cepat, kilat, super duper, menanam ribuan backlink dari situs ber-PR untuk mendongkrak posisi web mereka di hasil penelusuran (SERP). Namun, kabarnya kini Google tidak lagi mempublikasikan hasil update Page Rank, alias "Page Rank sudah mati". Hanya saja, kita tidak tahu apakah Google masih memasukan Page Rank atau tidak untuk menentukan hasil SERP.


Namun, tahukah kamu ? Google terus berupaya membantai tautan-tautan spam dan praktik curang dan negative lain yang merusak hasil penelusuran. Hari demi hari Google akan berusaha keras, menampilkan situs terbaik, relevan dan berkualitas kepada pengguna. 

Tidak heran, banyak website terjun bebas dari ribuan visitor menjadi ratusan visitor karena terkena algoritma Google yang terus membantai praktik-praktik curang atau menyeleksi yang tidak relevan dan kurang berkualitas.

Sebagian besar yang mengalami itu adalah pelaku “Black Hat”. Mereka menggunakan cara-cara instan untuk mengelabui cara Google bekerja. Padahal, teknik mengoptimasi SEO dengan Black Hat hampir dipastikan rawan terkena amukan Google (amukannn Godzilla).
 Terus ? Gimana solusinya ?

7 Langkah Jitu WHITE HAT SEO ! ala Sando Husain

Sando Husain pengaran Ebook 7 Langkah Jitu White Hat SEOIni kebalikan dari Teknik Black Hat SEO. White Hat SEO adalah teknik “bersih” atau teknik mengoptimasi website yang sejalan dengan cita-cita Google seperti yang sudah dibahas.
Sebenernya saya beli Ebook ini dengan cara patungan 3 orang, hehe. Meskipun harganya murah yaitu Rp 99.000. Ini murah loh, dibanding kursus SEO 1,5 juta. Saya pikir antara kursus dan baca Ebook materinya tidak akan jauh berbeda dengan panduan dari praktisi internet marketer, Sando Husain. 

Saya nyumbang Rp 39 ribu + temen saya Rp 30 ribu + temen saya satu lagi Rp 30 ribu = Rp 99.000. Meskipun saya nyumbang lebih mahal, tapi tidak apa-apa , yang penting kan lebih irit. Itung-itung investasi yang ilmunya bisa saya kuasai selamanya. Itulah mengapa, kadang orang bingung saya majoring nya dimana sih, kok bisa desain layout pake sketch up, desain gambar ilustrasi via photoshop (meski amatir), ngedit video via Ulead & Pinnacle (After Effect coming soon), ngedit dan desain blog (meskipun gak ngerti coding), nulis artikel yang insallah ga ada yang gak bermanfaat, bisnis dropshipping, jualan lumpia di kelas (pas kuliah) dll. Padahal jurusan saya pertanian bisnis. Malah curhat. 

Intinya bila kalian ingin mendalami sesuatu, selama ada kesempatan- ambillah. Seperti saya, Alhamdulillah semuanya bermanfaat. Ilmu-ilmu tersebut satupun tidak ada yang tidak bermanfaat karena tersimpan dalam ingatan dan tindakan. (Ceramah)

Tidak terasa sudah menulis 800 kata saja ini. Saya mau ngelist, cuplikan ini Ebook :
Ebook White Hat SEO Panduan Menuju Halaman Pertama Google

  • Memahami SEO
  • 3 Alasan Black Hat Not Recommended
  • Tindakan yang Sering dilakukan Black Hat
  • Ulasan Software yang Tidak Direkomendasikan karena Termasuk Black Hat
  • Melihat Data SEO
  • Menggunakan Google Analytic dengan Benar
  • Ulasana Tentang Webmaster Tools dan Cara Memanfaatkannya
  • Menentukan Keyword
  • 9 Faktor Membuat Konten SEO
  • SEO Friendly Website
  • Teknik Off Page SEO
  • Backlink adalah Seni dari SEO
  • 9 Faktor Mengukur Kualitas Backlink
  • Teknik Link Building
  • White Hat SEO
Dot dot dot dot dot dan sebagainya (banyak yang saya lewat). Beberapa cuplikan diatas merupakan materi-materi yang bagi saya penting. Bila anda ingin beli silahkan kunjungi :

yukbisnis.com/store

So, “7 Langkah Jitu White Hat SEO” ternyata pas saya baca, situs sekelas BMW saja bahkan pernah kena Penalti Google. Semoga perjuangan membangun website kita tidak sia-sia. 
Semoga bermanfaat.

Fajar M
(Kritik dan saran sangat dibutuhkan, say Not to Copy Paste)
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon