#

Jumat, 11 Desember 2015

Tips dan Cara Pinjam Uang Tanpa Jaminan di Bank

Pinjaman uang tanpa jaminan di Bank menjadi opsi paling tepat. Cara, syarat dan prosesnya pun lebih sederhana dibanding dengan kredit beragunan. Apalagi bagi anda yang bekerja di salah satu bank. Mungkin mulai bosan bekerja, dan ingin berwirausaha. Maka, manfaatkan masa kerja tersebut untuk mengajukan KTA atau kredit tanpa agunan (jaminan) di tempat anda bekerja. Prosesnya pasti akan lebih mudah.

 

Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman diantaranya :


  1. Tujuan yang jelas. Intinya, bagaimana anda bisa membicarakan maksud pengajuan kredit kepada pihak Bank. Ini merupakan pintu masuk agar petugas Bank yakin dengan ketulusan maksud anda. Misalnya untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintis, pembelian kredit rumah, kredit mobil, biaya pendidikan atau yang lainnya.
  2. Pilih bank yang tepat. Usahakan untuk meminjam di bank tempat anda bekerja atau dimana anda punya rekening. Tentu ini bisa mempermulus proses persetujuan kredit. Bank akan lebih mudah melihat riwayat anda. Selain itu, pilih bank yang menawarkan bunga lebih rendah agar tidak membebani.  
  3. Jumlah kredit yang rasional. Artinya, selain berdasarkan kebutuhan juga disesuaikan dengan kemampuan bayar. Ini sangat penting, untuk merencanakan anggaran anda ke depan. Jangan sampai, kualitas hidup menjadi buruk akibat cicilan yang tinggi. Meminjam di lembaga keuangan dengan cicilan tetap (bunga flat) menjadi pilihan tepat. Artinya bunga disepakati di awal, cicilan akan tetap sampai lunas tidak dipengaruhi perubahan suku bunga pasaran. Berbeda dengan bunga mengambang, yang jumlahnya bisa semakin besar atau kecil. Anda jadi lebih mudah memprediksi pengeluaran.
  4. Apakah anda bekerja ? Beberapa atau bahkan sebagian besar bank mensyaratkan debitur (peminjam) memiliki penghasilan tetap dengan masa kerja tertentu. Namun terlepas dari itu, anda bisa membicarakan lebih lanjut dengan pihak bank terkait. Ada juga cara alternatif bila anda tidak punya penghasilan tetap yaitu dengan “pinjam nama” kepada teman atau keluarga anda yang bekerja. Minta mereka untuk meminjam uang di Bank.
Langkah-langkah meminjam dana dari bank tanpa agunanIngat, jangan berlebihan dalam meminjam uang. Apalagi bila anda pinjam nama (teman anda yang meminjam di Bank yang sebetulnya untuk anda). Ini akan membebaninya. Jaga kepercayaan bukan hanya kepada Bank, melainkan semua orang yang bisa saja membantu anda. Semakin dipercaya (jujur dan amanah), maka semakin anda mudah mendapat bantuan orang lain.

  

Langkah-langkah umum untuk meminjam uang tanpa jaminan di bank kurang lebih sebagai berikut :


1. Siapkan persyaratan. Secara umum Bank mensyaratkan beberapa hal untuk pinjaman tanpa agunan :
  • Warga negara Indonesia
  • Berpenghasilan tetap
  • Minimal sudah berusia 21 tahun dan pada usia 55 tahun pinjaman harus sudah lunas.
  • Melengkapi dokumen pendukung dan mengisi formulir.
Selain itu, biasanya Bank akan mensyaratkan dokumen seperti :
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Surat Nikah
  • Fotokopi KTP (suami istri bila sudah menikah)
  • Surat Keterangan Kerja & Slip Gaji 
  • Pas Foto
  • Fotokopi rekening selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP Pribadi
Setiap bank tentu akan berbeda, namun poin-poin di atas adalah yang umum disyaratkan oleh Bank untuk produk Kredit Tanpa Agunan. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencari tahu dulu, bisa melalui website resmi Bank dan sebagainya.

lihat artikel lain : Syarat Untuk Mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat)

2. Mengajukan Pinjaman Uang Tanpa Agunan ke Bank
  • Semua berkas persyaratan disiapkan, masukkan ke map (agar mudah dan menunjukkan kesungguhan).
  • Pastikan anda pergi ke Bank antara pukul 09.00 – 15.00 (Ada Bank yang tutup jam 4 sore) di hari selain Sabtu dan Minggu (karena Bank tutup).
  • Setelah sampai, silahkan ambil nomor antrean CS (customer service) bukan teller. Bila bingung, silahkan bertanya saja ke sekuriti yang berjaga di pintu masuk. Jelaskan anda ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan, nanti akan diberitahu.
  • Setelah nomor antrean anda dipanggil, duduklah dengan tenang. Berikan sapaan kepada CS atau petugas Bank. Jelaskan maksud dan tujuan anda datang dengan jujur, tenang dan antusias. 
  • Serahkan berkas persyaratan, petugas Bank akan memerikas kelengkapannya. Setelah itu, anda akan diberi pengarahan atau syarat dan ketentuan lainnya. Keputusan diterima atau tidaknya pengajuan anda, akan diberi tahu setelah 1 hari atau beberapa hari biasanya. Pihak Bank akan memeriksa terlebih dahulu lebih lanjut sampai ditandatangani kepala atau direktur Bank.
  • Biasanya, anda akan dihubungi via telepon setelah ada keputusan dari Bank.
Anda tidak usah khawatir atau takut dengan Bank. Masyarakat umumnya menganggap Bank sebagai sosok yang menakutkan, takut disita, ditagih paksa dan sebagainya. Bank manapun tentu tidak akan "menyulitkan" nasabahnya, Bank akan memberikan pelayanan terbaik bagi nasabahnya karena bagi mereka itulah asset paling berharga. Mereka tidak akan memaksa anda membayar cicilan dengan kasar, membawa body guard dan segala macam. Ikutilah aturan main Bank, bila anda telat atau kesulitan bayar cicilan, Bank pasti akan membantu mencarikan solusi.

Nah, saya kira itulah cara meminjam uang tanpa jaminan di bank yang bisa anda jadikan referensi. Semoga artikel ini bisa membantu pertanyaan anda. Jangan sungkan memberi kritik, saran dan pertanyaan.

baca juga artikel : Kartu Kredit Syariah di Bank BNI

Fajar M

(Kritik dan Saran silahkan dicantumkan dalam kolom komentar, Silahkan share kepada yang membutuhkan namun jangan di copas untuk dimuat ulang di situs/blog lain)
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

3 comments

11 Desember 2015 21.53 Delete comments

kalau saya sih belum pernah mas pinjam uang di bank, tapi dengan artikel ini saya jadi tahu bagaimana caranya :D

Reply
avatar
11 Desember 2015 22.00 Delete comments

kalo saya blm pernah pinjam di bank... soalnya tkut mas

Reply
avatar
12 Desember 2015 11.48 Delete comments

duhhh saya gak berani kalo masalah utang,,, takut gak nyenyak tidurnya

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon