#

Rabu, 06 Januari 2016

Cara Jualan di Facebook dengan Strategi Promosi Tepat untuk Memaksimalkan Bisnis Online

Banyak yang menyepelekan facebook sebagai media berbisnis online. Kekuatan sosial media dalam mengkonversi trafik menjadi penjualan cukup besar menurut hemat saya. Namun, semua itu kembali pada cara jualan online anda di facebook, meliputi cara promosi yang anda lakukan dan bagaimana anda belajar membaca perilaku konsumen (audiens). Sudah lama, banyak orang menjadikan facebook sebagai media berjualan paling interaktif. Biasanya dari sini hubungan secara berkesinambungan dapat dibangun dengan mudah.

Bagaimanna Cara Berjualan Online di Facebook ?

Landing page, tidak harus dengan website, anda bisa membuat fanpage. Ingat, banyak dari kita termasuk saya salah urus. Dalam fanpage seharusny kita membangun interaksi, bukan hanya sekedar berjualan dan berjualan atau ditikam oleh postingan produk dan produk. Padahal, yang dicari oleh pembeli bukan sekedar produk melainkan juga informasi.  

Kita tahu istilah pemasaran atau marketing, namun sulit menyadari perilaku konsumen. Bagaimana membuat orang yang sekedar ingin tahu menjadi Rupiah. Satu-satunya cara adalah membangun keakraban. Artinya, frekuensi interaksi yang tinggi antara pemilik fanpage dengan member/liker membuat mereka nyaman dan “care” dengan segala sesuatu yang disampaikan pemilik fanpage.

Facebook Marketing Tips Memaksimalkan Penjualan Online
............Sebetulnya anda harus mengenal habits dalam berjualan online. Dengan ini, anda bisa tahu apakah cara berjualan online anda benar atau salah, mulai dari teknik closing via BBM, berjualan di twitter yang berisi praktek dsb. Ebook “49 Habits Berjualan Online” membahas tentang semua itu. Silahkan kunjungi, Yubi Store untuk melihat reviewnya......................

Memang tidak mudah, namun itulah seni berjualan di sosial media yang selalu melibatkan emosi, interaksi atau hubungan.  Facebook ads ? bila anda punya dana cukup, beriklan di facebook bisa menjadi alternative tercepat mendatangkan trafik tertarget. Ini akan dibahas pada sub bab selanjutnya.

Inti :

1. Audiens mencari nilai dan selalu melibatkan emosi. Agar brand anda selalu ada di benak mereka, berikan nilai, manfaat dan apapun yang sangat berarti bagi audiens.
2. Bila anda pemain baru, saya sarankan untuk membuat fanpage bertipe “komunitas” ata sejenisnya. Anda harus dikenal dulu. Berikan nilai kepada mereka dengan memposting artikel, gambar, video yang sesuai minat dan tentunya satu niche (ceruk) dengan produk anda. Hilangkan pikiran menjual dan menjual, karena itu tidak efektif. Setelah interaksi ramai (ditandai dengan banyaknya komentar), baru mulai kenalkan produk anda sedikit-demi sedikit.
3. Strategi kedua, buatlah 2 tipe fanpage. Satu bertipe “komunitas” dan satu lagi bertipe “perusahaan/brand anda”. Pasti anda sudah membaca maksud saya bukan ? Ini bagi anda yang tidak sabaran untuk memperoleh penjualan. Ya, fanpage bertipe brand produk berfungsi untuk mengkonversi penjualan. Posting tentang produk-produk anda disana yang bernilai secara elegan (menimbulkan daya tarik). Fanpage “komunitas” sebagai motor yang menggerakan audiens dan mensupport fanpage utama tadi. Selanjutnya, anda sudah bisa meraba-raba sendiri.

Fanpage Produk Fashion Bola

Berpromosi di Facebook ? Kita Tidak Punya Audiens Sama Sekali

Step:.

Masalahnya, kita tidak tahu cara meningkatkan like audiens (prospek) atau member. Bisa beriklan dengan facebook ads, tapi pemain baru seperti saya tidak punya duit untuk mengalokasikan dana untuk hal yang tidak mendatangkan penjualan secara langsung. Bisa saja, anda langsung beriklan produk anda, tapi yang kita cari bukan hanya penjualan, melainkan hubungan juga. Jadi, kita harus mengumpulkan audiens tertarget.
Iklan facebook, Bagi anda yang punya dana silahkan gunakan cara tercepat ini. 

3 Cara gratis meningkatkan audiens/like fanpage

  1. Bergabung di grup yang satu ceruk/niche dengan fanpage anda. Kemudian share postingan terbaik terunik atau paling menarik anda di grup tersebut (sambil menautkan link fanpage anda). Lakukan cara ini pada 20 grup facebook yang ramai.
  2. Bergabunglah di grup “Komunitas Like dan Komen Fanpage”. Disini anda bisa saling like fanpage satu sama lain antar anggota. Silahkan kunjungi grup nya disini.
  3. Migrate akun menjadi fanpage.


    Ini cara yang juga sering saya lakukan. Buat sebuah akun baru atau biasa disebut akun kloningan. Tambahkanlah teman sebanyak-banyaknya hingga mencapai ribuan. Namun, pilihlah teman yang sesuai dengan target niche fanpage anda. Misal, fanpage anda tentang berita sepak bola dan anda berjualan produk bola. Maka :
    • Cari grup facebook tentang bola seperti : Madridista Indonesia, Sepak Bola Indonesia, Ac Milan Indonesia dsb.
    • Lihat membernya, dan silahkan tambahkan member disitu menjadi teman anda sebanyak-banyaknya. Ingat, lakukanlah penambahan teman secara berkala. Setiap hari cukup tambahkan 30 teman saja. Dan ingat akun anda harus terlihat meyakinkan, atau bisa kena pentung Facebook. Saran saya, unggahlan foto minimal 15 buah ke kun kloningan, lengkapi data profil selengkap mungkin (meskipun ngasal) dan rutin berkomentar dan membuat postingan minimal 1 hari sekali.
Mengapa saya menyarankan itu ? Sebab sudah 3 kali saya mendapat peringatan Facebook tentang 2 buah akun kloningan saya yang dianggap spam atau palsu. Percuma dong, teman sudah 1000 tapi dibanned sama facebook !

Setelah teman anda mencapai 1000 atau 500 baru migrasi, saya lebih suka memigrasi akun ketika teman mencapai 500 karena khawatir akun kloningan saya kena banned bila terlalu banyak mengadd teman.
Lihat cara memigrasi akun facebook dengan kata kunci “Cara Memigrasi Akun Facebook” di Google.

Nah, sekarang anda sudah memiliki fanpage dengan jumlah 500 like. Silahkan posting tulisan-tulisan bermanfaat sesuai topic fanpage anda. Tingkatkan interaksi audiens, baru kemudian kenalkan sedikit-demi sedikit produk anda.

Ini seni facebook marketing yang umum dipraktekan oleh saya. Anda boleh mengikutinya atau menambahkannya. Ingat, semuanya butuh upaya dan kemauan keras agar sukses berjualan di facebook. Ini penderitaan kita yang tidak punya duit ketika berbisnis online. Namun, dampaknya bisa mempertajam pengetahuan dan skill facebook marketing anda, bisa menjadi keunggulan bersaing dibanding mereka yang menggunakan iklan.

Fajar M
(Silahkan share artikel ini sebanyak-banyaknya, namun dilarang mengcopy paste untuk dimuat ulang di blog/situs lain serta cantumkan sumber bila artikel ini anda jadikan referensi)
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

4 comments

8 Januari 2016 10.22 Delete comments

saya punya cara cerdik tapi sangat tidak disarankan. karena ini bisa dikatakan curang dan efek kedepannya buruk :p
simple pake foto cewek cantik untuk fans page. pinjem fb teman untuk mengundang masuk. setelah banyak like baru di rubah.

efek kedepannya fanspage anda akan di lupakan begitu tidak ada lagi daya tarik foto cantik tsb. fans page anda akan dinilai buruk oleh facebook

Reply
avatar
8 Januari 2016 22.23 Delete comments

wah saya belum bikin fanpages nih ... nyoba ah

Reply
avatar
16 Mei 2016 13.45 Delete comments

thanks infonya gan www.sanjayagrosir.com

Reply
avatar
17 November 2016 07.10 Delete comments

Saya paling susah menemukan target di fb untuk produk saya. Produk kecantikan tapi yg natural. Sedangkan orang2 yg ada di fb lebih menyukai krim-krim (yg serba kimia dan instan). Klo di instagram masuknya gmpang sekali krna penggunanya pun menurut saya "lebih pintar" dibanding fb. Apa sbaiknya saya post ttg edukasi dulu ya?

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon