#

Sabtu, 23 Januari 2016

Tanaman Hias Daun dan Bunga yang Diminati dan Cocok Untuk Bisnis

Berbisnis tanaman hias merupakan pilihan tepat dewasa ini karena peningkatan kesadaran masyarakat akan keindahan dan lingkungan yang asri. Mulai dari tanaman hias daun sampai tanaman hias bunga banyak diminati oleh masyarakat dari waktu ke waktu. 

Meskipun kita tidak berbicara mengenai data statistik, tapi tentunya kita bisa membacanya dengan mudah. Gampangnya, lihat saja penjual tanaman hias pinggir jalan yang jumlahnya bertambah seperti di daerah saya.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi dan pembangunan kota juga telah menjadi market bagi pelaku usaha tanaman hias. Harapan masyarakat akan ruang terbuka hijau seperti taman, telah menjadi perhatian serius pemerintah akhir-akhir ini. Contohnya di Taman Kencana Kota Bogor, yang mulai dibenahi dan diremajakan agar fungsinya lebih baik dan asri. Dibutuhkan tanaman-tanaman untuk memperindah fasilitas kota ini. 

Bila kita lihat ke belakang, dahulu tanaman hias mungkin hanya dimanfaatkan sebatas pada acara selamatan kelahiran, perkawinan dan kematian, namun sekarang pemanfaatannya meluas. Bahkan, kini tanaman hias ada yang dibuat mini untuk souvenir.  Seperti sudah saya ceritakan pada artikel “Langkah Memulai Bisnis Tanaman Hias”, Fathul Maki pemilik Istana Alam Dewi Tara di Depok mendapat orderan besar dari Adenium berukuran mini yaitu sebanyak 7.000 tanaman dengan nilai omzet Rp 105 juta. Pemesan adalah sebuah perusahaan yang membelinya untuk dijadikan souvenir.

Nah, sebenarnya tanaman hias apa saja sih yang paling banyak diminati dan cocok untuk bisnis ? Saya akan bagi menjadi 2, pertama jenis tanaman hias daun yang berarti daya tariknya ada pada daunnya. Kedua tanaman hias bunga.

Jenis Tanaman Hias Daun yang Banyak Diminati


1. Tanaman Hias Aglaonema

tanaman hias aglaonema
Aglaonema dikenal juga dengan sebutan Sri rejeki oleh warga. Tanaman ini masih diminati oleh pencita tanaman hias meskipun masa trendnya bertahan selama 2 tahun pada umumnya. Red Silver, Miss Thailand, Param Ruay, Chocin merupakan contoh spesies tanaman Aglaonema. Adapun jenis yang harganya masih mahal adalah Pink Panther. 


Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah Asia beriklim sub tropis. Bentuknya sangat anggun dan cantik.  Aglaonema bisa diperbanyak baik secara generative (menanam biji) maupun vegetative (stek, cangkok, kultur jaringan dll). 

2. Tanaman Hias Sansevieria

tanaman hias sansevieria

Sansevieria dikenal dengan sebutan lidah mertua. Tanaman ini akan semakin mahal bila bentuknya unik. Selain sebagai penghias, Sansevieria juga dapat menyerap dan menetralisir racun dari udara yang kita kenal sebagai polutan. 


Bentuknya yang khas, serta akarnya yang sangat kuat bisa membantu mencegah erosi. 


3. Tanaman Hias Anthurium

tanaman hias anthurium
Salah satu jenis Anthurium Daun
Anthurium memiliki daun yang indah dan masih kerabat dekat aglaonema, keladi hias, alokasia dan philodendron. Tanaman ini tergolong jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi (pertumbuhan dan metabolisme yang terpendam, dapat disebabkan oleh lingkungan yang tidak baik).


Dahulu, taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa sering dihiasi tanaman Anthurium. Tanaman ini sangat popular karena keindahan daunnya yang bervariasi dan unik sehingga tidak heran bila banyak diminati. Sebenarnya anthurium dibagi dua jenis yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. Jadi jangan bingung yah. 


4. Tanaman Hias Puring

tanaman hias puringPuring atau kroton merupakan tanaman hias khas pekarangan. Puring cukup popular. Secara botani, tanaman ini merupakan kerabat jauh singkong. Batannya bisa menghasilkan lateks yang cukup lengket, ini merupakan cirri khas suku Euphorbiaceae. Warna daunnya yang beragam mulai dari merah, hijau, ungu, kuning, jingga dan lainnya menjadi daya tarik sendiri.


Beberapa jenis tanaman puring yang menjadi incaran diantaranya Puring Asmara, Puring Anting Raja, Puring Arjuna, Red Apple, Logam, Oscar serta jenis purin kura.



Jenis Tanaman Hias Bunga yang Banyak Diminati

1. Tanaman Hias Adenium

Adenium merupakan tanaman hias yang harganya cukup terjangkau. Namun bila bonggolnya sudah besar akan menjadi mahal, semakin unik bentuknya juga akan berpengaruh terhadap harga. 
tanaman hias adenium

Tanaman ini berasal dari Asia Barat dan Afrika yang berwilayah kering dipenuhi gurun pasir. Dikenal juga dengan Mawar Padang Pasir (Desert Rose), lantaran berasal dari wilayah kering. Tahukah anda ? Nama Adenium diambil dari kata Aden sebuah wilayah yang merupakan Ibukota Yaman, disanalah tempat asalnya. Entah mengapa, masyarakat Indonesia menamakan Adenium sebagai kamboja jepang. Perawatannya yang cukup mudah membuat tanaman ini diminati secara luas oleh para pecinta tanaman hias. Adenium adalah tanaman hias yang diminati sepanjang masa.

Kebetulan ibu saya dirumah juga mempunyai tanaman Adenium, awalnya saya tidak tahu nama tanaman ini. Oh ternyata, mirip sekali dengan Adenium ya berarti ini tanaman Adenium.


2. Tanaman Hias Euphorbia

tanaman hias euphorbia
Tanaman bunga ini memilik duri pada batangnya seperti tanaman bunga Mawar. Namun, jangan disangka keindahannya tidak bisa dinomorduakan. Bunganya yang menurut saya imut-imut lucu menjadi daya tarik bagi saya. Ibu saya juga mempunyai tanaman ini, karena hobi mengoleksi tanaman hias meskipun ibu saya orang desa. 

Ada sekitar 2.420 jenis spesies Euphorbia dan menjadikannya salah satu genus tumbuhan berbunga terbesar.  Di rumah saya, ada 3 tanaman Euphorbia, yang 2 tanaman memiliki bunga berwarna kuning kemerah-merahan dan satu lagi memiliki warna bunga seragam yaitu merah menyala.


3. Tanaman Hias Bunga Melati

tanaman hias bunga melatiMelati putih merupakan simbol nasional Indonesia karena melambangkan kesucian dan kemurnian. Tanaman berbunga ini merupakan yang paling terkenal di negara kita. Memiliki bau yang harum dan mudah perawatannya. Meskipun ada sekitar 200 jenis Melati, namun baru sekitar 9 jenis yang biasa dibudidayakan, 8 diantaranya adalah yang potensial dijadikan tanaman hias. Bunga Melati juga banyak digunakan sebagai bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi sampai teh melati. 


Melati merupakan tumbuhan asli daerah tropis yang hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati merupakan bunga wajib hiasan rambut pengantin upacara pernikahan berbagai suku di tanah air. Tidak heran bila tanaman bunga ini diminati banyak orang. Saya paling banyak melihat bunga Melati pada budaya Bali, cukup unik.


4. Tanaman Hias Asoka

Meskipun tanaman hias Asoka cukup popular di Indonesia, namun bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian. 

tanaman hias asoka

Asoka sendiri merupakan tanaman yang bisa membesar tinggi seperti pohon. Namun ada juga yang ditanam dalam pot. Biasanya akan berbunga saat musim hujan tiba.  Bunganya yang berwarna mencolok seperti api sangat menarik. Perawatan tanaman ini yang cukup mudah, bisa menjadi pilihan banyak pecinta tanaman hias.


Itulah sedikit ulasan mengenai tanaman hias yang banyak diminati dan barangkali cocok untuk dijadikan bisnis karena tergolong tanaman yang popular. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi usaha florikultura anda.  

Fajar M (kritik dan saran bisa dikirim melalui formulir kontak atau silahkan ditanggal pesan lewat kolom komentar)

Pustaka
http://daunbuah.com/
http://mediatani.com/
http://repository.ipb.ac.id/
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

6 comments

25 Januari 2016 15.55 Delete comments

eh ehh . tanaman hias nomer 1 dan 2 itu tanaman hias yang laku di jual ya gan ? saya punya banyak di rumah . dan ga tau ternyata namanya cukup beken. guguguuguu

Reply
avatar
26 Januari 2016 09.28 Delete comments

wah keren dong. dijual ajah lumayan he

Reply
avatar
26 Januari 2016 10.04 Delete comments

Indah-indah ya tanaman hiasnya, setahu saya tanaman hias seperti itu bisa dijadikan terapi stres juga loh mas.

Harganya itu berapa aja soalnya analisa harga pasarannya ga ada nih ?

Reply
avatar
26 Januari 2016 10.51 Delete comments

Sy sering baca di FB klo getah Tanaman Hias Aglaonema itu berbahaya katanya Mas.. Benar gx sih

Reply
avatar
26 Januari 2016 11.21 Delete comments

nanemny dari benih aja mas, kalo adenium mulai dari 10 ribuan jg ada benihny.

Reply
avatar
26 Januari 2016 11.22 Delete comments

wah baru tau sya mas. mungkin berbahayany cuma gatal-gatal kali ya.

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon