#

Kamis, 04 Februari 2016

Ide Bisnis Burger dengan Sajian Nyentrik Berikut Daftarnya

Roti yang diiris dua, tengahnya berisi daging dan sayuran serta saus, ini sudah biasa dan sering kita temui. Namun bagaimana bila burger yang rotinya terbuat dari nasi ? selain itu pernahkah kalian mencicipi burger vegetarian atau yang satu ini “burger telur dadar” ? dan sepertinya masih banyak burger-burger inovatif yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Yuk, kita belajar sejarah dulu . hamburger berasal dari kata “Ham”, nama ini sebenarnya diambil dari kota Hamburg Jerman, dimana asal makanan ini. Biasa juga disebut Burger, pada praktiknya hamburger sering diartikan sebaga sandwich atau jenis roti bulat lainnya.  Awalnya ini adalah makanan khas bangsa Tartar yang dulu berupa daging cincang disantap mentah yang ditambahkan perasan jeruk nipis. Hidangan ini kemudian dibawa oleh pelaut Eropa ke negaranya, yaitu kota Hamburg. 

Sementara hamburger yang kita kenal sekarang yaitu roti berbentuk bulat berisi daging berasal dari Amerika. Ini diawali oleh para imigran Hamburg yang pergi ke Amerika kemudian memperkenalkan daging burger ke orang-orang disana. Charlie Nagreen disebut-sebut sebagai pencipta hamburger dimana ia dulu mulai berjualan sandwich yang berisi bakso/daging cincang di tahun 1885, begitu menurut Komunitas Sejarah Seymour di Winconsin. Hanya saja terdapat sejumlah perdebatan mengenai asal mulai hamburger di Amerika ini.

Di Indonesia ada beberapa burger local yang akrab di mata masyarakat, diantaranya Blenger Burger dengan Cheese Burger sebagai menu andalannya. Ada juga Klenger Burger dan Edam Burger, keduanya bahkan sudah menembus pasar Timur Tengah.

Burger-burger Inovatif dengan Resep Nyentrik

Nah, karena burger sering diiklankan di media TV khususnya oleh MCDonald, maka jumlah penyuka makanan ini semakin bertambah, wah pelaku usaha burger lain jadi ikut terbantu yah !

Terus, untuk mengakali agar konsumen tidak bosan dan untuk menarik perhatian mulailah bermunculan burger-burger unik hasil dari inovasi anak-anak negeri. Berikut ini burger-burger inovatif tersebut :

1. Burger Tempe

bisnis burger tempe
Penasaran ? begitu juga dengan saya. Makanan tempe sangat kental dengan lidah masyarakat Indonesia, tapi bagaimana jika dikombinasikan dengan roti burger ? Ide nyeleneh ini cukup menarik perhatian. Disini tempe dijadikan pengganti daging cincang. Kita bisa membuat adonan tempe kukus yang dihaluskan dengan bawang putih, bawang Bombay, pala, seledri, merica, putih telur serta kecap. Semua bahan diolah menjadi adonan dan dibentuk bulat pipih menyerupai daging sosis cincang burger, setelah itu dipanaskan dengan cara digoreng.


Kelebihan burger tempe ini tentu aman dari lemak dan kolesterol. Tempe yang terbuat dari kacang kedelai mengandung protein nabati yang tinggi serta dibuatnya tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Harganya yang murah menjadi sinyal positif bagi kalian yang kebetulan ingin berbisnis burger.

Contoh pelaku usaha yang membuat burger ini adalah Tempeditional sebagai franchisor, yang menawarkan paket investasi sebesar Rp 2,5 juta. Harga 1 porsi burger tempe ini sangat murah yaitu Rp 4.000 karena isiannya tempe.

2. Burger Telur Dadar

ide bisnis burger telur dadar

Burger satu ini bikin tambah penasaran lagi ! Ini merupakan salah satu variasi rasa burger milik
franchisor Burger Boernaskophen. Sebenarnya ada variasi burger lainnya yang tidak kalah unik seperti burger kumis blanda serta burger lautan ikan. Rasanya juga bervariasi mulai dari keju, pedas, balado dan barbeque. Burger BoernasKophen membuat tagline “101% Burger Bakar” dan ternyata ada burger es krim juga loh. Pemilik waralaba ini juga membuka diri bagi franchisee yang ingin membeli paket kemitraan mulai dari harga Rp 15 juta sampai  Rp 16 juta serta paket master sebesar Rp 100-125 juta.

3. Burger Nasi

bisnis burger nasi
Namanya berasa Indonesia banget ya ! Ini paling kelihatan uniknya. Biasanya burger itu kan pakai roti, tetapi kini diganti dengan nasi. Burger Nase, itulah namanya, M Ichsan adalah owner Burger Nase ini, seperti dikutip dari seputarukm.com. Omzet yang dihasilkan Ichsan per bulan adalah sekitar
Rp 60 juta.

Burger Nase ini terbuat dari nasi, daging dan sayurang yang kemudian disajikan dalam bentuk burger. Tidak hanya itu, ada 3 macam bumbu asli Indonesia yang dikombinasikan dalam burger yaitu semur, rending dan sambal gila. Harganya cukup bervariasi mulai dari Rp 12.000 sampai Rp 19.000 per porsinya.

4. Burger Hijau

ide bisnis burger hijau

Keunikan burger satu ini dari warnanya yang hijau. Warna ini dihasilkan dari campuran daun pandan dan pewarna makanan. Tidak ada perbedaan dalam penyajiannya, seperti ditambah daging sapi, keju, mayonnaise serta potongan tomat dan mentimun. Namun maio burgernya tidak menggunakan salad, diganti lettuce. Aroma pandan terasa pada burger ini, wuzz perpaduan yang nyentrik ! Kalian bisa mencoba Maio Burger ini di Jalan Buah Batu No.205, kota Bandung, mungkin dengan mencicipinya bisa timbul ide.

5. Burger Pisang Isi Es Krim

ide bisnis burger pisang isi es krim

Sajian ini datang dari Bandung di Food Court Dago Plaza. Burger Bakar Ijo (BBI) ini memiliki rasa manis, beda sekali ya dengan burger yang kita kenal pada umumnya. Roti burger berwarna hijau dibakar terlebih dahulu, kemudian diisi es krim coklat dan es krim putih, terakhir ditambahkan pisang yang telah diiris tipis.  Agar lebih gurih, di tengahnya diberi cheese fondue.

6. Burger Taliwang

Ide bisnis burger taliwang

Ini cukup menggelitik, karena kenapa saya tidak terpikir dengan burger yang sausnya diganti dengan sambal. Ya, makanan tradisional sambal taliwang yang biasanya disajikan bersama ayam goreng, kini bisa dinikmati dengan burger. Lagi-lagi, makanan ini besutan Maung Bandung tepatnya di Aston Braga Hotel & Residence. 

Isian Burger Taliwang ini terdiri dari dada ayam yang diolah dengan sambal taliwang, kangkung plecing, kemudian dilengkapi sambal dan taburan kacang. Kalian akan menemukan 2 sambal pada 1 porsi burger ini yaitu sambal plecing dan sambal taliwang. Kreasinya lumayan juga ya guys !

Itulah 6 burger unik dengan ide nyentrik serta inovatif yang mungkin bisa memacu ide kreatif kalian yang hendak berbisnis burger. Semoga bermanfaat.

Fajar M

Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Hamburger 
https://peluangusahakecil.co/peluang-usaha-dengan-modal-minim.html
http://bisnisukm.com/nikmatnya-burger-tempe-yang-sehat.html
http://majalahpeluang.com/burger-tempe-mencari-mitra/
https://www.maxmanroe.com/burger-boernaskophen-sedapnya-peluang-bisnis-waralaba-burger-bakar.html
http://katalogwisata.com/macam-burger-burger-unik-di-kota-bandung
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

2 comments

4 Februari 2016 19.36 Delete comments

burger taliwang oke punya idenya, menggabungkan makanan tradisional dengan makanan modern. jadinya cita rasa tradisional, harga kekinian hehe

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon