#

Selasa, 16 Februari 2016

Mudahnya Bisnis Café Memanfaatkan Waralaba dengan 3 Kelebihan

Sebuah tempat dengan interior desain klasik, sedikit mewah namun santai. Terbayang bukan ? Bisnis café membutuhkan modal kencang. Namun ini pola pikir orang awam dan skeptis. Mungkin dahulu, ,iya tetapi sekarang zaman sudah berubah. 

Dimana ada masalah, itulah peluang bagi para pebisnis. Tidak heran, pebisnis selalu mencari-cari masalah. Modal usaha café yang besar kadang menjadi masalah nomor wahid sebut saja kisaran Rp 150-300 juta. Bukan karena tidak punya uang, tapi kita juga harus memikirkan bagaimana bila konsep kita ujung-ujungnnya malah rugi. Oleh karena itu, konsultan kadang sangat dibutuhkan atau kita juga bisa menggunakan waralaba café.

Usaha coffee shop atau café bisa tergolong ke dalam industri kreatif yang butuh imajinasi. Konsep dan desain interior harus benar-benar menjual. Namun dengan membeli paket investasi waralaba café, kita bisa sedikit bernafas lega.

Kumpulan Franchise cafe yang ada di Indonesia

Kelebihan Waralaba Cafe


1.  Brand Sudah Dikenal Luas
Franchisor atau pemilik waralaba biasanya sudah mengusung sebuah brand sejak lama + promosi yang gencar. Sebuah saja Starbucks Coffee yang tersohor tidak hanya di Indonesia namun seantero dunia.  Dengan 15.012-an kedai di 44 negara, membuat brand ini mudah dikenal oleh pelancong dari berbagai wilayah. Tentunya, anda hemat biaya promosi tidak usah capek-capek lagi memperkenalkan diri. Hanya saja Starbucks tidak menawarkan sistem waralaba melainkan perjanjian license bagi perusahaan yang bisa menyediakan tempat strategis.

2. Sistem Operasional Tinggal Adopsi
Salah satu kelebihan membeli paket investasi waralaba adalah sistem operasinya sudah teruji dan tinggal diadopsi. Apalagi bila anda take over franchise café yang sudah berjalan, lebih cepat balik modal dan tinggal meneruskan saja.

3.  Dukungan Manajemen
Ini yang cukup penting. Ketika ada masalah dengan usaha cafe, anda bisa meminta solusi atau bantuan kepada pemilik waralaba/franchisor. Berbeda bila anda membangun bisnis sendiri, anda tidak akan mendapat support dari franchisor yang mungkin sudah berpengalaman. 

Sistem waralaba umumnya memiliki jaringan yang luas dan perkembangan gerai yang cepat. Semakin banyak gerai, bukan berarti semakin banyak pesaing malah ini bisa menguntungkan karena brand café akan semakin dikenal oleh orang-orang di berbagai wilayah. Misal, Di kota Jakarta ada café Starbut milik franchisee lain, warga kota Jakarta tahu betapa cozy-nya suasana café Starbut + kopinya yang nikmat, ketika mereka pergi ke kota Bogor dimana café Starbut milik anda berada pastinya mereka berpotensi untuk mampir bila ingin ke cafe.

Setelah saya searching, ternyata ada cukup banyak yang menawarkan paket investasi waralaba café. Berikut ini daftar franchise café di Indonesia yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi anda :

Daftar Waralaba Cafe di Indonesia


1. MLG Coffee Shop

Konsep interior MLG Coffee Shop mengusung semangat optimis, kemenangan dan kebebasan dengan semboyan pelayanan “Kami adalah sahabat, kerabat dan rekan bagi konsumen”. Konsepnya Classic yang mengedepankan Culture Indonesia dan Budaya Kota Malang. Ada beberapa pilihan paket yang ditawarkan MLG Coffee Shop mulai dari tipe Booth sampai Coffeeshop. 
- Tipe Booth Minimalis Rp 12 juta
- Tipe Booth Exclusive Rp 15 juta
- Tipe Bike Booth Rp 35 juta
- Tipe Mini Lounge Rp 250 juta
- Tipe Coffeeshop Rp 400 juta
- dan sebagainya

2.  Waralabakopi.com

Waralabakopi adalah supplier bahan baku kopi, namun mereka juga menawarkan paket investasi waralaba café. Beridir sejak tahun 2009 dan terus berkembang menunya. Ada sekitar 70 sajian yang sudah diciptakan sejauh ini. Anda bisa memilih mulai dari Tipe Booth dengan harga Rp 9,5 juta, Mini Café Rp 15,3-22 juta, Paket House of Café sampai Paket Custom.

3. Coffee Toffee

Berdiri sejak 2008 Coffee Toffee sudah memiliki lebih dari 142 outlet hingga luar pulau Jawa. Waralaba ini merupakan coffee house asli lokal dengan produk minuman berbahan baku biji kopi Indonesia seperti Arabika dan Robusta. Pemilik waralaba ini sangat selektif memilih calon mitranya (franchisee), karena ia ingin mitranya memiliki semangat bisnis demi perkembangan café tersebut. Modal investasi yang harus disiapkan terbilang cukup besar yakni Rp 750 juta sampai Rp 900 juta dan itu diluar sewa tempat. Kita juga perlu menyediakan tempat seluas minimal 150 meter persegi.

4. Gloria Jeans Coffees

Gloria Jeans Coffees kini menawarkan gerai take over milik mereka bagi anda yang ingin membuka café. Sebagian besar gerai bisa anda temukan di beberapa kota besar tidak terkecuali 6 gerainya di Pulau Dewata Bali. Bagi anda yang belum paham konsep take over, yaitu kita mengambil alih (membeli) gerai Gloria Jeans Coffees yang sudah berjalan dengan harga yang disepakati.

5. Sebastian Coffee Shop

Café ini memiliki konsep kedai kopi semi-outdoor dimana dindingnya terlihat seperti truk container. Setelah saya baca ternyata dindingnya benar-benar memakai truk container. Sebastian Coffee Shop ini sudah berdiri lebih dari 3 tahun dan sudah memiliki 3 outlet dengan 2 mitra kerja. Paket investasi yang ditawarkan mulai dari Rp 500 juta untuk office building dan Rp 800 juta- 1 miliar bagi yang ingin berbisnis sendiri. Anda akan mendapatkan semua perlengkapan dan pendampingan sebulan penuh.

Meskipun kadang perlu merogoh kocel dalam-dalam, namun bisnis cafe terlihat masih cerah seiring meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tentunya diharapkan, daya beli masyarakat kita bisa meningkat dan menyamai daya beli warga Singapura di masa akan datang. Dengan demikian peluang usaha café menjadi sangat potensial. Semoga bermanfaat !

Fajar M

Lihat juga : Usaha Cafe Tenda

Pustaka :

  • http://www.plasafranchise.com
  • http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/viewFile/702/682
  • http://www.modifikasi.com/showthread.php/96150-berapa-sih-modal-buat-buka-usaha-cafe-help!
  • http://intisari-online.com/read/inilah-manfaat-berbisnis-franchise-
  • http://www.beritafranchise.com/2012/12/harga-franchise-starbucks-indonesia.html



|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon