#

Senin, 08 Februari 2016

Daftar Franchise Makanan Burger beserta Paket Investasinya

Banyak pemilik waralaba yang menawarkan paket investasi burger, tentunya dengan harga yang bervariatif. Disebut-sebut ini adalah burger lokal karena kreasi anak-anak negeri. Sekarang banyak sekali franchise makanan burger, sebagian besar mereka juga melakukan inovasi-inovasi untuk menciptakan penampilan dan cita rasa berbeda. 

Ide nyentrik dengan teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) sangat kental dipraktekan para pelaku bisnis waralaba ini. Pada artikel yang saya tulis  sebelumnya “Ide Bisnis Burger dengan Sajian Nyentrik” telah diulas burger-burger unik cita rasa lokal, mulai dari burger tempe, burger telur dadar, burger nasi dsb. Mungkin yang paling banyak dicari sekarang-sekarang ini adalah blenger burge. Mengapa saya mengatakan paling banyak dicari ? Ya karena jumlah pencarian kata kunci tersebut di Google menembus angka ribuan per bulan. Sayangnya franchise Blenger Burger masih dibatasi dan saya pun belum menemukan informasi paket investasinya. Pemiliknya bernama Erik mengaku masih membatasi jumlah waralaba karena sulit mengontrol kualitas rasa. Entah kenapa kata kunci Blenger Burger ini banyak dicari di Google, padahal saya belum menemukan website resminya atau bahkan jangan-jangan memang belum memiliki website.

Burger bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan bila ditekuni dan dibumbui ide nyentrik. Memilih menjadi franchisee atau membeli paket investasi waralaba burger bisa menjadi pilihan bagi kita yang ingin cepat balik modal dan instan. Nah, daripada penasaran, berikut ini saya sajikan merk-merk burger yang menawarkan paket franchise :


1.  Edam Burger

Burger lokal satu ini berdiri sudah cukup lama yakni tahun 1990, tidak heran bila kalian mengetikkan “Franchise Burger” maka yang muncul di page one teratas adalah website Edam Burger. “Burgernya Orang Indonesia”, begitulah tagline-nya. Usaha ini bergerak dibidang industri makanan siap saji seperti burger, sosis serta pizza. Pemiliknya pun menyediakan sarana penjualan berupa counter tetap, becak, dorong, sepeda motor sampai café dan resto. Edam Burger berpusat di Jakarta Timur Jl.Malaka Raya No.104, Perumnas Kelender Malaka Sari – Duren Sawit – Jakarta Timur.

Edam Burger memiliki 14 pabrik sebagai perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia serta 25 distributor. Luar biasanya lagi, sudah ada sekitar 3.000-an mitra counter, gerobak/PKL keliling, café dan resto binaan. Cocok sekali bagi kalian yang sedang mencari paket kelas menengah kebawah karena investasinya murah meriah. Berikut ini paket investasi berdasarkan jenis counter :
  • Counter Stay/Tetap  Rp 3.500.000 + Perlengkapan
  • Counter Dorong  Rp 4.000.000 + Perlengkapan
  • Counter Sepeda Rp 5.000.000 + Perlengkapan
  • Counter Sepeda Motor Rp 3.000.000 + Perlengkapan (motor tidak termasuk)

Wuzz, murah meriah ya !

2. Boernaskophen “101% Burger Bakar”

Pertama kali yang membuat saya terheran-herana adalah tulisan “Waralaba Burger Es Krim.....”. Lah, burger rasa es krim, bagaimana jadinya tuh ?. Tulisan tersebut bisa kita lihat pada header website resmi Boernaskophen, tulisannya seperti ini  “waralaba burger es krim dan burger bakar pertama dan satu-satunya di Indonesia.”. Waralaba ini beralamat di Jln. Kyai Telingsing No.9 Kudus.

Sebenarnya saya agak bingung karena pada website resmi boernaskophen tidak memberi penegasan mengenai produk burger yang ada, tapi kita bisa lihat dari gambar headernya. Disitu terlihat jelas bahwa boernaskophen memiliki aneka burger seperti Burger Kumis Blanda, Beef, Lautan Ikan dan Telur Dadar serta tertulis Burger Es Krim. Wah unik-unik ya burgernya. Disitu terdapat tulisan pula yaitu rasa balado, barbeque, keju dan pedas. Daripada penasaran, silahkan cek websitenya di boernaskophen.com.

Paket kemitraan yang ditawarkan diaantaranya :
  1. Paket Rp 8 juta (intinya kita menggunakan Booth ukuran 100 x 60 x 170)
  2. Paket Rp 10 juta (bahannya lebih banyak + Booth ukuran 120 x 60 x 170)
  3. Paket Rp 15 juta (bahannya lebih banyak dari no.2 dan Booth ukuran yang sama dengan no.2 + tabung gas)

Ada video traning cara pembuatan dan penyajian ice creamnya juga loh. Maklum, disini juga ada burger es krim.

3.  Big Burger

Big Burger, apakah burgernya sebesar namanya ?  Waralaba ini berpusat di kota Semarang dan sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Salah satu gerai Big Burger di Semarang penjualan rata-ratanya menembus 800 porsi per hari, luar biasa. Menu burger yang ditawarkan diantaranya 
  • Beef Burger
  • Beef Sosis
  • Big Burger 
  • Sunny Beef Burger (yang satu ini ada telur mata sapinya)
  • Cheese Burger
  • Crispy Onion Ring

Sayangnya Big Burger hanya menawarkan paket franchise dalam bentuk Gerai / Café yang harganya diatas Rp 40 juta. Namun keuntungan yang bisa diperoleh cukup besar Rp 9-15 juta per bulan untuk Mini Geray. Berikut ini 2 paket kemitraan Big Burger ;

1. Mini Gerai / Mini Kafe
Harganya tergantung lokasi, namun dalam kisaran Rp 42 juta. Keuntungan bersih diklaim bisa menembus Rp 9 -15 juta per bulan dengan kapasitas 250 burger per hari.

2. Gerai / Kafe
Harga tergantung lokasi, untuk Jawa Tengah sekitar Rp 57 juta, sementara Luar Jawa Tengah Rp 59 juta. Keuntungan bersih per bulannya mencapai Rp 15 – Rp 25 juta . Kapasitas penjualan sampai 400 burger per hari. 

Selengkapnya bisa dicek di website resminya big-burger.net

4.  Mister Burger

Berdiri pada tahun 1995 dengan membuka tempat perdana di Holland Beliving Building, Jalan Jenderal Soedirman No.48 C, Yogyakarta. Mister Burger memiliki Menu produk yang cukup banyak dan mungkin tidak bisa saya sebutkan satu per satu, diantaranya :

Burger
- Mister Prosperity
- Mister Beef
- Mister Cheese
- Mister Ring on
- Mister Juicy
- Mister Sunny
- Dsb

Hot Dog
- Hot Sosis Bolognese
- Hot Sosis BBQ
- Hot Sosis Bone
- Hot Sosis Blackpepper
- dsb 

Mister Burger tidak menginformasikan paket investasi yang ditawarkan, namun membuka kesempatan bagi kit yang hendak bermitra. Silahkan lihat langsung di website resminya misterburger.co.id untuk melihat penawaran kemitraan.


5. Buana Bakery

Awalnya bernama Mahkota kemudian berganti nama menjadi “Buana” karena nama Mahkota sudah milik perusahaan lain. Toko Roti Buana pertama dibuka di Jakarta pada November 1998. Dulunya Buana ini fokus menjual mesin pembuat roti, karena kesulitan menjual akibat krisis moneter tahun 1997 akhirnya mencoba peruntungan memanfaatkan mesin tersebut untuk membuat roti sendiri. 
Paket investasi yang diatawarkan Buana Burger diantaranya :
  • Tipe Stay Counter Rp 3.500.000
  • Tipe Mobile Cart Rp 7.000.000

Harga jual burger dan hot dog yang disarankan cukup murah yaitu Rp 6.000 dengan marjin Rp 2.050. Kalian bisa melihat langsung di website resminya buanabakery.com

Nah itulah 5 Franchisor yang menawarkan paket kemitraan bagi kalian yang hendak berbisnis  franchise makanan burger. Makanan modern bernuansa lokal, patut dicoba.

Fajar M
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon