#

Minggu, 28 Februari 2016

9 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer untuk Bisnis

Meskipun tidak semarak bisnis kuliner atau pun bisnis – bisnis populer lainnya, nyatanya bisnis ikan hias air tawar terus mengalami peningkatan trend setiap tahunnya. Jika sebelumnya bisnis ikan hias hanya disesaki oleh beberapa jenis ikan hias saja, saat ini bisnis yang satu ini telah dipenuhi dengan berbagai jenis ikan hias baru yang berasal dari manca negara.

9 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Menjanjikan untuk Bisnis


Ikan Koki

Ikan Hias Air Tawar Mas Koki

Ikan Koki pada dasarnya merupakan salah satu varian ikan mas yang memiliki bentuk yang unik, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai pajangan / ikan hias. Ikan ini pertama kali populer di negara Cina yang belakangan terus menyebar ke negara – negara lainnya. Saat ini tercatat sudah ada lebih dari 12 jenis ikan koki yang diperdagangkan di seluruh penjuru dunia.

Ikan Koi

Sama seperti halnya ikan Koki, ikan Koi juga merupakan salah satu jenis ikan mas yang banyak dijadikan ikan hias. Ikan mas Koi pertama kali dipopulerkan di Negara Jepang di tahun 1820-an. Ikan yang merupakan ikan hasil persilangan beberapa jenis strain ikan mas ini kini telah menyebar dan dikenal di seluruh penjuru dunia. 

Ikan Cupang

Ikan Hias Air Tawar Cupang

Berbeda dengan dua ikan yang sebelumnya, ikan cupang merupakan ikan hias air tawar endemik tanah air dan beberapa negara – negara lainnya di Asia Tenggara. Berkat bentuknya yang indah dan sifatnya yang unik, ikan ini kini benar – benar telah populer di kalangan para pecinta ikan hias dari seluruh penjuru dunia.

Ikan Arwana

Sama seperti halnya ikan Cupang, ikan Arwana juga merupakan salah satu ikan hias endemik Negara Indonesia yang telah dikenal sejak lama sebagai ikan hias berharga mahal. Konon, harga satu ekor ikan hias yang telah dipasarkan ke hampir seluruh penjuru dinia ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Ikan Guppy

Pertama kali ditemukan di perairan Amerika Selatan, Ikan Guppy kini juga telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Meskipun ukurannya terbilang sangat mungil, ikan ini memiliki harga jual yang cukup tinggi loh. Satu ekor ikan Guppy kabarnya bisa berharga puluhan ribu rupiah. Jadi dapat dibayangkan kan berapa keuntungan yang bisa didapatkan jika mampu memasarkan ribuan ikan Guppy?

Ikan Lou Han

Sama seperti halnya ikan Mas Koi, ikan Lou Han merupakan ikan hias hasil persilangan yang tidak dapat ditemukan di alam bebas. Sejak pertama kali ditemukan di salah satu lab di Malaysia, ikan yang memiliki ciri khas kepala benjol ini kini telah menyebar ke seluruh penjuru Dunia.

Ikan Discus

Ikan Hias Air Tawar Discus

Ditemukan pertam akali di perairan Amazon, ikan Discus saat ini juga telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Berkat bentuk dan warnanya yang indah, satu ekor ikan Discus kabarnya bisa dihargai hingga jutaan rupiah loh. 

Ikan Neon / Injel

Memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan Ikan Guppy, Ikan Neon saat ini juga cukup populer di kalangan pecinta ikan hias di seluruh penjuru dunia. Konon, meskipun ukurannya sangat kecil, harga satu ekor ikan yang memiliki warna mengkilap ini dapat mencapai puluhan ribu rupiah loh.

Ikan Sapu – sapu Hias

Ikan Hias Air Tawar Sapu-sapu

Sempat dianggap sebagai hama, belakangan ini ikan Sapu – sapu juga cukup banyak diminati oleh para pecinta ikan hias air tawar. Bentuknya yang unik disertai kebiasaannya yang aneh membuat ikan ini terlihat benar – benar berbeda dari kebanyakan ikan hias yang lainnya. Sejumlah ikan sapu-sapu juga memiliki warna yang menarik sehingga dijadikan ikan hias.

Itulah 9 jenis ikan hias air tawar paling populer untuk bisnis. Jadi, apakah Anda sudah menentukan jenis ikan apa yang akan Anda jadikan sebagai komoditi bisnis Anda?


Sumber : 

  • http://warbiasya.com/10-jenis-ikan-air-tawar-yang-sangat-digemari-pecinta-ikan/
  • http://www.satujam.com/jenis-ikan-mas-koki/

|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon