#

Kamis, 18 Februari 2016

Jangan Anggap Remeh Usaha Es Kelapa Muda, Begini Caranya

Es kelapa muda merupakan minuman sejuta umat. Selain dikenal luas, peminatnya tidak bisa dianggap remeh. Sajiannya sangat sederhana, namun menjadi pelepas dahaga yang sangat diminati hampir semua kalangan atau usia.

Situs Wikipedia sendiri mengatakan bahwa minuman ini berasal dari Indonesia. Bahkan pada tahun 2011 CNN pernah memasukkannya kedalam 50 minuman terenak di dunia dan es kelapa muda ini menduduki peringkat ke-19. Masih menganggap remeh es satu ini ?

Pak Ambe, merupakan penjual es kelapa dengan omzet Rp 30 juta per bulan. Beliau juga menjual es jeruk dan sudah melakoni usahanya lebih dari 7 tahun. Ada satu pesan dari Pak Ambe seperti dikutip dari economy.okezone.com  :
“Semua pekerjaan itu sebetulnya sama saja, yang penting usaha kita untuk terus maju”
Setelah dipikir-pikir, memang ada benarnya kata-kata Beliau. Semua bidang pekerjaan, masing-masing pasti ada orang suksesnya. Kegagalan umumnya lebih diakibatkan oleh cara kita menyikapi peluang dan tantangan. 

Usaha es Pak Ambe ini berhasil karena ia tekun dan terus berusaha mengutamakan pelayanan. Pak Ambe kini mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi adik dan para keponakannya.
Berinovasi dalam Usaha Es Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda

Wajar saja, selain rasanya pas di lidah air kelapa ternyata juga menyimpan manfaat yang sangat penting. Beberapa manfaat dari air kelapa muda ini diantaranya :
  1. Penyejuk dahaga
  2. Pengganti cairan tubuh
    Air kelapa memiliki elektrolit alami yang bisa mengganti cairan tubuh yang hilang.
  3. Sebagai infus
    Tahukah anda bahwa air kelapa bisa dijadikan sebagai infus. Umumnya banyak dimanfaatkan oleh angkatan militer saat beroperasi di rimba.
  4. Mencegah gangguan pencernaan
  5. Baik bagi penderita jantung dan diabetes
  6. Membersihkan racun dari tubuh
  7. Menyembuhkan infeksi urin
    Sudah sejak lama air kelapa dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Air kelapa merupakan obat alami penyembuhan infeksi urin, ini tentu berlaku pada kesehatan batu uretra dan ginjal.
  8. Bagus bagi ibu hamil
    Air kelapa baik bagi ibu hamil bila rajin diiminum karena bisa membuat air ketuban bersih dan bayi lahir dengan kulit yang bersih, lebat rambutnya serta bening matanya.
  9. Menyehatkan rambut
  10. Sebagai diuretic
    Air kelapa memiliki kemampuan memperlancar pengeluaran air seni.
  11. Membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung
    Air kelapa bermanfaat juga untuk mempercepat naiknya trombosit bagi penderita DBD dan menurunkan demam.
Baca juga : 2 Es Krim Cantik dan Unik Cocok untuk Ide Bisnis

Belajar dari Es Kelapa Muda Ala Mamadecoco, Ciptakan Inovasi !

Satu hal yang bisa saya pelajari dari Mamadecoco, yaitu “inovasi”. Bayangkan Gerai Mamadecoco menyajikan es kelapa keju, serta es kelapa durian. Tentu ini sesuatu yang berbeda bukan ?

Rohadi Wijaya merupakan pemilik dari Mamadecoco dan saat ini ia juga tengah mewaralabakan bisnisnya. Kita bisa investasi mulai dari Rp 15 juta sampai Rp 25 juta. Brand Mamadecoco ini sudah dipatenkan dan gerainya sudah ada dari 2007. Satu gelas es kelapa ia banderol antara Rp 4.000-6.000.

Hal yang biasa bukan berarti tidak potensial, semakin banyak ide-ide kreatif maka hal yang biasa bisa menjadi sangat unik. Satu pelajaran lagi bisa kita petik kali ini. Dengan demikian, bagi anda yang sedang atau ingin berbisnis es kelapa muda jangan berpikir sempit. 


Ide Sajian Es Kelapa Muda yang Ada Resepnya

Berikut ini saya berikan varian Es Kelapa Muda yang bisa anda buat. Semoga bisa menginspirasi dan silahkan cari resepnya di Google :
  1. Es Klamud Vanilla
  2. Es Klamud Avocado
  3. Es Kelapa Lemon Madu
  4. Es Klamud Biji Selasih
  5. Es Timun suri, Kelapa Muda dan Mangga (Perpaduan antara ketiganya)
  6. Squash Kelapa Muda Pandan Hijau
Pernah terbayang Sop Duren ? yap, menurut saya ini adalah salah satu bentuk inovasi yang mampu memberi cita rasa berbeda. Anda bisa membayangkan bagaimana memoles ide es kelapa muda menjadi tidak hanya sekedar minuman pelepas dahaga melainkan juga bernilai wisata bagi pecinta kuliner dan bercita rasa baru ! Semoga bermanfaat dan pikirkan inovasinya.

Fajar M

Artikel terkait lainnya : Bisnis Es Pisang Coklat, Masih Ingat ?

Pustaka :

  • http://economy.okezone.com/read/2013/11/05/455/892157/pak-ambe-untung-rp30-juta-dari-jualan-es-jeruk-kelapa
  • https://umkmjogja.com/berbisnis-es-kelapa-muda-ala-mamadecoco.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Es_kelapa_muda
  • https://cookpad.com/id/cari/es%20kelapa%20muda
  • http://www.kulineri.com/2015/01/resep-membuat-es-kelapa-unik.html
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon