#

Senin, 22 Februari 2016

Surga Dunia di Natuna Pulau Terdepan NKRI

Oleh: Rahmad 
(Peneliti Rokhmin Dahuri Institute)

Kabupaten Natuna merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, dengan Kota Ranai di Pulau Bunguran sebagai ibu kota kabupaten. Wilayah Kabupaten Natuna dikelilingi oleh laut dalam serta berada diujung Utara Indonesia, berbatasan langsung dengan perairan Vietnam, Kamboja, Malaysia dan Singapura. Kabupaten Natuna memiliki luas 264.198,37 Km2 dengan luas daratan 2.001,30 Km2 dan lautan 262.197,07 Km2 atau mencapai 99,24 persen berupa laut. Selain memiliki laut yang luas, Kabupaten Natuna juga memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar, baik perikanan tangkap, perikanan budidaya, maupun potensi pariwisata bahari jasa lingkungan lainnya yang belum optimal pemanfaatannya. 

Sebagai gugusan kepulauan wilayah Kabupaten Natuna memiliki pemandangan yang indah, dengan panorama pantai yang masih terjaga keasriannya. Sejumlah lokasi di Kabupaten Natuna bahkan menjadi tempat favorit bagi penggemar snorkling, pengamat habitat penyu, dan pecinta wisata bawah air. Potensi wisata yang terdapat di Kabupaten Natuna sebenarnya relatif banyak terutama obyek wisata bahari. Objek wisata tersebut berada pada daerah-daerah pesisir pantai dan pulau-pulau kecil yang mengelilingi Kabupaten Natuna. Namun pengembangan objek wisata di Kabupaten Natuna masih terkendala dengan minimnya sarana dan prasarana pendukung terutama kawasan pariwisata yang berada di pulau-pulau kecil yang berada diujung Kabupaten.

Pada tahun 2013 kunjungan wisatawan ke Kabupaten Natuna mencapai 217.620 pengunjung dan menginap di 40 unit hotel/penginapan yang tersebar di 8 kecamatan, yaitu Kecamatan Midai, Bunguran Barat, Bunguran Timur, Serasan, Bunguran Utara, Pulau Laut, Pulau Tiga, dan Subi. Jenis objek wisata potensial di Kabupaten Natuna terdiri dari 54 lokasi wisata bahari, 3 lokasi wisata air terjun, 20 lokasi wisata gunung, 42 lokasi wisata situs sejarah dan 3 lokasi wisata lainnya (Natuna dalam Angka 2014).

Keadaan Terumbu Karang di Natuna
Kondisi Ekosistem Terumbu Karang di Natuna

Sebanyak 92 persen atau lebih dari 200.556 sasaran wisatawan yang datang ke Kabupaten Natuna adalah para wisatawan penikmat pariwisata bahari. Objek pariwisata di Kabupaten Natuna tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Natuna. Daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata di Kabupaten Natuna adalah wisatawan dapat berjemur, renang, memacing, selancar, penoramik, penelitian, hiking, camping, agrowisata, cagar budaya, jogging, climbing, persailing, dan sepeda air. Selain itu keindahan alam di Kabupaten Natuna masih sangat alami sehingga keindahannya sangat memanjakan mata. 

Perairan Pulau Tiga dan Pantai Batu Kasah Natuna
Kondisi Perairan Pulau Tiga dan Keindahan Pantai Batu Kasah Natuna

Pada tahun 2013 sebanyak 84% wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Natuna memiliih Kecamatan Bunguran Timur Laut sebagai tempat wisata, dikarenakan Kecamatan Bunguran Timur Laut memiliki lokasi atau tempat wisata yang paling banyak dibandingkan Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Natuna. Sedangkan, berdasarkan keputusan Bupati Natuna Nomor 148 Tahun 2010 terdapat 10 objek wisata di Kabupaten Natuna yaitu Pulau Senua di Kecamatan Bunguran Timur, Pantai Sengiap dan Pantai Teluk Selahang di Kecamatan Bunguran Timur Laut, Pantai Teluk Depeh di Kecamatan Bunguran Selatan, Pantai Teluk Buton di Kecamatan Bunguran Utara, Pantai Sisi di Kecamatan Serasan, Batu Senduyung di Kecamatan Serasan Timur, Batu Catur di Kecamatan Serasan, Pantai Batu Kasah dan Cemaga di Kecamatan Bunguran Selatan, dan Pulau Kembang di Kecamatan Bunguran Barat. 

Untuk berkunjung ke Kabupaten Natuna dapat menggunakan transportasi udara (sriwijaya air dan wings air) melalui Bandara Hang Nadim Batam ataupun dapat menggunakan Kapal laut melalui Pelabuhan Batam maupun Pelabuhan Pontianak. Di Kabupaten Natuna sendiri dapat menggunakan jasa mobil rental, ojek maupun jasa angkutan kapal pompong untuk mengelilingi pulau-pulau kecil dengan destinasi wisata pantai dan wisata bawah air yang memukai. Oleh karena itu, dengan potensi keindahan alam, keindahan pantai dan potensi wisata bawah air yang sangat memukau, maka sangat layak Kabupaten Natuna merupakan salahsatu surga dunia di pulau terdepan NKRI.


BIODATA PENULIS


Rahmad S.Ik merupakan peneliti di Rokhmin Dahuri Institute. Lahir di Meunasah Aron, 1 Januari 1991 kini beliau tinggal di Bogor. Gelar S1 nya ditempuh di IPB jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan. Bila anda ingin menghubunginya silahkan kontak via e-mail : rahmad_itk@yahoo.co.id




|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon