#

Selasa, 01 Maret 2016

Buktikan Jual Beli Barang Bekas Bukan Bisnis Rendahan, Begini Caranya!

Dewasa ini, bisnis – bisnis berskala kecil seperti bisnis jual beli barang bekas dan juga bisnis pertanian skala kecil sering kali dianggap sebagai bisnis rendahan. Bisnis – bisnis skala gurem seperti ini biasanya dianggap tidak begitu potensial untuk dijalankan karena aktivitas bisnisnya yang terkesan sepele dan hasil atau pun keuntungan yang didapatkan tidak sebesar hasil yang bisa didapatkan dari bidang bisnis yang lainnya. Padahal, jika dijalani dengan sungguh – sungguh, semua jenis bisnis yang legal itu menjanjikan masa depan yang cerah loh.

Nah, untuk Anda yang ingin membuktikan bahwa bisnis jual – beli barang bekas bukan lah bisnis yang rendahan, berikut merupakan beberapa kiat sukses yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan bisnis ini :

Kiat Sukses Berbisnis Jual – Beli Barang Bekas


Fokus Pada Satu Jenis Barang

Jual Barang Bekas untuk memperoleh Penghasilan
Meskipun terlihat jauh lebih sempit, ternyata berbisnis satu jenis barang bekas jauh lebih potensial untuk dilakukan loh. Ya, dibandingkan harus mengurusi banyak barang sekaligus, fokus di satu jenis barang saja akan membuat bisnismu jauh lebih mudah untuk dikontrol. Tidak hanya itu, dengan fokus pada satu jenis barang, bisnis Anda pun akan menjadi jauh lebih dikenal oleh calon pembeli dan penjual.

Berikan Harga yang Rasional

Siapa sih yang rela menjual barang bekas dengan harga yang terlalu murah, atau membelinya dengan harga yang terlalu mahal? Jawabannya tidak ada. Oleh karena itu, agar penjual barang bekas tidak malas menjual barangnya kepada Anda dan para calon konsumen tidak malas membeli barang dari Anda, maka berilah harga yang masuk akal untuk keduanya.

Gunakan Lapak Sendiri

Agar usaha jual – beli barang bekas yang Anda lakukan lebih mudah diakses baik oleh penjual atau pun oleh pembeli, maka sebaiknya Anda menggunakan lapak atau pun tempat jual barang bekas sendiri yang tidak berpindah – pindah. Tidak perlu yang berukuran besar, asalkan tempat tersebut dapat digunakan untuk menyimpan barang bekas dan diakses oleh pembeli dan penjual saja sudah cukup kok.


Promosi

Agar usaha jual – beli barang bekas yang Anda lakukan lebih dikenal baik oleh calon pembeli atau pun calon penjual, maka Anda harus melakukan aktivitas promosi. Beberapa metode promosi yang bisa dilakukan yaitu metode word of mouth, metode iklan di koran, dan juga metode online.

Beri Nilai Tambah pada Barang Bekas yang Anda Jual

Barang bekas yang masih layak pakai dan memiliki kondisi fisik yang baik tentunya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan barang bekas yang sudah tidak layak pakai. Oleh karena itu, sebelum Anda menjualnya, agar barang bekas Anda laku dijual dengan harga mahal, perbaiki atau pun olah lah terlebih dahulu barang bekas tersebut. Dengan diolah terlebih dahulu, dapat dipastikan keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar.

Urus Ijin Usaha dan Bayar Tenaga Kerja dengan Layak

Agar usaha Anda tidak tersandung berbagai macam masalah dengan pihak aparat pemerintahan, maka ada baiknya Anda melengkapi berbagai macam dokumen usaha yang dibutuhkan seperti SIUP, NPWP, akta badan usaha, dan berbagai macam dokumen penting lainnya. Tidak hanya itu, agar usaha Anda berjalan lancar dan terus mengalami perkembangan, berilah setiap pekerja Anda gajih atau pun bayaran yang sesuai.

Itulah beberapa tips dan cara berjualan barang bekas yang layak untuk Anda coba. Perlu diketahui setiap aktivitas bisnis hanya bisa menghasilkan jika kesemuaannya dijalankan dengan semangat dan antusias. Oleh karena itu, terus jalani aktivitas bisnis Anda dengan semangat dan antusias ya!

Sumber :
  • http://inginbisa.com/tips/mall-rongsok-tempat-jual-beli-barang-bekas-terlengkap.htm
  • https://www.maxmanroe.com/6-tips-sukses-berbisnis-jual-beli-barang-bekas.html
  • http://www.banjirpelanggan.com/rahasia-sukses-jadi-pebisnis-rongsokan/
  • http://www.wirasejati.com/2014/12/7-kiat-sukses-membangun-usaha-pengepul-barang-bekas.html


|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

2 comments

1 Maret 2016 17.25 Delete comments

Memang pada zaman sekarang bisnis jual beli barang bekas sudah menjadi gaya bisnis yang menguntungkan :)

Reply
avatar
2 Maret 2016 06.37 Delete comments

mari jadi pemulung gan..

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon