#

Kamis, 17 Maret 2016

Cara Kirim barang ke Luar Negeri Ongkos Kirimnya Ditentukan 4 Hal

Ketika cakupan usaha yang Anda jalankan sudah merambah ke dunia internasional, maka mau tidak mau Anda harus berurusan dengan berbagai macam pihak di luar negeri. Ketika Anda menjalankan bisnis produsen ikan hias misalnya, jika pangsa pasar usaha ikan hias Anda sudah merambah pasar luar negeri, maka secara otomatis Anda harus mengirimkan komoditi ikan  hias Anda ke negara tempat tinggal konsumen Anda.

Nah, bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis namun belum mengetahui tata cara pengiriman barang ke luar negeri, kali ini kami akan menjelaskan secara singkat beberapa cara kirim barang ke luar negeri.

 
Mengirim barang ke luar negeri via jasa pengiriman

Beberapa Perusahaan Pengiriman Barang yang Bisa Dimanfaatkan

Berbeda dengan aktivitas pengiriman barang di dalam negeri yang dapat dilakukan dengan sangat mudah, aktivitas pengiriman barang ke luar negeri cenderung agak sedikit lebih rumit. Tidak hanya itu, jumlah perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang melayani aktivitas pengiriman barang ke luar negeri juga jauh lebih sedikit jumlahnya.

Beberapa perusahaan di Indonesia yang melayani pengiriman barang ke luar negeri, yaitu:
  • POS Indonesia
  • UPS
  • DHL
  • TNT
  • Fedex

 

Prosedur Standar Pengiriman Barang Ke Luar Negeri

Pada dasarnya prosedur standar pengiriman barang ke luar negeri hampir sama dengan prosedur pengiriman barang di dalam negeri. Singkatnya, untuk mengirim barang ke luar negeri, Anda harus:
 
1. Mengajukan Permohonan Pengiriman Barang
Sama seperti halnya proses pengiriman barang di dalam negeri, langkah awal yang harus dilakukan untuk mengirim barang ke luar negeri adalah mengajukan permohonan pengiriman barang ke perusahaan jasa pengiriman barang yang akan digunakan. Dalam langkah ini, Anda dapat mengunjungi perusahaan pengiriman barang secara langsung, atau memanggil kurir perusahaan untuk menjemput barang kiriman Anda (jika perusahaan yang digunakan menyediakan layanan jemput barang).
 
2. Memberikan Informasi Terkait Pengiriman Barang
Setelah kita mengajukan permohonan pengiriman barang, selanjutnya pihak perusahaan pengiriman barang biasanya akan meminta beberapa informasi pendukung yang terakit dengan aktivitas pengiriman barang seperti alamat tujuan pengiriman, contact yang dapat dihubungi, jenis layanan pengiriman yang ingin digunakan, layanan asuransi, dan berbagai macam informasi terkait lainnya.
 
3. Membayar Fee/Biaya Pengiriman Barang
Setelah semua informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan telah selesai Anda berikan, karyawan perusahaan biasanya akan langsung memberitahukan Anda mengenai besaran tarif kirim yang akan dibebankan kepada Anda sekaligus memberikan beberapa alternatif pembayaran yang dapat Anda gunakan. Dan sesaat setelah Anda membayar tarif yang ditagihkan, permohonan pengiriman barang Anda ke luar negeri akan segera diproses.

 

Tarif Pengiriman Barang Ke Luar Negeri

Setiap perusahaan penyedia jasa pengiriman barang ke luar negeri memberikan tarif harga yang berbeda – beda satu sama lainnya. Menurut penuturan salah satu anggota forum Kaskus yang sudah sering mengirim barang ke luar negeri, beberapa perusahaan yang menetapkan biaya kirim barang ke luar negeri relatif murah yaitu : Pos, EMS, dan UPS. Dari tiga perusahaan tersebut Tarif kiriman pos ke luar negeri kabarnya merupakan yang paling murah.

Selain itu, biaya pengiriman barang ke luar negeri juga dipengaruhi oleh beberapa hal di bawah ini:
  • Bobot dan dimensi barang yang akan dikirim
  • Jenis layanan yang akan digunakan (laut / darat / udara)
  • Besaran biaya asuransi yang akan digunakan
  • Biaya packing, dll.
Nah, jadi sudah tahu kan bagaimana cara mengirim barang ke luar negeri. Semoga bermanfaat ya!

|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon