#

Kamis, 03 Maret 2016

Cara Menjadi Pengepul Barang Bekas yang Sukses

Usaha pengepul barang bekas belakangan ini semakin banyak dilirik oleh para pelaku usaha. Tingginya margin keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis pengepul barang bekas membuat usaha yang dahulu dipandang sebelah mata ini menjadi cukup diperhitungkan. Bahkan, karena gurihnya bisnis yang satu ini, tidak sedikit lulusan universitas terkenal yang memutuskan untuk tidak bekerja di kantor yang nyaman demi menjadi seorang pengepul barang bekas.

Sama seperti halnya di bidang – bidang usaha yang lainnya, untuk bisa sukses di bisnis pengepul barang bekas, dibutuhkan trik – trik tertentu sehingga apa yang disasar dari bisnis ini bisa tercapai dengan lebih mudah dan cepat. Nah, diantara sekian banyak trik – trik bisnis ini, berikut beberapa diantaranya yang telah kami rangkum dari beberapa macam sumber:

Tips dan Cara Menjadi Pengepul Barang Bekas yang Sukses


Mulai dari Skala Kecil

Pengepul Barang Bekas
Tips sukses berbisnis barang bekas yang pertama adalah dengan memulai dari sekala kecil. Meskipun terlihat menjanjikan, bila tidak ditangani dengan tepat, bisnis pengepul barang bekas juga bisa membuat Anda rugi. Oleh karena itu, agar penangan bisnis ini bisa dilakukan dengan tepat, mulailah bisnis ini dari skala kecil terlebih dahulu. Sehingga, Anda benar – benar memahami bagaimana bisnis ini berjalan, dan pengambilan keputusan di bisnis ini bisa Anda lakukan dengan tepat.

Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi juga menjadi salah satu faktor terpenting yang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis pengepul barang bekas. Dalam memilih lokasi bisnis ini, Anda setidaknya harus memperhatikan tiga hal yaitu kedekatan lokasi dengan penjual/pemasok, kedekatan lokasi dengan pembeli/konsumen, dan tingkat aksesibilitas lokasi. Lokasi yang paling baik untuk digunakan menjalankan bisnis ini adalah lokasi yang dekat dengan penjual, dekat dengan pembeli, dan juga mudah untuk di akses.

Urus Ijin Perusahaan

Agar usaha Anda tidak terjegal dengan berbagai macam peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah, maka uruslah ijin perusahaan Anda sedini mungkin. Tidak perlu menggunakan badan usaha yang terlampau besar seperti CV atau pun PT, untuk bisa terlepas dari berbagai macam tuntutan, Anda cukup mendaftarkan perusahaan Anda sebagai badan Usaha Dagang. Meskipun begitu, dokumen – dokumen lain seperti SIUP dan juga NPWP juga harus diurus ya!

Buat Nilai Tambah

Agar barang bekas yang Anda jual bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar, olah lah terlebih dahulu barang – barang tersebut menjadi barang yang lebih memiliki nilai guna. Pemanfaatan barang bekas bisa dilakukan dengan jalan mengolahnya menjadi kerajinan tangan, bahan setengah jadi, dan juga bahan mentah yang sudah siap untuk diolah.

Jual Secara Online

Saat ini perkembangan dunia online sudah berlangsung dengan sangat cepat. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan. Manfaatkanlah berbagai macam fasilitas online yang cocok dengan bisnis Anda seperti media sosial, dan juga situs marketplace seperti tokopedia, bukalapak, dan OLX untuk menjual barang – barang tertentu yang memang layak untuk dijual secara online.

Mulai Sekarang Juga

Nah, yang terakhir sekaligus yang terpenting, bila Anda memang berniat menjalankan bisnis ini, maka mulailah sekarang juga. Dengan memulai sekarang juga, Anda akan lebih siap dalam menghadapi urusan bisnis di masa mendatang, sehingga peluang Anda untuk sukses di bisnis ini pun menjadi lebih besar.

Itulah beberapa tips dan cara menjadi pengebul barang bekas yang sukses. Perlu Anda ketahui, untuk bisa sukses menjalankan bisnis di bidang barang bekas, Anda tetap membutuhkan mental pengusaha yang tidak gampang menyerah. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah meskipun bisnis Anda belum berkembang ya! 

Sumber
  • http://www.wirasejati.com/2014/12/7-kiat-sukses-membangun-usaha-pengepul-barang-bekas.html
  • http://www.banjirpelanggan.com/rahasia-sukses-jadi-pebisnis-rongsokan/
  • https://www.maxmanroe.com/6-tips-sukses-berbisnis-jual-beli-barang-bekas.html


|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon