#

Jumat, 11 Maret 2016

5 Produk Olahan dari Belut Cocok untuk Ide Bisnis

Belut merupakan salah satu komoditi perikanan yang saat ini sedang naik daun. Belut yang dahulu tidak begitu banyak digandrungi oleh para pecinta kuliner, saat ini telah menjadi salah satu primadona para pecinta kuliner tanah air. Bahkan, hanya dalam jangka waktu beberapa tahun saja, sudah ada banyak sekali olahan kuliner berbahan baku Belut yang ada di pasaran.

Nah, demam olahan kuliner yang sedang terjadi di Indonesia ini ternyata tidak hanya memberikan keuntungan kepada para pecinta dunia kuliner. Lebih dari pada itu, demam olahan kuliner belut ini juga menciptakan banyak sekali peluang usaha baru, baik itu di sektor on farm mau pun di sektor off farm.

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan gurihnya keuntungan dari usaha belut, berikut merupakan beberapa olahan kuliner dari belut yang cocok untuk Anda jadikan sebagai ide bisnis :

Keripik belut

olahan keripik belut

Camilan keripik belut merupakan camilan atau pun makanan ringan seperti peye’ yang dibuat dengan bahan baku ikan belut. Camilan yang sangat kaya akan kandungan protein ini pertama kali dikenal di Kota Bantul, Yogyakarta. Dan saat ini, olahan kuliner yang sangat gurih ini sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru wilayah Indonesia. Karena tingginya jumlah peminat camilan yang satu ini, camilan keripik belut sangat cocok untuk dijadikan sebagai komoditi bisnis bagi para pelaku usaha dagang camilan, usaha produsen camilan, usaha rumah makan, dan juga usaha kuliner yang lainnya.

Belut Panggang

Produk olahan dari Belut ke dua yang juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai ide bisnis adalah olahan belut panggang. Olahan belut panggang pertam akali dikenalkan di negara K-Pop Korea. Sejak pertama kali dikenalkan ke publik, olahan kuliner belut panggang telah menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia. Sayangnya, saat ini olahan kuliner yang sangat kaya kandungan protein ini baru bisa ditemui di restauran – restauran mahal saja. Padahal, jumlah peminatnya terbilang cukup tinggi.

Cobek Belut

Cobek belut merupakan produk kuliner tumis belut yang disajikan dengan menggunakan cobek. Olahan kuliner cobek belut pertama kali dikenalkan ke publik oleh salah satu restauran frenchise ternama yang berasal dari Pulau Jawa. Konon, sejak pertama kali dinekalkan, olahan kuliner berbahan baku belut ini telah menjadi salah satu olahan kuliner paling favorit di restauran frenchise tersebut.

Olahan Cobek Belut dan Rendang Belut

Rendang Belut

Seperti yang kita ketahui bersama, rendang merupakan olahan kuliner yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Konon, olahan kuliner nusantara yang satu ini telah menjadi salah satu olahan kuliner yang paling lezat di seluruh dunia.

Nah, baru – baru ini, salah seorang ibu rumah tangga telah membuat resep rendang baru yang tidak memanfaatkan daging sapi sebagai bahan baku utamanya. Alih – alih menggunakan bahan baku daging sapi, ibu rumah tangga tersebut malah menggunakan belut sebagai pengganti daging sapi. Meskipun hingga saat ini olahan kuliner ini belum begitu populer di pasaran, sepertinya di masa mendatang, peluang bisnis olahan randang yang satu ini memiliki prospek yang cukup bagus.

Sambal Belut Balado

Olahan Belut Salah Satunya dijadikan Sambal

Selain empat olahan belut di atas, olahan kuliner sambal belut balado sepertinya juga tidak kalah menarik untuk dijadikan sebagai salah satu komoditi bisnis olahan belut. Sama seperti rendang, oalahan kuliner sambal balado juga sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan juga Dunia. Oleh karena itu, peluang usaha olahan kuliner ini sepertinya juga tidak kalah bagus dari peluang usaha olahan kuliner rendang belut.

Nah, itulah 5 produk olahan belut yang cocok untuk dijadikan sebagai ide bisnis. Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan produk olahan mana yang akan segera Anda jadikan komoditi bisnis Anda?


Sumber :
  • https://cookpad.com/id/resep/246612-rendang-belut-kacang-merah
  • http://www.tokomesin.com/peluang-usaha-cobek-belut-dan-analisa-usahanya.html
  • http://www.tokomesin.com/peluang-usaha-belut-panggang-dan-analisa-usahanya.html
  • http://bisnisukm.com/industri-keripik-belut-di-daerah-godean.html
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon