#

Sabtu, 05 Maret 2016

Trend Pasar Online Melejit, Anda Harus Siap – siap !

Dalam salah satu buku yang pernah penulis baca, disebutkan bahwa makhluk yang bisa bertahan hidup adalah makluk yang mau dan juga mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Tanpa kemampuan adaptasi yang baik, sekuat dan sehebat apapun sebuah, seekor, atau pun seorang makhluk hidup, maka cepat atau lambat ia akan segera punah atau setidaknya akan tertinggal dari makhluk – makhluk yang lainnya.

Nah, berbicara mengenai adaptasi, kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan trend pasar online di Indonesia dan juga beberapa pilihan adaptasi yang bisa kita lakukan dalam upaya untuk menyikapi perkembangan trend pasar online tersebut. Seperti apakah perkembangannya dan bagaimanakan cara menghadapinya? Simak informasi di bawah ini untuk mengetahuinya!

Perkembangan Pasar Online di Indonesia

Menurut data yang diluncurkan oleh riset ICD, diprediksi bahwa pasar e-commerce di Indonesia akan mengalami pertumbuhan sekitar 42% dari tahun 2012 hingga tahun 2016 ini. Angka ini diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet dan juga pertumbuhan jumlah masyarakat kalangan menengah ke atas di Indonesia. Tidak hanya itu, pertumbuhan trend pasar online di Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh promosi besar – besaran yang banyak dilakukan oleh para pelaku industri e-commerce di Indonesia.

Perkembangan pasar online di tanah air

Selain mengalami pertumbuhan dari sisi pembeli, trend toko online di Indonesia diprediksi juga akan terus mengalami pertumbuhan dari sisi jumlah penjual. Dengan semakin potensial dan juga semakin banyaknya media penyedia industri toko online di Indonesia, diprediksi jumlah pelaku yang turut ‘menjajakan’ barang dagangan di Indonesia juga akan terus mengalami peningkatan.

Apa yang Harus Dilakukan?

Secara umum, ada tiga kemungkinan yang bisa kita lakukan dalam menyikapi trend dan perkembangan pasar online di Indonesia, yaitu:

Menjadi Penonton

Kemungkinan yang pertama dan yang akan banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam menghadapi perkembangan pasar online di Tahun 2016-2020 adalah menjadi penonton. Meskipun trend pasar online di Indonesia akan mengalami peningkatan besar – besaran, menurut prediksi penulis, dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250-an juta jiwa, sepertinya trend pasar online masih belum mampu mempengaruhi sepertiga jumlah penduduk Indonesia. Hal ini dikarenakan, dari 250 juta orang yang hidup di Indonesia, jumlah penduduk yang sudah melek teknologi dan juga berada di lingkungan ekonomi menengah ke atas hanya ada sekitar 20 % nya saja. Sehingga ya wajar saja jika di Tahun 2016 – 2020 nanti, masyarakat Indonesia masih jauh lebih banyak yang menjadi penonton ketimbang menjadi pengguna atau pun pemain di industri toko online.

Menjadi Pengguna

Kemungkinan ke dua yang bisa dilakukan adalah menjadi pengguna. Dibandingkan dengan menjadi penonton, menjadi pengguna pasar online cenderung jauh lebih positif. Dengan menjadi pengguna, setidaknya Anda akan mendapatkan sedikit manfaat dan juga menyumbang kontribusi terhadap perkembangan pasar online di Indonesia. Dengan berbelanja menggunakan sistem online, Anda tentunya akan lebih hemat waktu dan juga tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk aktivitas pembelian / pemenuhan barang – barang kebutuhan Anda.

Menjadi Pemain

Kemungkinan ke tiga yang bisa dilakukan sekaligus yang akan menjadi pilihan yang paling sedikit dipilih oleh masyarakat Indonesia di Tahun 2016 – 2020 adalah menjadi pemain di industri toko online. Orang – orang yang memilih untuk menjadi pemain di industri toko online merupakan orang – orang visioner yang memiliki jiwa bisnis yang kuat dan juga mampu membaca peluang yang akan terjadi di masa mendatang. Dibandingkan dengan dua pilihan yang sebelumnya, pilihan yang terakhir ini jauh lebih menjanjikan keuntungan. Meskipun begitu, untuk bisa sukses menjadi seorang pemain di industri toko online, dibutuhkan ketekunan dan juga semangat yang tidak mudah luntur.

Nah, setelah mengetahui trend dan perkembangan pasar online yang sangat cepat ini, apakah Anda mulai tertarik untuk menjalankan bisnis di dunia online? Jika ya, gunakan otak kanan Anda, dan segeralah mulai bisnis online Anda sejak detik ini juga!! 


Sumber 
  • http://blogobisnis.com/perkembangan-bisnis-toko-online-di-indonesia/
  • http://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indonesia-saat-ini/
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon