#

Sabtu, 16 April 2016

Lakukan Ini untuk Memacu Motivasi dan Semangat Bisnis Anda

Motivasi dan semangat bisnis bukan lah hal yang konstan. Berbeda dengan ilmu eksak yang benar – benar pasti dan tidak pernah mengalami pasang surut, motivasi dan semangat bisnis sering kali mengalami pasang surut seiring dengan kondisi perkembangan bisnis yang sedang dijalani. Ketika bisnis berkembang pesat, aktivitas bisnis pasti benar – benar sangat memotivasi, namun, ketika bisnis sedang lesu, ketika angka penjualan terus mengalami penurunan, aktivitas bisnis pasti akan terasa sengat melelahkan dan juga tidak menarik untuk digeluti.

Cara Memacu Motivasi dan Semangat Bisnis Kita

Nah, bagi Anda yang sering kehilangan motivasi dan semangat bisnis, berikut merupakan beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk memacu motivasi dan semangat bisnis Anda ketika sedang down :

 

Hal – hal yang Dapat Dilakukan untuk Memacu Motivasi dan Semangat Bisnis


Ingat Visi Misi!

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memacu motivasi dan semangat bisnis yang lesu adalah dengan mengingat dan membuka kembali lembaran – lembaran visi misi bisnis yang sedang Anda geluti. Dengan membuka ulang visi misi Anda dalam menggeluti bisnis, diharapkan Anda akan kembali termotivasi oleh tujuan – tujuan Anda yang saat ini belum tercapai. Disamping itu, dengan melihat visi misi bisnis, Anda juga dapat sekalian melakukan evaluasi terhadap apa yang telah Anda kerjakan di bisnis Anda. Apakah bisnis berjalan sesuai dengan visi misi, atau malah melenceng? Hal – hal apa saja yang harus Anda perbaiki di bisnis Anda?

 

Ingat Anggota Keluarga!

Selain kembali membuka visi misi bisnis, untuk memacu semangat dan motivasi bisnis, Anda juga bisa mengingat – ingat semua anggota keluarga Anda. Apakah anggota keluarga Anda sudah berhasil Anda bahagiakan? Apakah semua kebutuhan anggota keluarga Anda sudah berhasil Anda penuhi? Apakah hasil dari bisnis Anda sudah bisa mencukupi semua kebutuhan anggota keluarga Anda?

 

Baca Buku!

Membaca buku juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menumbuhkan semangat dan motivasi loh. Konon, cara yang satu ini merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan oleh orang – orang sukses di seluruh dunia untuk menggali ide dan motivasi untuk bisnis mereka. Bahkan, orang terkaya di dunia saat ini yaitu William Henry Gates atau Bill Gates selalu meluangkan waktunya setiap hari untuk membaca buku.

Tidak perlu lama – lama, untuk membaca buku, Anda hanya perlu meluangkan waktu Anda sekitar 20 hingga 30 menit saja setiap hari. Di waktu yang singkat ini, Anda dapat membaca berbagai jenis buku seperti buku motivasi, buku sejarah, koran, berita di internet, dll.

 

Liburan!

Jika semangat dan motivasi bisnis Anda benar – benar sudah lesu dan tidak bisa dibangkitkan dengan menggunakan 3 cara di atas, sepertinya ini waktu yang tepat untuk rehat sejenak dari aktivitas bisnis dan liburan ke tempat – tempat menarik. Ada banyak opsi liburan yang bisa Anda datangi baik sendirian, bersama keluarga, atau bahkan bersama dengan tenaga kerja yang Anda miliki. Bila memungkinkan, di waktu liburan ini Anda juga bisa mengasah kekompakan tim kerja Anda dengan mengikuti berbagai macam kegiatan outbond yang tersedia di tempat liburan yang Anda kunjungi (jika Anda berlibur bersama tenaga kerja).

 

Ganti Pola Pikir!

Cara terakhir yang juga tidak kalah ampuh untuk memacu motivasi dan semangat bisnis adalah dengan mengganti pola pikir lama Anda. Selama ini banyak pebisnis yang memiliki pola pikir seperti ini : “jika bisnis sukses, semangat akan tumbuh, namun jika bisnis terkendala, semangat akan lesu.” Nah, ini merupakan pola pikir yang salah. Jika Anda masih memiliki pola pikir seperti ini, segera lah ganti pola pikir Anda menjadi : “agar bisnis sukses, saya harus terus termotivasi, dan tanpa motivasi dan semangat yang cukup, bisnis saya tidak akan sukses.”

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memacu motivasi dan semangat bisnis Anda. Semoga bermanfaat ya!



|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon