#

Selasa, 26 April 2016

Tips Memulai Bisnis Warnet dan Game Center, Agar Tidak Tergerus Perkembangan Zaman

Setelah melalui masa – masa keemasannya di tahun 2000-an, bisnis warnet belakangan ini telah menunjukkan tanda – tanda kematiannya. Jika di tahun 2005-an warnet selalu penuh dengan pengunjung, saat ini warnet cenderung terlihat lebih sepi dari tahun – tahun sebelumnya.
 
Lantas apakah dalam waktu dekat ini bisnis warnet akan segera mengalami kematian? Dengan tegas penulis menjawab “Tidak!”. Sampai beberapa tahun yang akan datang, bisnis warnet masih belum akan menemui ajalnya. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin beberapa warnet yang ada pada saat ini akan mengalami kematian terlebih dahulu mendahului warnet – warnet lainnya.
 
Lantas, jika saya ingin memulai bisnis warnet dan game center, apa yang harus saya lakukan agar bisnis ini bisa bertahan dan tidak tergerus oleh perkembangan zaman? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini!
 

5 Tips Memulai Bisnis Warnet dan Game Center

 



Tetapkan Fokus Utama

Hal pertama sekaligus terpenting yang harus diperhatikan jika Anda ingin mendirikan warnet dan game center adalah menetapkan fokus utama. Ya, Anda harus bisa menetapkan fokus utama usaha Anda, yaitu cenderung lebih ke warnet biasa, atau cenderung lebih ke warnet khusus untuk game center. Mengapa? Karena hal ini nantinya akan sangat berkaitan dengan biaya awal pendirian usaha Anda. 

 

Pilih Lokasi yang Tepat

Jika fokus utama usaha Anda sudah ditetapkan, selanjutnya Anda harus menetapkan lokasi yang paling tepat dengan fokus utama bisnis warnet dan game center yang ingin Anda dirikan. Jika fokus utama usaha Anda adalah warnet biasa, Anda sebaiknya memilih lokasi yang sering diakses oleh orang – orang yang membutuhkan jaringan internet biasa, namun jika Anda cenderung lebih fokus ke warnet game center, Anda sebaiknya memilih lokasi yang sering diakses oleh para pecinta game online. Beberapa alternatif lokasi yang bisa Anda pilih yaitu : sekitar lokasi sekolah, sekitar kampus, sekitar kost – kostan, sekitar kantor, dll.

 

Pastikan Infrastruktur yang Digunakan Benar – Benar Memadai

Tips ke tiga yang juga sangat dipengaruhi oleh fokus utama bisnis ini adalah memastikan jika infrastruktur yang digunakan benar – benar memadai. Jadi, jika Anda cenderung lebih fokus ke warnet biasa seperti tempat browsing dan tempat mengerjakan tugas, Anda bisa menyediakan lebih banyak komputer dengan spek biasa – biasa saja dan lebih sedikit komputer dengan spek hardware yang tinggi.
 
Namun jika warnet Anda ingin difokuskan menjadi game center, Anda sebaiknya menyediakan lebih banyak komputer berspek tinggi dibandingkan dengan komputer berspek biasa – biasa saja.
 
Selain itu, poin lain terkait infrastruktur yang juga tidak kalah penting adalah permasalahan bilik warnet. Untuk menghindari sentimen negatif dari masyarakat sekitar, pastikan Anda tidak mendirikan warnet dengan bilik tertutup.

 

Pancing dengan Kompetisi Berhadiah Menarik

Tips terakhir yang sangat ampuh untuk mendongkrak pengunjung warnet Anda adalah dengan mengadakan kompetisi game online atau pun kompetisi lainnya yang sangat diminati oleh para pengunjung warnet lainnya dengan iming – iming hadiah menarik. Namun perlu diingat, sebelum mengadakan kompetisi, pastikan jika fasilitas di warnet Anda benar – benar lebih baik dari fasilitas warnet pesaing. Hal ini perlu dilakukan untuk memancing orang – orang yang mengikuti kompetisi yang Anda buat sehingga ia merasa lebih nyaman bermain di warnet Anda dibandingkan dengan bermain di warnet lainnya.
 
Itulah beberapa tips memulai bisnis warnet dan game center yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Perlu diketahui, selain menerapkan tips – tips di atas, untuk membuat bisnis warnet dan game center Anda lebih menarik dan lengkap, Anda sebaiknya juga mendirikan bisnis lainnya yang masih terkait dan juga berhubungan erat dengan bisnis warnet dan game center seperti bisnis penjualan voucher game online, bisnis penjualan produk – produk perlengkapan komputer khusus untuk gaming, bisnis makanan ringan atau pun café kecil – kecilan, dan bisnis – bisnis terkait lainnya.


|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon