#

Kamis, 05 Mei 2016

Bisnis Parkiran Motor Dekat Stasiun KRL, Keuntungan Capai Rp 500 Ribu – 1,5 Juta Per Hari

“Bisnis Parkiran”, jika dilihat sekilas, bisnis ini merupakan bisnis yang sangat sepele dan tidak prosfektif untuk dijalankan. Bisnis ini sering kali dianggap sebagai bisnis rendahan yang tidak layak untuk dijalankan sama sekali. Padahal, jika ditelisik lebih mendalam, bisnis ini benar – benar sangat potensial loh. Bahkan jauh lebih potensial dibandingkan dengan bisnis – bisnis yang lainnya.

Di sekitaran stasiun KRL misalnya. Menurut pengamatan penulis di stasiun KRL Bogor, ada banyak sekali pengguna KRL yang juga menggunakan sepeda motor. Nah, setiap pengguna KRL tersebut pasti membutuhkan tempat parkir bukan? Pasti dong, kan sepeda motornya nggak boleh dibawa ikut naik KRL.

Usaha Parkiran Motor di dekat Stasiun KRL sangat menggiurkan


Sekarang, mari kita hitung dari segi angka. Rata – rata pengguna KRL setiap harinya mencapai ribuan orang, anggap saja  jumlahnya 10.000 orang (aslinya mah jauh lebih banyak dari pada ini). Jika dari 10 % pengguna KRL ini memanfaatkan sepeda motor sebagai kendaraan dari rumah / tempat kerja menuju ke KRL, maka ada 1.000 sepeda motor yang membutuhkan lahan parkir. Dan jika kita dapat menampung 10persennya saja, yaitu sekitar 100 sepeda motor, dengan biaya parkir 2000 rupiah per hari, maka pendapatan yang bisa kita dapatkan adalah 200.000 rupiah.Itu baru 10 %, jika kita tingkatkan menjadi 30 % atau bahkan 50 %, maka setiap harinya, usaha ini bisa menghasilkan pendapatan sekitar 600 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Cukup besar yah? Gaji PNS saja tidak sebesar itu!

Oke, sudah tahu kan hitung – hitungan angkanya. Sekarang kita kupas dari sudut pandang lainnya di luar uang. Selain bisa menghasilkan pendapatan yang besar, bisnis parkir tidak membutuhkan biaya bahan baku sama sekali, ya, praktis, untuk menjalankan bisnis ini, kita hanya membutuhkan biaya sewa lahan (jika ingin dijalankan dengan resmi dan modern, yang biaya parkir per hari nya biasanya di atas 5 ribu rupiah), biaya tenaga kerja, dan biaya asuransi (jika ingin lebih aman lagi dan tentunya dengan harga parkir harian yang jauh lebih tinggi).

Karena tidak membutuhkan bahan baku, praktis, Anda tidak perlu memikirkan permasalahan stock bahan baku, pemasok bahan baku, biaya bahan baku, penjadwalan bahan baku, biaya kerugian karena bahan baku rusak, dll.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan peluang bisnis yang satu ini? Perlu kami ingatkan, terutama untuk Anda yang tertarik dan berencana mendirikan usaha parkiran motor di dekat stasiun KRL, jika Anda mendirikan usaha parkiran, dirikan lah usaha parkiran yang bertanggung jawab, baik kepada konsumen, kepada pemerintah, mau pun kepada publik secara keseluruhan.

Jika Anda ingin mendirikan bisnis parkiran di sekitar stasiun KRL, pastikan Anda mau dan juga mampu mengganti kerugian konsumen Anda (pengguna jasa parkir) jika sewaktu – waktu konsumen mengalami kerugian karena keteledoran Anda / pekerja Anda, seperti kehilangan sepeda motor, kehilangan helm, kehilangan jacket, dll.

Selain itu, pastikan juga Anda bertanggung jawab kepada pemerintah dan publik secara keseluruhan, baik dalam hal pembayaran pajak usaha atau pun dalam penggunaan properti milik publik. Pastikan Anda membayar pajak usaha Anda kepada pemerintah setempat, dan juga tidak menggunakan properti umum seperti bahu jalan, trotoar, atau pun tempat lainnya yang notabene merupakan milik publik. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar usaha parkiran Anda bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tentunya juga menguntungkan.


|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon