#

Senin, 23 Mei 2016

Contoh Pemanfaatan Limbah Kardus yang Dapat Dijual

Tahukah Anda jika kardus merupakan salah satu limbah sampah yang paling banyak diproduksi oleh manusia? Ya, menurut data statistik, kardus berada di posisi ke tiga limbah sampah yang paling banyak diproduksi oleh manusia. Saat ini, kardus telah digunakan sebagai bahan wadah atau pun tempat hampir semua produk buatan manusia. Dari mulai produk elektronik sampai produk makanan ringan, saat ini dibungkus dengan menggunakan kardus. Sehingga ya wajar saja jika jumlah limbah sampah kardus sangat banyak.
 
Jika dilihat dari sudut pandang negatif, keberadaan limbah kardus yang sangat besar mungkin akan terasa sangat membebani. Namun, jika dilihat dari sudut pandang positif dan juga sudut pandang bisnis, banyaknya limbah kardus ini bisa menjadi signal positif untuk para pecinta uang dan juga para pecinta dunia bisnis barang bekas.

Ya, dengan memanfaatkan limbah sampah kardus yang ada di lingkungan sekitar, kita dapat memproduksi berbagai macam produk daur ulang, untuk kemudian dijual dan dipasarkan kembali sebagai produk baru. Lantas, produk daur ulang apa sajakah yang bisa diproduksi dengan menggunakan limbah kardus? Beberapa contohnya telah kami tulis di bawah ini :


Produk Daur Ulang yang Bisa Diproduksi dari Limbah Kardus


Celengan

Produk hasil daur ulang kardus pertama yang bisa dijual adalah celengan dari kardus. Seperti yang kita ketahui bersama, meskipun saat ini dunia perbankan sudah sangat mendominasi, nyatanya masih banyak orang tua yang tetap mengajarkan anaknya untuk menabung dengan menggunakan celengan konvensional. Dan kabar baiknya, saat ini produsesn celengan konvensional sudah semakin sedikit, sehingga potensi usaha celengan dari bahan baku kardus bekas menjadi semakin tinggi.

Celengan dari Kardus Bekas yang Unik

Hal terpenting yang harus Anda lakukan jika ingin memproduksi celengan dari limbah kardus adalah desain dan juga bentuk celengan kardus tersebut. Karena produk ini nantinya akan dipasarkan untuk anak – anak, pastikan desain dan bentu celengan tersebut benar – benar menarik.
 

Rak Mini

Produk olahan limbah kardus ke dua yang dapat dijual untuk menghasilkan uang adalah produk rak mini. Seperti yang kita ketahui bersama, rak mini saat ini sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menyimpan produk – produk berukuran kecil milik mereka. Nah, ini merupakan peluang!
 
Pemanfaatan Rak Mini dari Kardus Bekas

Dengan memanfaatkan kebutuhan akan rak mini yang cukup tinggi, Anda dapat memproduksi rak mini untuk dijual kepada konsumen. Namun, perlu diingat, karena produk rak mini berbahan baku plastik saat ini sudah bisa ditemui dengan mudah, Anda harus bisa membuat produk rak mini kardus yang menarik dan tentunya tidak kalah kuat dari rak mini plastik.

 

Hiasan Miniatur Rumah

Bagi Anda para pecinta dunia seni, limbah kardus bekas yang tidak bermanfaat juga bisa Anda jadikan hiasan miniatur rumah yang bernilai tinggi loh. Ya, maket atau pun miniatur rumah saat ini sangat dibutuhkan baik oleh pengembang properti atau pun oleh mahasiswa yang sedang menggeluti dunia arsitektur. Nah, untuk Anda yang hobi dengan dunia rancang bangun, ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk Anda.
 
Miniatur Rumah dari Kardus Bekas yang Menginspirasi

Dengan memanfaatkan pasokan kardus bekas yang sangat banyak dan juga menggunakan keahlian Anda dalam dunia rancang bangun, Anda bisa mengeruk dan menghasilkan uang dari aktivitas memproduksi hiasan miniatur maket rumah.
 
Itulah beberapa contoh pemanfaatan limbah kardus yang bisa dijual dan layak untuk dijadikan sebagai ide bisnis daur ulang limbah kardus. Semoga bermanfaat ya!



|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon