#

Selasa, 17 Mei 2016

5 Ide Mengolah Limbah Kertas Menjadi Produk yang Bisa Dijual

Sampah ternyata nggak melulu masalah. Di tangan yang tepat, sampah kertas yang normalnya merupakan limbah bisa diolah menjadi produk – produk yang bermanfaat. Bahkan, bisa menghasilkan uang juga loh.

Ya, sampah kertas yang sebelumnya merupakan salah satu limbah yang sangat mengganggu, saat ini telah menjelma menjadi salah satu bahan baku usaha daur ulang kreatif yang sangat profitable. Lantas, produk – produk apa sajakah yang bisa dibuat dari limbah sampah kertas? Berikut beberapa contohnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda :

5 Produk Daur Ulang Limbah Kertas yang Bisa Dijual


Seni Abstract untuk Hiasan Dinding

Anda memiliki bakat dunia seni abstrak? Manfaatkan bakat seni abstrak Anda untuk menghasilkan uang dari kertas bekas! Ya, dengan bakat seni abstrak yang tinggi, Anda bisa menghasilkan karya seni abstrak yang bernilai dan berharga jual tinggi.
ide hiasan dinding dari kertas bekas yang bisa dijual

Ada banyak seni abstrak yang bisa Anda produksi dari bahan kertas. Dari mulai hiasan kertas tempel yang mudah, hiasan origami yang cukup rumit, hingga lukisan beralas kertas bekas yang rumit bisa Anda produksi untuk menghasilkan uang dari sampah kertas. Meskipun terlihat sepele, potensi penghasilan dari hiasan seni abstract kertas bekas tidak main – main loh. Konon, per buahnya bisa dihargai hingga jutaan rupiah. Cukup besar bukan?

Terompet

Terompet, siapa yang tidak mengenal mainan berbahan baku kertas bekas yang satu ini. Setiap orang, terutama orang dewasa, pasti sudah tidak asing lagi dengan mainan yang satu ini.Ya, mainan yang satu ini memang merupakan mainan yang sangat umum dan sangat sering dimainkan oleh anak – anak.

terompet dari kertas bisa dijual


Nah, jika selama ini Anda hanya memanfaatkan terompet sebagai bahan hiburan untuk anak saja, kini sudah saatnya produk mainan yang satu ini menjadi mesin cetak uang untuk diri Anda. Ya, dengan memanfaatkan kertas bekas, Anda dapat memproduksi terompet, untuk nantinya dijual kembali kepada anak – anak.
Ada satu tips penting yang harus Anda ketahui sebelum memproduksi terompet, yaitu permasalahan bentuk dan corak desain. Karena pengguna terompet didominasi oleh anak – anak, pastikan terompet buatan Anda memiliki bentuk dan corak desain yang menarik ya!

 

Amplop

Jika beberapa waktu yang lalu amplop hanya diproduksi dari kertas baru, saat ini amplop juga diproduksi dengan menggunakan kertas bekas. Ya, demi memanfaatkan limbah kertas yang sangat mengganggu, saat ini ada banyak pengolah limbah kertas yang memproduksi amplop dari kertas bekas. 

ide amplop dari kertas bekas kreatif
 
Kebanyakan amplop dari kertas bekas biasanya diproduksi untuk keperluan tertentu saja, sehingga permintaannya masih belum stabil. Meski pun begitu, tidak ada salahnya juga kan mengolah kertas bekas untuk membuat produk yang satu ini?

Tas Goodie / Goodie Bag

tas goodie bag dari kertas bekas ini bisa dijual
Hampir sama seperti halnya amplop dari bahan baku kertas bekas, permintaan tas goodie dari bahan baku kertas bekas juga masih tergolong belum stabil. Meskipun begitu, jika kamu memiliki kemampuan mendesain tas yang unik dan menarik, bukan tidak mungkin permintaan tas ini mengalami peningkatan.

Kertas Daur Ulang

Nah, ide pengolahan kertas bekas yang terakhir ini sangat cocok untuk dijalankan oleh Anda yang memiliki banyak modal. Dibandingkan dengan empat ide pengolahan kertas bekas yang sebelumnya, potensi keuntungan ide bisnis ini tergolong jauh lebih besar. Namun, modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit. 

Untuk bisa menjalankan ide bisnis ini, Anda setidaknya harus memiliki beberapa buah mesin pengolah kertas seperti mesin penghancur kertas, mesin penggiling bubur kertas, dan mesin pencetak kertas. Cukup banyak ya? Ya, memang cukup banyak. Tapi.. potensi penghasilannya juga sebanding kok.
Itulah 5 contoh produk daur ulang sampah limbah kertas yang bisa dijual. Semoga bermanfaat ya!


|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon