#

Kamis, 07 Juli 2016

Apa Itu Bisnis Afiliasi yang Katanya 100% Gratis dan Bagaimana Kita Memperoleh Penghasilan?

Saat ini kegiatan mencari uang bisa dilakukan dengan mudah loh. Bahkan mencari uang saat ini sudah bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

Ya, berbeda dengan beberapa dekade yang lalu dimana aktivitas mencari uang hanya identik dengan bekerja dan berbisnis di dunia nyata, saat ini aktivitas mencari uang sudah bisa dilakukan di dunia online dengan lebih mudah, lebih murah, dan tentu nya juga lebih potensial.

Hebat nya lagi, untuk mencari uang di internet, modal yang dibutuhkan benar – benar sangat sedikit. Bahkan, beberapa jenis bisnis online saat ini bisa dibilang tidak membutuhkan modal sama sekali.  Padahal, potensi keuntungan yang bisa diraup benar – benar sangat besar.

Salah satu model bisnis online yang saat ini bisa dijalankan dengan gratis atau pun tanpa modal adalah bisnis afiliasi. Model bisnis ini sejati nya merupakan bisnis kerja sama antara Anda dan orang lain yang memiliki keperluan berupa traffic potensial dengan ketentuan khusus di jaringan internet.

 

Pengertian Bisnis Afiliasi

Secara bahasa, bisnis afiliasi dapat diartikan sebagai bisnis dengan pola kerja sama. Jadi dalam bisnis ini, Anda akan bekerja sama dengan penyedia program afiliasi untuk mendapatkan pengunjung tertarget (bisa berupa pembeli, pengunduh berkas, pengisi berkas survey, atau pun pendaftar / member baru) melalui link afiliasi milik Anda yang telah disediakan oleh penyedia program afiliasi.

Jadi, dalam bisnis ini, Anda tidak perlu menyediakan produk apa pun, melainkan hanya perlu melakukan aktivitas promosi dan penawaran kepada para pengguna jaringan internet. Di bisnis ini, Anda juga tidak membutuhkan biaya pendaftaran sama sekali, melainkan hanya perlu menyediakan koneksi internet yang mumpuni saja.

Dalam melakukan aktivitas promosi dan penawaran sendiri, Anda dapat menggunakan berbagai macam cara, seperti beberapa di antara nya adalah dengan menggunakan blog atau pun website pribadi, dengan menggunakan jejaring sosial, dengan beriklan ke website populer, dan dengan berbagai macam cara lain nya.

Satu hal yang pasti, dalam bisnis ini, para penyedia sistem afiliasi biasanya memiliki standar aturan yang sangat ketat. Sehingga, untuk bisa mengikuti program ini, Anda harus mempersiapkan senjata dan amunisi yang benar – benar mumpuni (bisa berupa website, landing page, akun jejaring sosial yang populer, dll).

 

Macam – macam Bisnis Afiliasi

 

1. Pay Per Sale

Macam-macam bisnis affiliasi dan penjelasannyaDi program afiliasi pay per sale, Anda akan mendapatkan komisi setiap berhasil menjual produk secara langsung melalui link afiliasi Anda.

Dibandingkan dengan program afiliasi lain nya, program afiliasi pay per sale sering dianggap sebagai program afiliasi yang paling sulit. Namun, sebanding dengan tingkat kesulitan nya, komisi yang bisa didapatkan dari program afiliasi ini juga sangat tinggi, yaitu mencapai 10 hingga 70 persen dari harga produk yang dijual.

Beberapa perusahaan yang menyediakan program afiliasi ini adalah Amazon.com, Clickbank.com, Lazada.com, Blibli.com, dll.

 

2. Pay Per Lead

Pada program afiliasi pay per lead, Anda akan diberi komisi setiap kali ada pengguna internet yang melakukan pendaftaran “free member” dan upgrade keanggotaan “premium member) ke pemilik program afiliasi yang Anda ikuti melalui link afiliasi Anda.

Tidak hanya itu, program afiliasi pay per lead juga mencakup program afiliasi untuk pengisian survey. Dalam hal ini, Anda akan menerima komisi setiap kali ada orang yang rela mengisi sebuah form survey milik pemilik program afiliasi melalui link afiliasi Anda.

 

3. Pay Per Click

Berbeda dengan dua program afiliasi yang sebelumnya, di program afiliasi pay per click, Anda akan dibayar / diberi komisi setiap kali ada orang yang melakukan klik pada link afiliasi Anda (biasanya berbentuk iklan).

Dibandingkan dengan program afiliasi yang lain nya, program afiliasi pay per click cenderung jauh lebih mudah. Hanya saja bayaran yang bisa didapatkan dari program afiliasi ini juga sangat sedikit, biasanya hanya ada di angka 0,01 sampai puluhan USD saja.

Beberapa perusahaan ternama yang menyediakan program afiliasi ini adalah Google (Adsense, Adwords, Admob), Chitika, Kliksaya (dalam negeri), AdsenseCamp (dalam negeri), UpToPromo (dalam negeri), dll.

 

4. Pay Per Download

Seperti nama yang tersemat pada nya, dalam program afiliasi ini, Anda akan dibayar setiap kali ada orang yang mendownload file milik penyedia program afiliasi melalui link afiliasi Anda.Biasanya jenis file yang disediakan oleh pemilik program afiliasi adalah jenis file software.

Lihat juga : 4 Pekerjaan Online ini Bisa Dilakukan dengan Modal Laptop saja !


5. Pay Per Install

Sistem afiliasi pay per install pada dasarnya hampir sama dengan sistem afiliasi pay per download. Hanya saja, dalam program afiliasi ini, Anda baru akan dibayar setelah orang yang mendownload file software melakukan aktivitas instalasi.

Dalam kondisi tertentu, program afiliasi pay per instal sering kali digabungkan atau pun dijadikan sebagai peluang tambahan komisi dalam program pay per download.

 

6. Pay Per View / Pay Per Impression

Sistem afiliasi terakhir adalah pay per view. Dalam sistem afiliasi ini, Anda akan dibayar setiap kali Anda berhasil menayangkan iklan milik perusahaan penyedia sistem afiliasi yang Anda ikuti.

Dibandingkan dengan program afiliasi yang lain nya, program afiliasi pay per view merupakan program afiliasi yang paling mudah sekaligus dengan bayaran / komisi yang paling rendah.

 

Bagaimana Kita Memperoleh Penghasilan di Bisnis Afiliasi?

Penghasilan dari bisnis afiliasi sejati nya sangat bergantung pada jenis program afiliasi yang diikuti. Jadi, jika program afiliasi yang digunakan adalah program pay per sale, maka untuk mendapatkan komisi atau pun penghasilan, Anda harus menjual produk milik penyedia program afiliasi yang Anda ikuti (Affiliator) via link afiliasi Anda di jejaring internet.
Cara menghasilkan uang dari bisnis affiliasi
Sedangkan jika program afiliasi yang Anda ikuti adalah program pay per install, maka Andaakan dibayar setiap kali ada orang yang melakukan instalasi (biasanya instalasi software) via link afiliasi milik Anda.

Cukup mudah bukan?

Ya, meski pun kelihatan nya cukup mudah, nyata nya program afiliasi marketing tidak bisa dibilang mudah. Bahkan bisa dibilang sangat sulit.

Pasal nya, untuk bisa membuat pengguna internet rela melakukan hal – hal di atas (seperti membeli produk, mengisi survey, mengeklik iklan, atau pun menginstall aplikasi), Anda harus bisa memberikan penawaran dan juga manfaat yang besar (seperti menyediakan file premium seperti film atau pun software premium secara gratis, dll).

Konon, dalam praktik nya, sering kali para affiliate marketer melakukan hal – hal licik seperti dengan memasang banner download palsu berukuran raksasa di halaman situs download nya, menggunakan sistem pop up yang secara otomatis ter-klik ketika pop up ditutup, dan berbagai macam tindakan curang lain nya.

Ya meski pun tindakan curang tersebut sangat efektif (untuk mendapatkan penghasilan dari program afiliasi), namun tindakan tersebut tentu sangat mengganggu dan juga bisa merugikan. Oleh karena itu, jika Anda berniat menjadi seorang affiliate marketer, jangan sampai Anda melakukan cara – cara licik di atas ya!

Nah, jadi sudah tahu kan apa itu bisnis afiliasi dan bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari bisnis afiliasi? Semoga bermanfaat ya!

Baca juga : Mau Tahu 7 Macam Bisnis yang Ada di Instagram?
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

11 comments

8 Juli 2016 16.42 Delete comments

Wah ternyata banyak macamnya ya, yang ane tau sih cuman Pay Per Click aja hihi. Thanks yaaaa

Reply
avatar
8 Juli 2016 16.45 Delete comments

Rumit tapi kalok udah mahir pasti bisa sukses dalam menjalankannya

Reply
avatar
9 Juli 2016 06.25 Delete comments

Paling banyak digunain kayanya pay per click, walau hasilnya dikit tapi itu mudah jadi banyak yang pake itu sih.

Reply
avatar
9 Juli 2016 14.40 Delete comments

wah banyak juga ternyata. ane sih reng yang pay per click & pay per lead

Reply
avatar
9 Juli 2016 14.52 Delete comments

makasi infox gan..banyak ya ternyata bisa,,,ane blum bisa masang iklan sih

Reply
avatar
10 Juli 2016 10.24 Delete comments

Ane pengguna Google Adsense nih gan :-D

Reply
avatar
10 Juli 2016 10.34 Delete comments

masih dalam proses gan untuk bisa diterima di adsense yang katanya terbaik

Reply
avatar
10 Juli 2016 13.03 Delete comments

dengan artikel ini saya bisa tahu semuanya

Reply
avatar
10 Juli 2016 14.38 Delete comments

Ane sering pakai yg pay per klik gan

Reply
avatar
11 Juli 2016 17.07 Delete comments

adsense memang yang terbaik

Reply
avatar
11 Juli 2016 18.42 Delete comments

kalo saya suka nya nomor 4 sama nomor 5 gan

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon