#

Minggu, 31 Juli 2016

Cara Membuka Waralaba Indomaret beserta Modal yang Dibutuhkan

Salah satu alternatif termudah yang bisa digunakan oleh para pemilik modal dalam menjalankan bisnis adalah dengan memanfaatkan sistem waralaba.

Dalam bisnis waralaba, pemilik modal tidak harus merancang bisnis mereka dari nol, melainkan tinggal mengaplikasikan sistem bisnis milik penyedia waralaba yang digunakan saja. Dalam hal ini, pemilik modal tinggal menyediakan modal investasi (biasanya berupa bangunan dan peralatan) dan juga menyediakan biaya untuk pembelian franchise nya saja.

Salah satu jenis bisnis waralaba yang belakangan ini sangat potensial untuk dijalankan di Indonesia adalah bisnis waralaba Indomaret.

Nah, khusus untuk Anda yang saat ini sedang berencana untuk membuka Indomaret sendiri (dengan sistem waralaba), berikut merupakan beberapa informasi penting terkait waralaba Indomaret yang harus Anda ketahui:

 
Modal membuuka waralaba indomaret
Interior Indomaret

Syarat dan Tahapan Kerja Sama Waralaba Indomaret

Untuk bisa membuka Indomaret, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh pihak manajemen Indomaret. Persyaratan – persyaratan dari manajemen Indomaret tersebut adalah:
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Sudah memiliki atau pun dapat menyediakan ruang usaha seluas 50-200 m2 (boleh milik sendiri atau sewa). *Luas 50 m2 hanya diperbolehkan untuk lokasi apartemen, perkantoran, rumah sakit, SPBU, dan kawasan wisata;
  3. Memiliki NPWP, SKP dan berbagai macam berkas perijinan lainnya;
  4. Membayar / menyetorkan biaya waralaba selama 5 tahun + biaya investasi peralatan toko.
Sedangkan, untuk tahapan kerja sama yang berlaku adalah sebagai berikut:

1. Presentasi Pertama
Dalam presentasi pertama, manajemen Indomaret akan menjelaskan secara mendetail mengenai mekanisme kerja sama yang akan terjalin, besarnya biaya investasi yang harus dikeluarkan oleh pebisnis, potensi keuntungan yang bisa didapatkan, dan juga sistem operasional toko yang akan diaplikasikan.

Menurut informasi yang kami dapat dari halaman situs resmi Indomaret, untuk mempermudah presentasi pertama, Anda sebaiknya membawa berbagai macam dokumen pendukung, seperti: sertifikat bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, dan denah lokasi.

2. Presentasi Kedua
Dalam presentasi kedua, manajemen Indomaret akan memaparkan hasil survey kelayakan yang telah dilakukan beserta dengan rancangan anggaran dana (Rencana Anggaran Belanja / RAB).

Jika survey kelayakan yang dilakukan oleh tim manajemen Indomaret menunjukkan signal positif dan rancangan anggaran dana yang diajukan oleh tim manajemen Indomaret disetujui oleh pebisnis, maka presentasi ke dua ini biasanya akan diteruskan dengan penandatanganan nota kesepakatan atau pun MoU yang isinya mencakup: butir – butir pembagian tugas antara pebisnis dan pihak manajemen Indomaret dalam aktivitas persiapan pembukaan toko dari mulai proses pengurusan ijin, proses renovasi gedung, aktivitas belanja peralatan toko, aktivitas seleksi dan pelatihan karyawan, hingga termin pembayaran dana oleh pebisnis.

3. Pembukaan Toko
Terakhir, jika semua butir – butir kesepakatan telah terlaksana, minimarket Indomaret Anda sudah siap dibuka. Biasanya di awal pembukaan toko, manajemen Indomaret akan menjalankan program promosi tertentu.

Segera setelah toko resmi dibuka, pebisnis dan manajemen Indomaret biasanya akan menandatangani surat perjanjian waralaba yang berlaku selama 5 tahun.

 

Cara Bergabung

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuka minimarket Indomaret, yaitu:

1. Pembukaan toko baru
Untuk membuka toko baru, Anda harus menyediakan bangunan (entah itu milik sendiri atau pun sewa) yang nantinya akan digunakan sebagai bangunan minimarket.

Dalam hal ini, bangunan yang Anda ajukan biasanya harus memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh manajemen Indomaret. Atau, jika tidak, maka proses pembukaan toko baru akan terkendala atau pun tidak diterima.

Biasanya, tim manajemen Indomaret akan melakukan survey kelayakan lokasi bangunan yang Anda ajukan secara mendetail, lalu mempresentasikan nya kepada Anda, sembari menjelaskan berbagai macam hal yang masih terkait dengan kerja sama waralaba yang akan dijalin.

Jika hal – hal yang dipresentasikan oleh tim manajemen Indomaret Anda setujui, maka jalinan kerja sama pun sudah bisa mulai dijalankan.

2. Take over toko lama
Dibandingkan membuka toko baru, aktivitas take over toko lama biasa nya cenderung jauh lebih mudah dan simpel. Dalam hal ini, pebisnis tidak perlu repot – repot mencari lokasi untuk minimarket, dan hanya perlu menyediakan biaya modal saja.

Hanya saja, meski pun cenderung jauh lebih simpel, biaya yang dibutuhkan untuk aktivitas take over toko lama biasa nya agak sedikit lebih mahal.

Tahapan pembukaan toko dengan jalan take over sendiri biasanya juga jauh lebih ringkas, yaitu pebisnis hanya perlu mengajukan pendaftaran waralaba di website resmi Indomaret, lalu tinggal menunggu respon dan penawaran dari manajemen Indomaret.

 

Taksiran Modal yang Dibutuhkan

Menurut informasi yang kami kutip dari website resmi Indomaret, berikut merupakan perkiraan dana / modal yang dibutuhkan untuk membuka minimarket Indomaret baru (di luar biaya sewa atau pun penyusutan bangunan):

Jenis Biaya Taksiran Biaya
Biaya Franchise selama 5 tahun Rp. 36.000.000,-
Biaya start up dan pembukaan toko Rp. 10.000.000,-
Biaya perijinan, renovasi, dan penambahan daya listrik Rp. 170.000.000,-
Biaya peralatan elektronik dan non elektronik Rp. 178.000.000,-
Total Biaya Rp. 394.000.000,-

Untuk sistem take over toko lama, besaran biaya yang dibutuhkan biasanya ada di kisaran 600 jutaan Rupiah (sudah termasuk ke dalam biaya sewa bangunan selama 5 tahun).

 

Fasilitas – fasilitas yang Akan Diterima Pebisnis

Jika pebisnis setuju dan rela mengikuti semua aturan waralaba yang ditetapkan oleh manajemen Indomaret, maka pebisnis akan menerima beberapa fasilitas sebagai berikut:
  • Brand Indomaret yang notabene sudah dikenal masyarakat;
  • Bantuan berupa survey kelayakan usaha, perencanaan penganggaran dana, studi kelayakan investasi, pengurusan ijin usaha, renovasi bangunan minimarket, perencanaan tata ruang dan pengaturan toko, pembelian peralatan, dan seleksi karyawan;
  • Standar Operasional Prosedur Indomaret;
  • Paket sistem operasional toko dan sistem administrasi keuangan;
  • Program promosi penjualan; dan
  • Seleksi dan kredit barang dagangan.

Sistem Kerjasama yang Berlaku

Hampir sama seperti hal nya sistem waralaba – waralaba yang lainnya, dalam kerja sama waralaba minimarket Indomaret, untuk bisa menggunakan brand Indomaret beserta dengan sistem kerja hasil racikan manajemen Indomaret, pebisnis diwajibkan membayar biaya franchise.

Setelah biaya franchise dibayar, selanjutnya, pebisnis berhak untuk menggunakan brand minimarket Indomaret danmanajemen Indomaret akan membantu pebisnis, dalam:
  1. Aktivitas survey kelayakan lokasi atau pun tempat usaha yang akan digunakan;
  2. Membuat perencanaan anggaran biaya atau pun budgeting;
  3. Membuat rancangan dan melakukan aktivitas studi kelayakan bisnis;
  4. Pengaturan tata ruang dan tata letak interior toko;
  5. Pengurusan ijin usaha;
  6. Renovasi ruang usaha yang akan digunakan;
  7. Pembelian barang – barang dan peralatan toko;
  8. Aktivitas seleksi dan training karyawan;
  9. Penetapan SOP kerja dan sistem penggajian karyawan;
  10. Paket sistem operasional minimarket dan sistem administrasi keuangan;
  11. Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa jaminan dan bunga nol persen; dan
  12. Program promosi penjualan.
Nah, jadi sudah tahu kan seperti apa cara membuka waralaba Indomaret dan berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis waralaba mini market Indomaret? Semoga bermanfaat ya!
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

1 comments

10 November 2016 16.42 Delete comments

Kalau untuk resikonya bagaimana? Adakah potensi resiko yang akan dialamai oleh pewaralaba untuk masing-masih tipe waralaba yang diambil?

Reply
avatar

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon