#

Senin, 04 Juli 2016

Cara Menyikapi Komentar yang Menjatuhkan Bisnis Anda

Dalam menjalankan bisnis, tidak jarang pebisnis menerima komentar – komentar negatif yang amat pedas. Biasanya, komentar – komentar negatif ini sengaja dilontarkan oleh orang – orang yang tidak suka dengan bisnis yang sedang kita jalankan untuk menjatuhkan dan merusak nama baik bisnis kita.
Nah, untuk Anda para pebisnis dan calon pebisnis, kali ini kami akan membagikan beberapa teknik dan cara menyikapi komentar yang menjatuhkan bisnis Anda. Seperti apakah cara menyikapi komentar negatif terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan? Berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Cara Menyikapi Komentar yang Menjatuhkan Bisnis Anda



Jelaskan dan Minta Penjelasan dengan Seksama Duduk Perkara Masalahnya

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ada orang lain yang mengajukan komentar buruk terhadap bisnis kita adalah menjelaskan atau pun meminta penjelasan dengan seksama duduk perkara masalah yang sebenarnya.
Komentar yang diajukan oleh orang lain, baik yang positif mau pun yang negatif pasti ditengarai oleh suatu hal. Oleh karena itu, agar perihal terkait komentar orang lain terhadap bisnis Anda tersebut jelas, dan nama baik bisnis Anda tidak tercemar, Anda harus bisa menjelaskan perkara atau pun masalah (yang disebabkan oleh kesalahan Anda) yang memicu komentar tersebut dengan baik. Atau jika komentar yang diajukan tidak ditengarai oleh kesahalan Anda, maka Anda dapat menuntut atau pun meminta penjelasan terkait duduk perkara masalah kepada orang yang mengajukan komentar tersebut.

Baca juga : Lakukan Ini Untuk Memacu Motivasi dan Semangat Bisnis Anda

Bila Perlu, Anda Dapat Minta Bukti pada Orang yang Berkomentar

Bila memungkinkan, untuk menjaga nama baik bisnis Anda dari komentar – komentar negatif yang tidak jelas, Anda dapat meminta bukti – bukti terkait yang mendasari komentator tersebut mengajukan komentarnya terhadap bisnis Anda. Normalnya, orang yang mengada – ada pasti tidak akan bisa memberikan bukti sama sekali, sehingga komentar yang diajukannya pasti tidak akan dipercaya oleh orang lain, sehingga nama baik bisnis Anda pun terselamatkan.

Gunakan Faham “Anjing Menggonggong, Kafilah Berlalu”

Jika sang komentator tidak bisa menunjukkan bukti sama sekali namun tetap bersih keras mengomentari dan menjelek – jelekkan bisnis Anda, maka Anda sebaiknya menganut faham “Anjing Menggonggong, Kafilah Berlalu”. Dalam hal ini, sehebat apa pun orang lain berusaha menjatuhkan bisnis Anda, jika apa yang dikatakan oleh orang tersebut tidak benar, maka percaya lah, bisnis Anda akan terus berjalan dengan baik, dan tetap dipercaya oleh para konsumen dan para pihak lainnya yang terkait dengan bisnis yang Anda jalankan.

Artikel menarik lain : Cara Berbisnis Ala Nabi Muhammad SAW Yang Perlu Kita Tiru

Ingat!, Anda tidak akan Pernah Bisa Menyenangkan Semua Orang!

Terakhir, hal terpenting yang harus Anda ingat adalah Anda tidak mungkin, dan tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Ya, apa pun tindakan yang Anda lakukan dalam bisnis Anda pasti akan tetap ada orang yang tidak suka dan tidak senang dengan tindakan yang Anda lakukan tersebut.
Oleh karena itu, Anda harus melakukan apa yang Anda anggap penting dan harus Anda lakukan tanpa perlu menghiraukan pendapat dan komentar orang lain. Disamping itu, Anda juga harus selalu ingat, pendapat dan komentar orang lain sejatinya hanya masukan dan bukan faktor penentu kesuksesan bisnis Anda, sehingga Anda tidak perlu begitu menghiraukan pendapat dan komentar negatif yang dilontarkan oleh orang lain terhadap bisnis Anda (hanya jika komentar tersebut tidak terbukti benar).
Jadikan Sebagai Masukan yang Berharga

Itulah sedikit informasi tentang cara menyikapi komentar yang menjatuhkan bisnis Anda yang bisa kami bagikan pada Anda. Semoga bermanfaat ya!


|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon