#

Minggu, 24 Juli 2016

Penasaran, Darimana Pembuat Game Android Mendapatkan Penghasilan?

Pernah nggak kalian berpikir tentang penghasilan para developer game Android? Kira – kira para pembuat game Android dapat uang nya dari mana ya? Mereka nyari makan nya dari mana ya? Kan game yang mereka buat bisa didownload gratis di Playstore nya Google.

Ya, meski pun nggak sedikit juga pembuat game Android yang menggunakan sistem game premium (game berbayar), namun mayoritas developer game Android saat ini ternyata lebih banyak yang membuat game Android gratisan yang bisa didownload dan dimainkan tanpa biaya sama sekali.

Darimana Developer Game Mendapatkan Uang
Ilustrasi Sedang Bermain Game

Lantas, sebenarnya maksud mereka apa sih? Kok mereka kurang kerjaan banget? Bukan nya buat game Android itu susah dan nggak sebentar ya?

Nah, untuk Anda yang penasaran dengan cara pembuat game Android mendapatkan penghasilan, berikut penjelasan lengkap nya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda :

Beberapa Cara Developer Game Mendapatkan Penghasilan

1. Menjual Game Buatan Mereka (Game Premium)

Cara pertama yang sering digunakan oleh para pembuat game android untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan menjual game buatan mereka.

Seperti yang telah disebutkan di atas, sejati nya, saat ini ada dua jenis pembuat game, yaitu pembuat game android premium, dan pembuat game android gratisan.

Nah, jika game Android gratisan bisa diunduh dengan gratis, game Android premium hanya bisa diunduh dengan cara berbayar atau pun dibeli di toko aplikasi Android. Hasil penjualan game Android premium ini lah yang menjadi penghasilan pembuat untuk pembuatnya.

2. Menjual Item Premium di Dalam Game Mereka

Alternatif ke dua yang bisa digunakan oleh para developer game Android untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan menjual item premium dalam game yang mereka buat.

Dalam bermain game, pengguna ponsel Android sering kali terlena dan kecanduan. Dalam hal ini, tujuan utama mereka dalam bermain game tidak lagi sebagai hiburan belaka, melainkan cenderung lebih ke upaya untuk memenangkan permainan dan memenuhi misi yang ada di dalam game yang mereka mainkan.

Konon, untuk bisa memenangkan permainan atau pun memenuhi misi yang ada di dalam game, para gamers rela melakukan apa pun.

Nah, sisi gelap pikiran gamers ini akhir nya dimanfaatkan oleh para pembuat game Android untuk mengeruk keuntungan dari para pengguna atau pun pemain game yang mereka buat.

Clash of Clans Game Andorid
Berbekal beberapa produk atau pun item premium di dalam game mereka, para developer Android akhir nya berhasil mengeruk keuntungan dari item premium berbayar di game mereka tanpa paksaan sama sekali.

Meski pun terlihat sepele, sampai saat ini metode ini merupakan metode terbaik sekaligus paling menguntungkan yang bisa digunakan para developer untuk mengeruk keuntungan dari game Android gratisan.

Konon, hanya dari item premium yang mereka jual di game Android gratisan, para developer game Android bisa meraup keuntungan mencapai Triliunan rupiah loh. Luar biasa menguntungkan bukan?

3. Memasang Iklan di Game Mereka

Teknik ke tiga yang sering dilakukan oleh pembuat game Android untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan memasang iklan di game Android buatan mereka.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, saat ini iklan telah menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar di Internet. Konon, angka perputaran uang di dunia periklanan di jaringan internet dapat mencapai triliunan rupiah per hari.

Nah, jika selama ini iklan hanya ditampilkan di website atau pun jejaring sosial, dengan angka pertumbuhan popularitas game Android yang sangat tinggi, pengiklan kini mulai tertarik untuk beriklan di aplikasi – aplikasi Android, termasuk salah satu nya di game Android.

Sampai saat ini, masih belum banyak agen pengiklanan yang bersedia memasang iklan mereka di aplikasi dan game Android. Meski pun agen pengiklanan yang bersedia menggunakan apilasi Android masih belum banyak, penghasilan yang bisa didapatkan dari metode ini sangat menjanjikan loh.

Ya, meski pun nilai per klik iklan hanya sekitar 0,01 USD saja, namun dengan angka klik yang tinggi, para developer game Android yang menggunakan metode ini kabar nya bisa meraup penghasilan hingga mencapai ratusan juta Rupiah.

Salah satu agen pengiklanan paling populer yang menyediakan layanan pengiklanan via aplikasi dan game Android adalah Google Admob.

4. Bekerjasama dengan Sponsor

Pernah nggak kalian melihat game yang isinya turut memaparkan brand – brand ternama? Dalam game – game ber-genre racing misalnya, banyak para pembuat game Android yang menampilkan berbagai macam brand otomotif ternama seperti HKS, NGM, dll.

Nah, ternyata penampilan brand – brand ternama dalam game Android ini ada maksud nya loh. Ya, penampilan brand – brand ternama dalam game Android ini ternyata memang dimaksudkan untuk aktivitas promosi.

Konon, untuk bisa tampil dalam game – game Android populer, para pemilik brand harus rela membayar biaya sponsor yang angka nya tidak bisa dianggap enteng (dapat mencapai ratusan ribu USD).

5. Jualan Template Game Android

Cara terakhir yang bisa digunakan oleh para pembuat game Android untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan menjual template game Android.

Template game Android merupakan template atau pun kerangka game berupa baris kode yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java dan HTML yang nanti nya akan di-parsing menjadi satu game Android yang utuh.

Biasa nya, template game Android dipasarkan oleh developer – developer game Android yang tidak begitu lihai dalam dunia desain grafis. Dan sebaliknya, para pembeli template game Android biasanya adalah para developer game Android yang mahir dalam dunia desain grafis, namun tidak lihai dalam menggunakan bahasa pemrograman yang rumit, seperti Java, PHP, dan CSS.

Nah, harga template game Android sendiri sangat bervariasi, tergantung tingkat kesulitan game yang dibuat. Meski pun begitu, harga template game Android biasa nya ada di angka puluhan hingga ratusan ribu USD.
 

Beberapa Game Android dengan Penghasilan Tertinggi

Berbekal 5 teknik di atas, ada banyak developer game Android yang telah berhasil mengubah nasib mereka. Konon, hanya berbekal satu game Android yang populer, para developer Android bisa meraup keuntungan hingga mencapai milyaran Rupiah loh.

Nah, dari sekian banyak game Android yang ada pada saat ini, berikut merupakan 10 game Android dengan penghasilan tertinggi yang ada pada saat ini: 
  1. Clash of Clans, sumber penghasilan: Penjualan item premium dalam game;
  2. Clash of Kings, sumber penghasilan: Penjualan item premium dalam game;
  3. Seven Knights, sumber penghasilan: Penjualan item premium dalam game;
  4. LINE, Let’s Get Rich, sumber penghasilan: Penjualan item premium dalam game;
  5. Magic Rush: Heroes, sumber penghasilan: Game premium;
  6. Crisis Action, sumber penghasilan: Penjualan item premium dalam game;
  7. Summoners War, sumber penghasilan: Penjualan item premium dalam game;
  8. Game of War – Fire Age, sumber penghasilan: Penjualan item premium dalam game;
  9. Hay Day, sumber penghasilan: Penjualan item premium + iklan;
  10. Last Empire – War Z, sumber penghasilan: Game premium.
Nah, jadi sudah tahu kan dari mana para developer game Android mendapatkan penghasilan? Lantas, setelah mengetahui informasi di atas, apakah Anda merasa tertarik untuk menjadi developer game Android?
|| Penulis : Pandu Agung P, Irta Putri, Rahmad S.Ik, Fajar M ||Ingin menghubungi pemilik Blog ? kirimkan pesan anda ke fajar.sos1@gmail.com atau melalui laman Contact

0 comments

- Berkomentar disarankan tidak out of topic
- Dianjurkan tidak menautkan link aktif
- Komentar tidak mengandung unsur SARA, dan konten dewasa
EmoticonEmoticon